Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi & Mahasiswa

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Oktober 15, 2018

SEVIMA.COM – Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan bagi pengambil keputusan atau top manajemen di lingkungan perguruan tinggi.

Sistem ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Berbagai kebutuhan dalam bidang pendidikan maupun peraturan yang melingkupinya sedemikian tinggi, sehingga pengelolaan akademik dalam suatu lembaga pendidikan menjadi pekerjaan yang sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran.

Oleh sebab itu, sistem informasi akademik dibangun untuk menjawab secara langsung masalah maupun kebutuhan perguruan tinggi terhadap pengelolaan akademik tersebut secara cepat dan tidak melelahkan.

Baca Juga: Apa Itu SIAKAD Online dan Apa Tujuan SIAKAD?

Masalah yang sering terjadi pada perguruan tinggi pada umumnya adalah keterbatasan pengolahan data yang dimulai dari pengolahan data untuk saringan ujian masuk calon mahasiswa, pengumuman hasil calon mahasiswa yang lulus, proses pendaftaran ulang, baik bagi calon mahasiswa baru maupun mahasiswa yang telah menjadi mahasiwa dari perguruan tinggi tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu proses interaksi antara bagian internal perguruan tinggi ataupun lembaga pendidikan yang mengolah data dengan proses serta prosedur-prosedur tertentu, dengan user yang dalam hal ini adalah mahasiswa.

Dengan adanya suatu sistem, diharapkan pengolahan data antara user dan bagian sistem akademik yang menerima inputan dari mahasiswa serta transaksi kegiatan perkuliahan dan kegiatan administrasi antara mahasiswa dan perguruan tinggi tersebut dapat berlangsung dengan baik.

Kesulitan yang sering terjadi pada bagian internal perguruan tinggi adalah banyaknya proses pengolahan data yang harus dilakukan dalam waktu yang singkat. Contohnya, pengolahan data mahasiswa yang mengambil mata kuliah dan kelas dengan pengajar/dosen. Pada pengolahan data tersebut akan di dapat data-data transaksi berupa, data absensi, data mata kuliah, data transkrip nilai, data jadwal ujian, data biaya pembayaran (status pembayaran mahasiswa), data dosen beserta atribut data gaji yang merupakan bagian dari sistem keuangan yang diterapkan pada sisi keuangan.

Seperti yang telah dibahas diatas, sistem informasi akademik secara garis besar dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Akademik yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkannya.

Kira-kira Apa Saja Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa?

– Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi:

1. Memudahkan Proses Pengelolaan Data Akademik & Non Akademik

Sistem Informasi Akademik sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar/dosen serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.

2. Integrasi Data

Mengingat di suatu Perguruan Tinggi tersebut terdapat beberapa aplikasi dan sistem, maka integrasi data ini sangat bermanfaat untuk menghindari duplikasi data. Integrasi berarti adanya keterkaitan antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya. Dengan menggunakan integrasi data, ini artinya setiap masing-masing informasi dapat berbagi data yang sama dalam waktu yang bersamaan.

2. Sebagai Pusat Informasi

Dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik, akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Informasi yang dapat diakses diantarana Nilai Mata Kuliah, IP dan IPK, Jadwal Kuliah, Absensi, Data Mahasiswa maupun Dosen, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan informasi akademik.

3. Alat Rekam Segala Kegiatan Kampus

Selain sebagai pusat informasi, Sistem Informasi Akademik juga dapat digunakan untuk alat rekam segala kegiatan kampus. Informasi kegiatan terbaru dikampus dapat di update di Sistem Informasi Akademik tersebut sehingga Mahasiswa dan Dosen yang berhalangan hadir dapat mengetahui kegiatan yang sedang berlangsung.

4. Memberikan Laporan Perkembangan Mahasiswa Dalam Proses Belajar Mengajar

Dengan adanya sistem informasi akademik kampus akan lebih mudah dalam memantau perkembangan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, karena data kehadiran, nilai pembelajaran sudah ada di sistem informasi akademik.

5. Memberikan Laporan Perkembangan Dosen dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Dengan adanya sistem informasi akademik juga dapat memantau perkembangan dosen dalam proses belajar mengajar.

6. Kampus Lebih Up to Date

Sistem informasi akademik menyajikan informasi yang dibutuhkan pihak universitas mengenai data akademik mahasiswa secara up to date dengan biaya yang murah.

7. Meningkatkan Citra Kampus

Sistem informasi akademik dapat meningkatkan citra perguruan tinggi sebagai kampus yang peduli, transparan, dan maju selangkah dibidang teknologi.

8. Laporan Yang Komprehensif

Mendapatkan laporan yang komprehensif tentang prestasi akademik mahasiswa, pembayaran SPP, dan lain-lain yang disajikan dalam bentuk online melalui media Web.

9. Memudahkan Petugas Akademik

Petugas penyedia layanan informasi akademik lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya.

10. Memudahkan Pelaporan Ke PDPT Dikti

Memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan untuk pelaporan data (PDPT) kepada DIKTI yang sesuai dengan standart nasional.

11. Sebagai Panduan Dalam Menyusun Kebijakan Kampus

Sistem Informasi Akademik juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus

– Manfaat bagi Mahasiswa:

  1. Memudahkan mahasiswa dalam pengisian dan perbaikan KRS
  2. Memudahkan dan mempercepat registrasi atau her-regestrasi dan pembayaran mahasiswa
  3. Memudahkan memperoleh data IP per semester, jadwal mata kuliah, nilai UTS, nilai UAS, nilai tugas, remedial, dan informasi-informasi terbaru dari jurusan.
  4. Mahasiswa dapat melihat nilainya melalui SIAKAD Mobile, sehingga lebih cepat.
  5. Mahasiswa dapat mengetahui informasi akademik kapan saja dan dari mana saja.

Kesimpulan

Adanya integrasi pada seluruh sistem informasi di sebuah kampus, selain menambah nilai plus sebagai kampus digital, integrasi ini dapat memberikan kemudahan baik bagi pengelola maupun pengguna sistem infromasi tersebut.

Salah satu Sistem Informasi Kampus yang dapat membantu kampus anda sebaga kampus berbasis digital adalah Siakad Enterprise, Sistem Akademik Terintegrasi dan dapat di-custom sesuai kebutuhan kampus. Siakad Enterprise ini akan memberikan kemudahan dan keamanan pengelolaan data perguruan tinggi. Selain itu, Siakad Enterprise juga akan memudahkan bagi Stake Holder dalam mendapatkan akses informasi yang cepat dan mudah dalam waktu yang sama dan kapan saja. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah menerapkan Siakad Enterprise ini.

Atau bagi rekan-rekan yang mencari sistem informasi akademik dengan biaya terbatas bisa menggunakan Siakad Cloud yaitu sistem informasi akademik berbasis cloud computing atau tanpa pengadaan server. Bisa cek kelebihan dan benefit yang diberikan disini: siakadcloud.com

SEVIMA Take IT Easy

Komentar