Portofolio

Beberapa produk Sevima telah digunakan oleh berbagai institusi dan perusahaan di seluruh Indonesia.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat

sttd

Deskripsi Projek

Pengembangan Sistem Informasi di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dilakukan guna membantu dan memudahkan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dalam mengelola manajemen kampus.

Detail Projek

STTD singkatan dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 08 September 1951. Dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan atau tidak melakukan kegiatan. Lalu pada tanggal 05 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR), namun pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dimana berkedudukan dibawah Departemen Perhubungan.

Implementasi

Untuk menunjang keberhasilan Akademik, STTD bekasi pun mengembangkan SIM Akademik dengan menggandeng SEVIMA. Kerjasama ini diawali dari SEVIMA yang memenangkan lelang atau tender yang diselenggrakan STTD Bekasi dibawah naungan Dephub (Departmen Perhubungan) dan akhirnya pada tanggal 22 September 2016 SEVIMA mendapatkan kepercayaan dari STTD Bekasi untuk mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Akademik STTD Bekasi. STTD Bekasi dan ke 18 Sekolah yang berada dibawah naungan BPSDM Departemen Perhubungan saat ini mengembangkan aplikasi manajemen sendiri-sendiri dan tidak terintegrasi. STTD pun pernah bekerjasama dengan Vendor lain ditahun 2014 untuk pengembangan aplikasi namun mengalami kegagalan yang menyita dana yang cukup signifikan.

Keberhasilan

Developing Sistem Informasi Akademik STTD Bekasi relatif cukup berbeda dengan pengembangan SIM Akademik sebelumnya. Modul dan fitur yang diminta sangat banyak dan kompleks untuk memenuhi kebutuhan STTD Bekasi. Diantaranya yang cukup berbeda adalah adanya modul untuk mengakomodir proses Diklat Taruna, Sarana Prasarana, Tenaga Pendidik, dan sebagainya. Bukan hanya itu, STTD Bekasi juga mengembangkan Host to Host dalam proses pembayaran untuk mempermudah siswanya.

Namun itu bukanlah menjadi kendala, berkat kerjasama yang solid dan komunikasi yang aktif dan baik antara user STTD Bekasi dan tim SEVIMA sehingga kerjasama ini terbilang berhasil, bahkan kerjasama ini nantinya akan menjadi pilot project untuk kedepannya dan digunakan untuk pengembangan proyek serupa selanjutnya oleh manajemen Dephub dan akan dijadikan pioneer bagi pengembangan SIAKAD di lingkungan Departemen Perhubungan. Alamat dari aplikasi ini adalah http://siakad.dephub.go.id/

Foto Dokumentasi

STTD 1

Semoga ulasan Success story ini bermanfaat, dan membantu rekan-rekan dalam menentukan layanan yang berkualitas dalam mengembangkangkan Sistem Informasi Management di Perguran Tinggi, Instansi maupun perusahaan yang anda kelola.

Sevima: Take IT Easy