Portofolio

Beberapa produk Sevima telah digunakan oleh berbagai institusi dan perusahaan di seluruh Indonesia.

Universitas Merdeka Malang

unmer-mlg

Deskripsi Projek

Pengembangan Sistem Informasi di Unmer Madiun dilakukan guna membantu dan memudahkan Unmer Malang dalam pengelolaan manajemen kampus serta kontrol untuk penjaminan mutu.

Detail Projek

Universitas Merdeka Malang, yang lebih dikenal dengan Unmer Malang, adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Malang di bawah pengelolaan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang (YPTM) yang berdiri pada tahun 1964. Kampus ini terletak di Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64 Kota Malang. Unmer Malang memiliki slogan “The Quality University yang bertujuan mencetak SDM yang handal dan mumpuni dalam berbagai bidang”. Pada tahun 2009 Universitas Merdeka Malang telah memperoleh predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terunggul di Jawa Timur dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dari Dirjen DIKTI, bahkan masuk dalam 50 Indonesian Promising University.

Implementasi

Penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholders (mahasiswa, dosen, orang tua mahasiswa, tenaga penunjang, pemerintah, masyarakat dsb.) memperoleh kepuasan. Penjaminan mutu di UNMER di laksanakan oleh Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (BP3M). Kebijakan mutu lulusan  yang dijamin oleh BP3M merupakan suatu keharusan yang juga diamanahkan dalam  Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), pasal 91 ayat (1-3) yaitu; “Setiap perguruan tinggi Wajib Melakukan Penjaminan Mutu pendidikan sebagai pertangungjawaban publik dengan tujuan memenuhi dan melampaui SNP yang dilakukan secara bertahap, sistematis, dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dan kerangka waktu yang jelas.”

Dengan demikian jelas bahwa keberadaan BP3M merupakan suatu konsekwensi logis dari komitmen institusi untuk mewujudkan Institusi Pendidikan Tinggi yang berkualitas (The Quality University) secara berkelanjutan. Evaluasi internal BP3M sekaligus merupakan koordinasi atas pengisian borang evaluasi pelaksanaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) yang dilakukan oleh Dirjen DIKTI.

Untuk mempermudah pelaksanaan penjaminan mutu ini, maka terjadilah kerjasama antara UNMER Malang dan PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA), yaitu mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penjamin Mutu, tujuan penggunakan SIM Penjamin Mutu sendiri adalah untuk:

1. Mempermudah pengumpulan data untuk pengisian borang akreditasi BAN-PT dan penjaminan mutu internal.
2. Mempersiapkan proses penilaian akreditasi dengan lebih baik melalui simulasi internal.
3. Memberikan informasi kepada pimpinan atas capaian kinerja global Perguruan Tinggi hingga level jurusan.
4. Menjaga konsistensi, efisiensi dan efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu
5. Mempermudah pelaksanaan serta pengawasan penjaminan mutu baik internal maupun eksternal.
6. (Memeriksa kesesuaian komponen-komponen peningkatan mutu dengan standar yang telah ditetapkan; Memeriksa proses dan pencapaian mutu; Memeriksa kelengkapan dokumen mutu sebagai dasar perbaikan mutu selanjutnya)
7. Memastikan agar semua proses bisnis yang terjadi dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan outcome yang terukur dan bersifat transparan dan akuntabel.

Adapun dalam Aplikasi Sitem Informasi Penjaminan Mutu ini dilengkapi menu sebagai berikut: KPI Unit, KPI Pejabat, KPI Perorangan, Audit Internal, Manajemen Dokumen, Kuesioner.

Keberhasilan

Kerjasama ini terbilang sukses, seperti yang tertulis dari data (Kuesioner Kepuasan Pelanggan) yang selalu diberikan kepada partner kerja SEVIMA dalam menunjang perbaikan pelayanan. Seperti yang diungkapkan oleh ibu Ike Widyastuti, ibu Eka Nugraha Putra dan Bapak N. Boni bahwa dalam kualitas Produk ” Aplikasi ini bersifat dinamis dan cukup mengakomodasi kebutuhan, untuk desain tampilan menarik dan user friendly, Penyajian isi dokumentasi juga mudah dipahami. Dan dalam pelayanan, mereka juga memberi komentar “Sangat Baik” dan team SEVIMA dalam menjelaskan, juga tepat, jelas dan mudah dipahami. Mereka juga memberi saran kepada team SEVIMA “Untuk waktu pendampingan agar ditambah terutama untuk administrator agar lebih familier dengan program yang akan dijalankan”. Dan Kerjasama ini masih berlanjut hingga sekarang.

Foto Dokumentasi

PJM UNMER1

pjn unmer 3

Semoga ulasan Success story ini bermanfaat, dan membantu rekan-rekan dalam menentukan layanan yang berkualitas dalam mengembangkangkan Sistem Informasi Management di Perguran Tinggi, Instansi maupun perusahaan yang anda kelola.

Sevima: Take IT Easy