Pengertian dan Fungsi HOST to HOST Payment

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juli 28, 2016
host-to-host-sevima

SEVIMA.COM – Host to Host atau sering dikenal H2H adalah “sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung“. Lebih sederhananya: “komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain”.

Supaya lebih jelas, mari kita bahas lebih detail, kata Host to Host berdiri dari kata Host, kata Host adalah bahasa inggris yang artinya tuan rumah. Sedangkan kata Host dalam bidang teknologi yaitu istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung secara online. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Host to Host adalah: Host (sistem dalam server) yang terhubung dengan Host (sistem dalam server yang lain) secara langsung. Biasanya Host to Host sering digunakan untuk pembayaran perguaruan tinggi melalui bank. Jadi host dari perguruan tinggi dan bank terhubung secara langsung, bisa lihat gambar pada ilustrasi diatas.

Fungsinya: Sistem ini berfungsi untuk pembayaran dimana mahasiswa dapat langsung membayar biaya pendidikannya secara online via ATM atau channel pembayaran lainnya.

Dengan adanya program server Host to Host ini membuat mahasiswa yang kuliah menjadi lebih mudah dalam proses administrasi perkuliahan. Sistem ini juga digunakan di SIAKAD SEVIMA untuk menunjang pembayaran perguruan tinggi yang lebih mudah.

Ilustrasi

Dengan mengembangkan sistem Host to Host, Host SEVIMA (Siakad Sevima) dapat langsung terintegrasi dengan Host Bank Mitra yang telah ditunjuk oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Semua data (pembayaran) yang masuk dalam server Bank Mitra akan terintegrasi secara langsung dengan data yang ada dalam server SEVIMA (Siakad Sevima).

Pada saat mahasiswa akan melakukan pembayaran SPP ataupun UKT, mahasiswa dapat melakukan pembayaran di Bank Mitra melalui teller, ATM, Internet Banking atau channel pembayaran lainya, maka akan langsung masuk ke sistem SEVIMA/Univeritas pengguna dan data mahasiswa yang melakukan pembayaran akan muncul, lalu dapat melanjutkan proses transaksi. Setelah transaksi selesai, status bayar mahasiswa akan berganti dengan otomatis di kedua server yaitu pihak bank dan universitas. Selain itu, perguruan tinggi juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan integrasi data baik dengan Bank Mitra maupun integrasi data internal.

Kelebihan Host to Host

Beberapa kelebihan yang diperoleh perguruan tinggi dalam penggunaan Host to Host ini antara lain, pertama, perguruan tinggi dapat memilih Bank Mitra sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan. Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki pertimbangan tersendiri dalam melakukan kerjasama dengan Bank Mitra. Karena itu SEVIMA ingin memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi perguruan tinggi untuk memilih Bank Mitra.

Kedua, Sistem Host to Host juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjalin koneksi seperti pertukaran data dan transaksi. Ketiga, H2H juga bersifat real time, berbeda dengan Point to Host (P2H) yang tidak real time dan biasanya membutuhkan jeda paling cepat 15 menit untuk men-Update data. Contoh perbedaan Host to Host (H2H) dan Point to Host (P2H), jika H2H yaitu ketika mahasiswa melakukan transaksi pembayaran SPP di teller bank atau channel pembayaran lainya, dan begitu ada transaksi pembayaran dari mahasiswa, kampus akan langsung mendapatkan notifikasi pembayaran dari pihak bank, sedangkan P2H, kampus umumnya baru akan mendapatkan notifikasinya delay dan paling cepat 15 menit kemudian.

Keuntungan Penggunaan Host to Host

Kampus:
  1. Meminimalisir antrian panjang di kasir keuangan kampus
  2. Bagian keuangan tidak perlu sibuk mencatat serta melayani padatnya antrian mahasiswa yang akan melakukan pembayaran.
  3. Pembayaran yang dilakukan mahasiswa melalui ATM akan langsung masuk ke dalam sistem keuangan SIAKAD sehingga bagian keuangan kampus cukup melihat dari sistem SIAKAD, siapa saja mahasiswa yang belum & yang sudah membayar.
  4. Mengurangi tingkat korupsi terhadap keuangan yang dibayarkan oleh mahasiswa karena uang yang dibayarkan oleh mahasiswa langsung masuk ke rekening kampus dan data keuangan yang dibayar oleh mahasiswa melalui ATM langsung masuk ke dalam sistem keuangan SIAKAD.
  5. Data pembayaran mahasiswa dapat dilihat secara real time oleh pihak kampus.
  6. Sistem yang dikembangkan dibangun dengan standar kemanan yang tinggi. Standar operasi yang baku menjamin semua proses terkontrol dengan baik.
Mahasiswa:
  1. Mahasiswa dapat melakukan pembayaran kuliah kapan pun selama 24 jam.
  2. Mahasiswa pun dapat melakukan pembayaran melalui ATM.
  3. Memberikan rasa aman kepada mahasiswa pada saat melakukan pembayaran biaya kuliah karena mahasiswa tidak perlu membawa uang cash ke kampus

Itulah sedikit gambaran tentang pengertian dan fungsi Host to Host. Semoga ulasan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih layanan yang berkualitas.

SEVIMA telah berpengalaman dalam membuat aplikasi SIAKAD yang terintegrasi dengan pembayaran Host to Host. Anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan pembuatan Sistem Informasi Akademik anda kepada kami. Hubungi kami di : (031) 8722719 atau bisa lewat email: support@sevima.com

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa dibagikan ya… Sharing is Caring.

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Komentar