Benarkah Virtual Account Solusi Pembayaran Online Terbaik Saat Ini?

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juli 5, 2017
Virtual Account SEVIMAPPay

SEVIMA.COM – Terjadinya Peningkatan Trend e-Commerce (Perdagangan Elektronik) marketplace, dan toko online maka diperlukan suatu proses pembayaran transaksi agar lebih mudah dan praktis baik itu bagi perusahaan maupun pelanggan.

Dari sekian banyak metode pembayaran yang tersedia saat ini, ternyata transfer rekening bank masih menjadi pilihan utama bagi para pengguna untuk melakukan transaksi.

Beberapa metode pembayaran

Dilansir dari id.techinasia.com bahwa Hendrik Tio, CEO Bhinneka.com, pada tahun 2016 lalu mengatakan bahwa lima puluh persen total transaksi di Bhinneka dibayar secara offline. Pembayaran offline tersebut terbagi atas 30 persen cash on delivery dan 70 persen transfer rekening bank. Tingginya transaksi dengan metode transfer rekening bank didukung oleh lebih dari 50.000 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga semakin memudahkan pembeli pembayaran.

Selain COD dan transfer rekening bank, menurut data yang kami peroleh dari PermataBank, metode pembayaran lain yang juga menjadi pilihan para konsumen adalah internet banking, kartu kredit, pembayaran online, dan kartu debit.

Data Pembayaran 1

Grafik Ragam Pembayaran dari: id.techinasia.com

Walau masih menjadi metode pembayaran yang paling populer di Indonesia, transfer rekening bank memiliki beberapa tantangan tersendiri, antara lain:

  • Isu keamanan – rekening penjual yang ditampilkan di internet dapat disalahgunakan.
  • Menyulitkan pembeli atau para mahasiswa – konsumen atau mahasiswa harus melakukan konfirmasi pembayaran.
  • Berpeluang terjadi human error – penjual harus melakukan pengecekan secara manual dalam proses transfer, konfirmasi, dan perhitungan nominal transfer.
  • Pengiriman produk tertunda – konfirmasi pembayaran dari penjual sebagian besar hanya dilakukan pada hari kerja.

Untuk menghadapi berbagai tantangan ini, bank merancang sebuah cara untuk mempermudah transaksi yang bernama Virtual Account. Solusi ini berguna untuk mempersingkat proses transaksi dengan menghilangkan proses konfirmasi manual antara penjual dan pembeli. Virtual account tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh jual e-Commerce tapi juga dapat digunakan untuk pembayaran uang kuliyah, sehingga proses pembayaran menjadi mudah dan singkat, tidak perlu mengantri panjang.

Siapa yang sudah menggunakan Virtual Account?

Virtual Account SEVIMAPPay 2

Pembayaran Online via: freepik.com

Situs-situs belanja online besar di Indonesia seperti Lazada, bhinneka. MatahariMall, elevenia, Blibli, dan juga BPJS telah menggunakan layanan Virtual Account untuk memudahkan pelanggannya. Bahkan beberapa lembaga pendidikan juga telah menggunakan Virtual Account untuk memudahkan para mahasiswa.

Bank yang memberikan layanan Virtual Account semakin banyak baik itu milik pemerintah seperti BNI, Mandiri dan lain-lain maupun bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga, Permata dan sebagainya. Bagi bank dan perguruan tinggi serta mahasiswa sama-sama diuntungkan sehingga nantinya akan semakin banyak yang menggunakan Virtual Account sebagai salah satu proses transaksi pembayaran online.

Bagi perguruan tinggi dengan adanya Virtual Account akan memudahkan mahasiswa untuk bertransaksi secara efektif dan efisien serta memberikan kemudahan bagi perguruan tinggi untuk mengidentifikasi arus kas yang masuk secara rinci dan akurat.

Kemudahan Virtual Account  

Virtual Account menggunakan nomor rekening unik yang dapat mengidentifikasi secara otomatis setiap pembelian, tagihan, dan transaksi yang sudah dibayar. Berkat sistem yang terotomatisasi, metode ini bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya human-error.

SEVIMAPay sebagai aplikasi penghubung antara kampus anda dengan Bank tidak hanya mempermudah proses transaksi, namun juga harus memiliki beberapa manfaat yang menjadi nilai tambah layanan, seperti:

  • Dapat menerima pembayaran dari semua bank.
  • Mahasiswa tidak perlu melakukan konfirmasi dan pengecekan pembayaran secara manual.
  • Dana masuk secara instan ke rekening kampus di hari yang sama.
  • Pemetaan nomor Virtual Account yang dapat disesuaikan dengan kampus anda (sebagai contoh: Nomor Virtual Account BNI di kampus UI, pasti disesuaikan dengan nomor NIM Mahasiswa).
  • Tidak menggunakan slip setoran kampus.
  • Tidak perlu memasukkan/menggunakan nomor rekening Bank kampus.
  • Pada bukti setoran/transfer ATM terdapat nama mahasiswa, sehingga lebih mudah dibukukan di bagian keuangan kampus.
  • Pembayaran dapat langsung dilacak oleh bagian keuangan.

Sekarang setelah mengetahui berbagai manfaat yang dihadirkan oleh Virtual Account, apakah ini saatnya Kampus anda menggunakan solusi tersebut? Sebelum memutuskannya, kamu perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.

Kapan waktu yang tepat untuk Kampus anda menggunakan Virtual Account?

Virtual account 1

Pembayaran Online via: freepik.com

Kapankah sebuah Perguruan Tinggi perlu mengimplementasikan pembayaran melalui Virtual Account? Jawabannya bisa sesegera mungkin. Caranya dengan melalui layanan payment gateway SEVIMAPay, yang sudah terbukti dan diimplementasikan dibeberapa kampus di Indonesia.

Untuk biaya Virtual Account dibebankan berdasarkan transaksi yang terjadi, dan SEVIMAPay menggratiskan biaya inisiasi. Dengan demikian, hanya perlu membayar jika ada transaksi dalam bulan tersebut.

Penggunaan Virtual Account untuk mempermudah proses transaksi memang sangat menolong, terutama bagi Kampus  yang harus menghadapi ratusan bahkan ribuan transaksi saat pembayaran uang kuliyah atau tagihan mahasiswa lainya.

Selain itu, pembayaran melalui virtual account ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, sesuai ketetapan batas akhir dari pihak kampus. Bagaimana siapkah kampus anda untuk merasakan manfaat Virtual Account dan Payment Gateway SEVIMAPay ?

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar