Tips Memilih Tempat Magang

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Oktober 18, 2016
kunjungan-umk-kudus-ke-sevima

SEVIMA.COM – Hi rekan-rekan Sevima, kita semua pasti tahu dengan istilah magang. Iya magang, suatu sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman.

Biasaya magang dilakukan rekan-rekan SMK atau kampus yang mengingkan siswa/mahasiswanya supaya mendapat pengalam kerja. Nah,  kalau rekan-rekan ingin magang di Sevima, bisa langsung hubungi kami di kontak website sevima.co.id atau kirim email di: careers@sevima.co.id Sudah banyak rekan-rekan yang magang di Sevima, bahkan Sevima juga sering dapat kunjungan atau sebagai tempat Studi Ekskursi (wisata ilmiah). Lalu bagaimana sih caranya memilih tempat magang? Nah, di bawah ini ada beberapa langkah yang wajib Rekan-rekan baca! Check it out!

1. Tentukan Tujuan Magang

Pertama, rekan-rekan harus tahu apa tujuan magang kalian. Misalnya, apakah untuk mencari nilai untuk tugas sekolah/kampus, penelitian skripsi, ataupun pengalaman bekerja.

2. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Setelah itu, Rekan-rekan dapat memulai mencari-cari informasi seputar perusahaan-perusahaan yang membuka kesempatan magang. Bisa cari tuh di internet, google akan menemukan banyak perusahaan yang rekan-rekan inginkan. Eits, ingat ya yang sesuai dengan tujuan magang kalian. Kalau kalian jurusan informasi teknologi atau yang berhubungan IT bisa sekali mangan di Sevima.

3. Seleksi Informasi

Mungkin Rekan-rekan akan mendapatkan banyak perusahaan yang membuka kesempatan magang. Nah, sekarang coba seleksi informasi tersebut. Rekan-rekan bikin list prioritas, dari perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi sampai yang biasa saja. Kenapa? Karena perusahaan yang kredibilitasnya tinggi akan berpengaruh dengan karir Rekan-rekan ke depan.

4. Cari Tahu Tempat Magang yang Masuk List Kalian

Sebelum menyerahkan persyaratan ke perusahaan yang masuk list Rekan-rekan, ada baiknya Rekan-rekan cari tahu lebih dalam tentang job desc, salary, hingga birokrasinya. Karena nantinya Rekan-rekan bakalan terjun ke dalam lingkungan perusahaan tersebut. Kalau tidak kenal lebih dalam, bisa-bisa ada poin-poin yang terlewatkan yang harusnya Rekan-rekan dapatkan disana. Caranya bisa tanya ke kakak kelas yang sudah pernah magang disana atau bisa cari tahu dari HRD perusahaanya.

5. Siapkan Persyaratan

Baca semua persyaratan yang diminta dan jangan lupa lengkapi dengan portofolio Rekan-rekan untuk lebih meyakinkan reqruiter bahwa Rekan-rekan layak magang di tempat mereka.

6. Keep Contact

Setelah semua persyaratan sudah dikirim, tetap jaga hubungan dengan perusahaan yang Rekan-rekan tuju ya! Cari tahu informasi penerimaan ataupun penolakan. Hal ini akan membantu menunjukkan kalau Rekan-rekan aktif dan serius dengan lamaran yang Rekan-rekan ajukan.

7. Do your Best

Kalau Rekan-rekan sudah diterima, lakukan pekerjaan yang diberikan pada Rekan-rekan dengan maksimal ya! Siapa tahu setelah magang, mereka langsung merekrut rekan-rekan. Tapi, kalau belum diterima, jangan patah semangat! Cari lagi, cari lagi. Masih banyak ruang yang membutuhkan Rekan-rekan diluar sana.

Semoga tips dari Sevima ini bisa membantu rekan-rekan menemukan tempat magang yang kredibilitasnya tinggi dan cocok dengan rekan-rekan, Semoga sukses.

Rekan-rekan bisa simak beberapa keseruan kunjungan beberapa temen-temen mahasiswa ke SEVIMA lainnya disini, dan jangan lupa untuk follow sosial media SEVIMA untuk mendapatkan tips-trik dan informasi update seputar teknologi dan pendidikan.

SEVIMA: Take IT Easy

Baca juga:

Komentar