Manfaat Branding Kampus dengan Sistem Komunikasi

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Februari 28, 2018

SEVIMA.CO.ID – Beberapa perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta (PTS) di beberapa kota di indonesia kesulitan mencari mahasiswa baru, sehingga kuota yang mereka tetapkan terkadang  tidak terpenuhi, bahkan harus ada beberapa program studi (prodi) yang rela tanpa mahasiswa baru atau kosong.

Karena banyaknya persaingan dunia perguruan tinggi dalam menarik calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus yang mereka miliki, kampuspun rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan promosi agar dikenal oleh masyarakat (branding kampus).

Berbagai cara dilakukan, seperti memamerkan potensi dan keunggulan yang dimiliki kampus. Oleh karena itu perguruan tinggi harus memiliki “branding” yang baik untuk tetap eksis menghadapi persaingan antar kampus.

Kurangnya promosi akan menyebabkan kurangnya mahasiswa yang terdaftar. Itu semua berdampak pada pendapatan dan biaya operasional kampus. Sehingga kampus sering kewalahan dalam mempromosikan kampus mereka.

Biasanya promosi yang sering dilakukan adalah menggunakan spanduk dan brosur-brosur yang disebar di setiap daerah yang memungkinkan terjangkau dengan kampus tersebut. Hal itu tentu saja membutuhkan banyak biaya percetakan dan menghabiskan kertas.

Selain itu, untuk promosi mengenai kampus juga membutuhkan waktu. Setiap penerimaan mahasiswa baru, pihak kampus harus datang ke sekolah-sekolah untuk mencari calon mahasiswanya. Karena, kampus tersebut mungkin belum dikenal oleh masyarakat.

Untuk menghindari pembengkakan anggaran promosi, sistem komuniakasi digital seharusnya perlu dipertimbangkan untuk mengatasi hal tersebut, kita tahu setiap orang saat ini tidak terlepas dari yang namanya smartphone dan internet. Dengan adanya sistem komunikasi yang ada di kampus, kampus bisa memnfaatkan sistem komuniasi untuk meningkatkan branding kampus di mata masyarakat.

Sistem komunikasi adalah fasilitas yang terintegrasi dalam Siakad Cloud yang dapat membuat kampus untuk dikenal lebih luas. Misalnya komunikasi melalui website untuk universitas, website fakultas, website progam studi, email, sosial media dan lainnya.

Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan adanya sistem komunikasi dalam kampus :

  1. Informasi yang dibagikan akan mudah dijangkau dalam ruang lingkup yang luas.
  2. Masyarakat akan mengenal kampus tersebut, karena di dalam website kampus menyediakan informasi seputar kampus.
  3. Hematnya biaya, karena kampus tidak harus mencetak banyak browsur dan spanduk untuk promosi
  4. Bisa menghemat SDM, karena tidak harus ada tim panitia yang melakukan promosi ke sekolah untuk menarik calon mahasiswa.
  5. Memberikan kemudahan kepada masyarakat/calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi seputar kampus.

Untuk menambah pengetahuan tentang branding kampus atau perguruan tinggi, anda bisa membaca artikel berikut: Strategi Branding Perguruan Tinggi untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru

Komentar