Aplikasi Feeder Gratis untuk Import Data Kampus

Bagikan ke :      
Diposting oleh | November 20, 2017
Gofeeder

SEVIMA.CO.ID – Sebagaimana kita ketahui bahwa aplikasi feeder merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data Mahasiswa dan data Perkuliahan tiap Perguruan Tinggi.

PDDikti Feeder dikelola mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang kemudian dapat ditampilkan juga pada aplikasi Forlap pada laman http://forlap.dikti.go.id/. PDDikti Feeder merupakan aplikasi atau sistem yang disediakan oleh Dikti untuk Perguruan Tinggi negeri maupun swasta guna melakukan pengelolaan data perguruan tinggi.

Dalam penggunaanya, pelaporan data dilakukan setiap semester dan yang harus di laporkan antara lain data mahasiswa, data dosen, data kelas kuliah, data KRS mahasiswa, data Ajar dosen, data AKM, dan Nilai dll.

Yang jadi permasalah bagi setiap operator perguruan tinggi adalah pddikti feeder ini tidak menyediakan fitur import data ke feeder secara langsung, yang artinya operator harus meng-inputkan satu persatu data ke aplikasi feeder. Sementara kita tahu data yang harus dilaporkan itu ribuan. Tentu saja hal ini menghabiskan banyak waktu karena tidak sedikitnya data yang harus dilaporkan.

Akan tetapi PDDikti sudah menyediakan API Webservice, dan Web service PDDIKTI feeder tersebut dikembangkan menggunakan SOAP (Simple Object Access Protocol) yaitu sebuah standarisasi dasar dari protokol komunikasi yang berbasis XML yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi terstruktur di antara aplikasi-aplikasi yang ada.

Jadi Web service indi yang bisa digunakan oleh programmer supaya data bisa di input melalui webservice ini. Namun hal ini harus membutuhkan skill programming supaya bisa menggunakan API ini. Nah bagimana jika operator perguruan tinggi tidak mempunyai skill programming yang memadai pasti akan kesulitan.

Nah untuk itu SEVIMA sebagai partner perguruan tingggi akan membantu para operator feeder dikti dalam melakukan input data ke feeder dikti dengan Aplikasi SEVIMA Gofeeder. Jadi aplikasi ini memanfaatkan jalur web service yang disediakan dikti untuk melakukan pelaporan data ke feeder. Aplikasi ini bisa melakukan import data dari file excel ke feeder dikti secara massal. Jadi proses input ke feeder dikti akan menjadi lebih cepat tanpa harus satu persatu meng-input kan data yang harus di laporkan.

Bukan hanya sudah terintegrasi dengan PDDikti Feeder, SEVIMA Gofeeder juga dapat digunakan untuk mengelola data kampus, artinya Gofeeder juga dapat dijadikan sistem informasi akademik kampus, dan dapat pula di onlinekan. Aplikasi Gofeeder ini disamping GRATIS juga full support, yaitu dengan adanya grup facebook: https://www.facebook.com/groups/sevimagofeeder/

Dimana saya bisa mendownload aplikasi SEVIMA Gofeeder? anda dapat mendownloadnya di grup facebook diatas atau disini: gofeeder.sevima.com

Bingung bagaimana cara instalasi SEVIMA Gofeeder, tenang, anda bisa lihat tutorialnya disini: Tutorial Instalasi Gofeeder

SEVIMA : Take IT Easy

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar