Kenapa Forlap DIKTI Susah Diakses? Ternyata Ini Penyebabnya

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Oktober 3, 2018

SEVIMA.COM – CPNS 2018, Laman forlap.ristekdikti.go.id atau biasa disebut laman Forlap Dikti adalah informasi yang berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) yang merupakan kumpulan data perguruan tinggi secara nasional yang dikelola Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Laman yang dapat diakses secara online ini menampilkan informasi seputar perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang terdaftar dan diakui oleh Kemristekdikti. Hadirnya laman ini mempermudah siapapun yang ingin mencari informasi tentang data perguruan tinggi, data mahasiswa, data dosen serta dapat mengetahui kinerja program studi dan perguruan tinggi yang mereka tuju.

Pada saat ini, pendaftaran CPNS 2018 juga mewajibkan peserta untuk mengecek data ijazahnya di forlap dikti sebelum mendaftar di link sscn.bkn.go.id. Pengecekan ke situs Forlap Dikti ini bertujuan agar data-data peserta Pendaftaran CPNS 2018 telah tercatat di lembaga resmi pemerintah.

Namun, pada saat ingin mengecek data di Forlap PDDikti untuk pendaftaran CPNS 2018, ternyata akses ke forlap.ristekdikti.go.id susah dan sering terjadi kesalahan, kira-kira apa penyebabnya?

Penyebabnya tentu karena trafik yang terlalu tinggi. Mengingat keterbatasan kapasitas server yang digunakan untuk berbagai macam aplikasi, maka bisa ditebak saat visitor website forlap.ristekdikti.go.id khususnya di-jam-jam aktif tertentu banyak yang mengakses server akan terjadi slow respond, kemungkinan error atau total down tidak bisa diakses.

Dan yang penting dan perlu rekan-rekan ketahui, saat ini melalui surat edaran resmi dari Kemenristekdikti, laman forlap.ristekdikti.go.id sedang maintenance atau perbaikan untuk peningkatan performa.

Pada surat edaran juga dituliskan bahwa maintenance akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 2 Oktober 2018 Pukul 20.00 WIB hingga hari Sabtu tanggal 6 Oktober 2018 pukul 00.01 WIB. dan pastinya laman forlap.ristekdikti.go.id pada waktu maintenance tidak dapat diakses dan tidak bisa juga untuk melakukan sinkronisasi data feeder untuk operator kampus.

Namun bagi rekan-rekan yang belum bisa melakukan akses ke forlap.risetdikti.go.id dan yang belum sempat melakukan pendaftaran CPNS 2018 hari ini, tidak perlu khawatir dan tetap tenang, karena pendaftaran di sscn.bkn.go.id diperpanjang sampai dengan tanggal 15 Oktober 2018 nanti.

Semoga membantu, jangan lupa dishare ke-teman-teman yang lain agar tidak cemas dan khawatir lagi saat belum bisa mengakses laman forlap.ristekdikti.go.id dan belum melakukan pendaftaran CPNS.

Bagi rekan-rekan yang suka tutorial dengan video bisa cek data mahasiswa di forlap dikti seperti video berikut:

SEVIMA Take IT Easy

Komentar