Cara Mengajar Dosen yang Disukai Mahasiswa

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juni 8, 2017
Cara menjadi dosen yang disenangi mahasiswa

SEVIMA.COM – Siapa yang tidak ingin menjadi dosen yang di senangi oleh para mahasiswanya, tentu semua dosen mengiinginkanya. Tidak terkecuali anda? Berkat pengalaman anda menjadi seoarang mahasiswa pasti anda tahu bahwa tidak semua dosen disukai oleh mahasiswanya. Salah satunya mungkin karena cara mengajar setiap dosen yang berbeda-beda.

Lalu cara mengajar yang bagaimana yang disukai para mahasiswa. Coba anda pelajari dan terapkan  beberapa cara mengajar berikut ini:

1. Tidak Menyusahkan Mahasiswa

Kita tahu kemampuan setiap manusia itu berbeda-beda. Berbekal hal itu jangan pernah menuntut mahasiswa anda untuk bisa mengikuti “keinginanmu” dengan sangat amat persis sesuai apa yang anda mau. Anda harus bisa melihat kemampuan dan potensi mahasiswamu ketika memberi tugas atau ujian.

Berikan mereka kebebasan untuk bereksplorasi dalam mengerjakan setiap tugas yang anda berikan. Ketika mereka sudah dibangku kuliah cara mendidiknya tentu sudah tidak sama dengan ketika ada dibangku sekolah yang harus didekte. Kebebasan berpikir adalah segala-galanya saat sudah dibangku kuliah, asal tidak terlebihan.

2. Jangan Pelit Nilai

Tidak perlu terlalu kejam dalam memberi nilai, tidak ada yang sempurna di dunia ini apapun hasil yang mereka kerjakan berikan sedikit penghargaan atas kerja kerasnya berupa nilai meski hanya minim. Dengan begitu mahasiswa anda tidak akan sangat terbebani oleh apa yang sudah menjadi kewajibannya sebagai mahasiswa.

3. Santai dan Tidak terlalu Kaku

Kuliah merupakan hal serius tapi bukan berarti anda harus menjadi sosok dosen yang sangat serius dan kaku yang tidak bisa diajak bercanda, memasang tampang menyeramkan dan tidak bersahabat. Serius namun santai akan membuat suasana perkuliahan menjadi lebih hidup. Anda sendiri juga tidak akan merasa tegang atau merasa terkungkung dengan profesimu sebagai pengajar sehingga malah menimbulkan jarak akibat status dosen dan mahasiswa.

4. Selalu Mengikuti Perkembangan Jaman

Dosen yang mampu mengikuti perkembangan jaman pasti akan lebih mudah memahami apa yang menjadi tren dikalangan mahasiswanya. Hal ini juga akan sangat berguna untuk anda membangun interaksi, membangun suasana kelas agar tidak kaku. Perkembangan jaman memang selalu berubah setiap saat tapi tidak ada salahnya kamu juga ikut selalu memperbaharuinya, baik dari segi teknologi, gaya pakaian, gaya bicara hingga mungkin joke-joke yang bisa kamu lontarkan pada mahasiswa untuk mengurangi ketegangan akibat materi yang dipelajari.

5. Dekat dengan Mahasiswa

Meski anda seorang dosen bukan bearti anda tidak bisa dekat dengan mahasiswa. Kalau anda bisa menjadi sosok yang dekat dengan mahasiswa dijamin anda akan menjadi idola tersendiri. Apalagi kalau anda gak pilih kasih dan tidak pernah membandingkan mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya.

Menjalin komunikasi yang baik dengan mahasiswa itu sangat diperlukan. Dengan begitu akan lebih memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan para mahasiswa kamu juga akan lebih mengenal pribadi mereka. Selanjutnya juga akan lebih memudahkan anda dalam menyampaikan materi perkuliahan.

6. Memotivasi tapi Tidak Menggurui

Dekat dengan mahasiswa saja kadang tidak cukup. Pasti ada banyak tipe mahasiswa yang anda hadapi dengan berbagai masalah atau kendala yang mungkin sedang mengganggu konsentrasi belajarnya. Kalau kamu bisa menjadi sosok motivator untuk mahasiswamu tetapi tidak menggurui maka kamu akan menjadi dosen paling menyenangkan dikalangan mahasiswa.

7. Tidak Elergi dengan Saran dan Kritik

Kebanyakan dosen mengaggap dirinya sebagai sosok paling benar dan tidak bisa diganggu gugat jika sudah bersuara memutuskan sesuatu. Maaf saja tapi kadang dosen seperti itu terkesan terlalu mengaggap dirinya paling sok tahu segalanya. Kalau kamu tidak mau menjadi dosen yang tidak disukai cobalah menjadi sosok yang mau mendengar saran dan kritik. Toh menerima saran dan kritik dari mahasiswa sendiri tidak akan membuatmu menjadi jelek kok.

8. Jangan Memberi Deadline Tugas Terlalu Cepat

Memberi tugas memang sudah kewajibanmu sebagai dosen. Tapi anda perlu memperhatikan porsi tugas-tugas yang anda berikan. Jangan terlalu menjejali mereka dengan aneka tugas yang memberatkan apalagi tugas kan tidak hanya datang dari anda saja pasti dosen lain juga sudah banyak memberikan tugas-tugas wajib yang harus kejar setoran.

Itulah beberapa cara mengajar yang disukai para mahasiswa, semoga tips diatas dapat membuat anda semakin profesional dalam mengemban tugas anda sebagai dosen dan pembimbing calon generasi muda. Jangan lupa di share, dan berikan tips tambahan menurut anda dikolom komentar.

Rekan-rekan juga dapat membaca beberapa tips bermanfaat dan informatif terkait dunia kampus disini: Dunia Kampus

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar