Portofolio

Beberapa produk Sevima telah digunakan oleh berbagai institusi dan perusahaan di seluruh Indonesia.

IKIP Budi Utomo Malang

ikip-bu

Deskripsi Projek

Pengembangan Sistem Informasi di IKIP Budi Utomo Malang dilakukan guna membantu dan memudahkan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan IKIP Budi Utomo Malang dalam mengelola manajemen kampus.

Detail Projek

IKIP Budi Utomo Malang berdiri tahun 1984. Kehadiran perguruan IKIP Budi Utomo Malang ini bersamaan dengan semakin tingginya kebutuhan terhadap guru yang profesional. Saat ini IKIP Budi Utomo Malang satu-satunya perguruan tinggi berbasis kependidikan dan keguruan di Malang Raya. Pada tahun 2009 IKIP Budi Utomo Malang mendapatkan penghargaan dari Kopertis Wil. VII sebagai Perguruan Tinggi Berprestasi di Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta berprestasi di bidang Tata Kelola. Dan pada saat ini IKIP Budi Utomo mempunyai kurang lebih 13.000 mahasiswa aktif.

BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) adalah Biro pelaksana administrasi pada IKIP Budi Utomo yang menyelenggarakan pelayanan teknis administrasi akademik dan kemahasiswaan. Mereka sudah melakukan banyak hal dalam memperbaiki dan mengembangkan infastruktur akademik salah satunya dengan mengembangkan Sistem Informasi Akadmik untuk mempermudah dan memperlancar proses pembelajaran yang ada di IKIP Budi Utomo. Oleh karena itu IKIP Budi Utomo menggandeng PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) pada tanggal 31 Agustus 2015 dalam mengembangkan Sistem Informasi ini.

Implementasi

Tugas mengimplementasikan SIAKAD bukan hal baru yang dilakukan oleh SEVIMA, sudah banyak Universitas di tanah air ini yang telah bekerjasama dengan pihak kami, bayak keuntungan yang bisa diambil pada Sistem Informasi Akademik ini, yaitu  kemudahan dalam kegiatan administrasi akademik kampus, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa.

Keberhasilan

Dalam kerjasama SEVIMA dan IKIP Budi Utomo tidak hanya mengembangkan SIM Akademik tetapi juga SIM Kepegawaian  untuk mempermudah pengolaan data pegawai seperti Pelacakan informasi data seseorang pegawai akan mudah dan cepat, pembuatan laporan dapat mudah dikerjakan. Mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala, memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian, mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat, dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya serta Merencanakan Kebutuhan Pegawai.

Manfat yang Diperoleh

Kesuksesan kerjasama ini dapat langsung dirasakan oleh kalangan civitas akademik. Bahkan pihak IKIP Budi Utomo meminta kepada pihak SEVIMA untuk melanjutkan kerjasama yang kedua kalinya yaitu dalam mengintegrasikan data ke PD DIKTI juga pengembangan Host to Host. Host to Host adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang terintegrasi antara ATM dan keuangan SIAKAD. Mahasiswa cukup melakukan pembayaran biaya kuliah melalui ATM lalu data pembayaran tersebut langsung masuk ke sistem keuangan SIAKAD secara real time. Tetapi untuk pengembangan ini masih terkedala dengan belum adanya kerjasama pihak IKIP Budi Utomo malang dengan pihak bank, akan tetapi kendala ini akan segera diurus oleh pihak IKIP Budi Utomo.

Kerjasama ini tidak hanya berheti disitu, dan masih terus dilanjutkan hingga sekarang yaitu kerjasama untuk mengembangan SIM Keuangan dan SIM SDM yang sampai saat ini masih berjalan.

Foto Dokumentasi

Budi Utomo akademik

Semoga ulasan Success story ini bermanfaat, dan membantu rekan-rekan dalam menentukan layanan yang berkualitas dalam mengembangkangkan Sistem Informasi Management di Perguran Tinggi, Instansi maupun perusahaan yang anda kelola.

Sevima: Take IT Easy