Beberapa Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di PTN dan PTS

Bagikan ke :      
Diposting oleh | September 15, 2017
Beberapa Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di PTN dan PTS

SEVIMA.COM – Penerimaan mahasiswa baru (PMB) adalah aktifitas rutin perguruan tinggi setiap pembukaan ajaran baru. Dalam pelaksanaan PMB kini telah banyak jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi, perguruan tinggi sendiri dibedakan menjadi 2, yaitu Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Di Indonesia, perguruan tinggi negeri dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Rektor perguruan tinggi negeri merupakan pejabat setingkat eselon 2 di bawah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ataupun kementerian lainnya.

Sedangkan perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan atau lembaga nonpemerintah. Semua Universitas Swasta di Indonesia dikoordinasikan oleh badan yang disebut Koordinator Perguruan Tinggi Swasta, disingkat Kopertis. Kopertis ini bukan hanya menaungi Univeritas Swasta saja, tetapi juga Institut Swasta, dan Sekolah Tinggi Swasta lainnya.

Untuk mengetahui informasi mengenai Beberapa Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di PTN dan PTS, mari kita bahas selengkapnya berikut ini.

Berikut Beberapa Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di PTN dan PTS

1. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor Nomor 126 Tahun 2016  tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN, diatur bahwa  Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN meliputi:

Pertama, jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa;

Kedua, SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa; dan

Ketiga, Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Untuk jalur mandiri terkadang jalur yang digunakan oleh PTN hampir sama dengan jalur yang digunakan oleh Pergururuan Tinggi Swasta.

2. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Swasata (PTS)

Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi swasta juga ada beberapa jalur, diantaranya jalur undangan ke masing-masing sekolah yang sudah bekerjasama, jalur PMDK, jalur prestasi, jalur tes tertulis, jalur USM, jalur reguler dan ada pula yang menggunakan sistem one day service (pelayanan dalam satu hari), serta jalur lainnya. Selain itu, ada beberapa perguruan tinggi swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UMB-PTS.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perguruan tinggi swasta membuka keseluruhan jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, mungkin hanya beberapa jalur saja. Terkadang PTN juga menggunakan beberapa jalur pendaftaran ini, tergantung perguruan tingginya. Untuk mengetahui informasi mengenai jalur-jalur di tersebut, mari kita bahas selengkapnya berikut ini.

   1.  Pendaftaran Jalur PMDK

PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan tanpa tes tulis. Penerimaan jalur PMDK ini didasarkan pada prestasi siswa, baik prestasi akademik, prestasi olahraga, prestasi seni, atau prestasi lainnya sesuai ketentuan perguruan tinggi swasta tujuan anda.

Bagi anda yang ingin kuliah di perguruan tinggi swasta dengan mengikuti jalur PMDK ini, maka anda harus termasuk siswa-siswa yang berprestasi di Sekolah. Untuk siswa-siswi yang tidak memiliki prestasi, maka bisa mengikuti seleksi jalur lainnya yang dibuka oleh perguruan tinggi swasta.

  2.  Jalur Ujian Tertulis

Sesuai dengan namanya, jalur ujian tertulis adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang dilakukan oleh semua peserta. Peserta harus datang ke lokasi ujian dengan membawa beberapa perlengkapan untuk mengikuti tes tertulis.

Penentuan kelulusan melalui jalur Tes Tertulis ini didasarkan pada nilai akhir yang diperoleh peserta setelah di rangking dari yang terbesar hingga terkecil. Jika perguruan tinggi swasta tersebut menerima 150 orang, seandainya anda ada diperingkat dibawah 150, maka anda dipastikan lulus seleksi. Namun seandainya anda ada diperingkat lebih dari 150, maka anda tidak akan dinyatakan lulus seleksi.

Salah satu tujuan dibukanya jalur tes tertulis ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang mungkin telah mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi tidak lulus, atau yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi, maka dapat mengikuti seleksi jalur Ujian Tertulis.

  3.  Jalur Prestasi

Jalur Prestasi merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi, baik prestasi olahraga, seni, olimpiade sains ataupun akademik. Seleksi jalur prestasi dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa.

Beberapa perguruan tinggi swasta menyebut jalur prestasi sebagai jalur PMDK, namun pada Universitas lainnya tetap menyebut dengan jalur prestasi.

  4.  Jalur One Day Service

Jalur One Day Service ini jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan selesai dalam satu hari, yaitu mulai dari pendaftaran, ujian dan pengumuman kelulusan dapat diketahui dalam satu hari.

Peserta datang langsung ke perguruan tinggi swasta yang ditujunya dengan memenuhi persyaratan dan membawa berkas-berkas pendaftaran. Setelah mendaftar, kemudian peserta dapat langsung mengikuti tes yang biasanya dilakukan menggunaakan Komputer atau sering kita kenal dengan CBT. Setelah menyelesaikan soal tes, peserta bisa langsung mengetahui hasil tesnya. Hasil tes tersebutlah yang akan menjadi dasar pakan peserta dinyatakan lulus atau tidak.

Jalur ini menjadi salah satu jalur favorit bagi pendaftar karena lebih cepat dan efesien, untuk lebih lengkap membahas tentang jalur one day service ini, rekan-rekan bisa membacanya disini: Kini PMB Lebih Cepat dengan Pelayanan “One Day Service”

  5.  Jalur Internasional

Jalur Internasional merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh pergruan tinggi swasta dalam rangka menerima mahasiswa baru internasional. Hanya ada beberapa perguruan swasta yang membuka jalur ini. Anda dapat melihat informasinya di website perguruan tinggi swasta yang membuka jalur ini.

  6.  Jalur UMB-PTS

UMB-PTS atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Swasta adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Hampir sama dengan tes tertulis hanya saja dilakukan serentak oleh beberapa perguruan tinggi swasta.

UMB-PTS ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara, atau disingkat P-SPMBN. Namun hanya ada beberapa perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam UMB-PTS.

Untuk kedepan, semoga perguruan tinggi swasta banyak yang bergabung dalam UMB-PTS ini sehingga peserta yang memilih jalur UMB-PTS dapat memiliki pilihan perguruan tinggi swasta lebih banyak. Informasi lengkap mengenai UMB-PTS dapat anda baca di www.spmb.or.id.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan rekan-rekan menganai beberapa jalur penerimaan baru di perguruan tinggi baik di negeri maupun di swasta.

Untuk mempermudah pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di kampus anda, dengan Sistem Informasi Manajamen Akdemik yang SIAP PAKAI, silahkan rekan-rekan lihat disini: siakadcloud.com

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar