Apa Yang Terjadi Jika Kampus Tidak Punya SIAKAD?

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Oktober 22, 2018

SEVIMA.COM – SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) adalah Suatu sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa.

Siakad juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus. Lalu apa sih yang terjadi jika kampus kita tidak mempunyai sistem informasi akademik (siakad)?

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika kampus belum memiliki sistem informasi akademik:

1. Boros biaya untuk SDM dalam mengelola data karena masih manual
2. Kesulitan dalam menangani dan pendataan PMB
3. Kesulitan dalam mengelola data mahasiswa dan dosen
4. Kesulitan dalam melakukan kontrol mahasiswa dan dosen
5. Kesulitan dalam membagi jadwal kelas
6. Tidak paperless, pasti akan tertalu banyak menggunakan kertas
7. Kesulitan untuk pelaporan ke PDDikti
8. Tidak ada data yang valid untuk pengambilan keputusan oleh top manajemen

Untuk itu, sistem informasi akademik (SIAKAD) sudah menjadi aplikasi wajib bagi perguruan tinggi saat ini. Perguruan tinggi dengan kegiatan akademik yang begitu komplek tentu membutuhkan sistem yang dapat membantu memudahkan manajemen dan civitas kampus dalam mengelolanya.

Baca Juga: Apa Itu SIAKAD Online dan Apa Tujuan SIAKAD?

Solusi terbaik dalam membangun sistem yang handal memang harus mempunyai planning yang matang dan tentu juga berpartner dengan pengembang yang sudah berpengalaman dalam bidang pengembangan sistem infromasi akademik, dan mampu memahami masalah kampus dan mempunyai solusi yang tepat.

siAkad Cloud adalah produk andalan SEVIMA yang telah membantu banyak perguruan tinggi dalam mempermudah pengelolaan administrasi akademik, selain itu implementasinya pun singkat dan ringkas karena kampus tidak perlu menyiapkan infrastruktur, seperti server dan lainya. Dan juga tidak perlu tambahan tim IT untuk mengelolanya, karena telah di konsep sesederhana mungkin. Anda bisa langsung melakukan permintaan demo disini: siakadcloud.com

SEVIMA Take IT Easy

Komentar