Apa Itu Aplikasi SEVIMA GoFeeder ?

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juni 6, 2016
sevima-gofeeder-responsive

SEVIMA.COM – Sebelum membahas SEVIMA GoFeeder alangkah baiknya kalau kita mengetahui terlebih dulu tentang aplikasi PDDikti Feeder, PDDikti Feeder merupakan sistem pusat pelaporan data perguruan tinggi (data mahasiswa, data perkuliahan, dsb) seluruh Perguruan Tinggi yang terintegrasi secara nasional. Bisa anda download di situs resmi Forlap PDDIKTI.

Aplikasi PDDikti Feeder telah diluncurkan sejak periode pelaporan 2014/2015 genap untuk seluruh PerguruanTinggi. Meskipun periode ini bisa dikatakan masa transasisi dari EPSBED ke PDDIKTI Feeder, kewajiban pelaporan dengan cara baru ini harus dilakukan oleh semua perguruan tinggi. Operator dan perguruan tinggi mau tidak mau harus menyesuaikan dan mengikuti aturan main yang berlaku. Hal ini tidak akan terlalu berpengaruh bagi perguruan tinggi yang telah memiliki Sistem Manajemen Akademik, namun hal berbeda bagi Perguruan Tinggi yang belum memilikinya, pasti akan mengalami kesulitan dalam mempersiapkan data-data pelaporan serta membutuhkan banyak waktu untuk mengitegrasikan laporan ke feeder PDDikti. Oleh karena itu, SEVIMA melakukan pengembangan aplikasi Sevima GoFeeder untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Dan ini sebagai peran serta SEVIMA dalam meningkatkan Good Governance di dunia pendidikan.

SEVIMA GoFeeder merupakan aplikasi Sitem Informasi Akademik yang memanfaatkan data PD DIKTI Feeder guna menunjang operasional akademik kampus. Penggunaanya juga sangat mudah, untuk -Setting up- aplikasi ini cukup 5 menit saja dan sudah bisa dijalankan, lalu koneksikan ke Web Service Feeder masing-masing, aplikasi SEVIMA GoFeeder dapat langsung digunakan. Selain untuk menyiapkan data-data untuk pelaporan Feeder ke Dikti, SEVIMA GoFeeder juga dilengkapi beberapa fitur seperti yang ada dalam aplikasi Sistem Akademik Kampus (SIAKAD).

Berikut beberapa fitur yang ada di SEVIMA GoFeeder:

  1. KRS Online: Mempermudah mahasiswa dalam mencetak KRS Online
  2. Manajemen Kelas dan Jadwal: Menampilkan setting kelas perkuliahan serta jadwal perkuliahan secara kolektif setiap semester
  3. Manajemen Nilai: Memudahkan input nilai, menampilkan serta mengelola IPK perkuliahan setiap mahasiswa secara otomatis
  4. Cetak Laporan: Menampilkan serta mencetak KHS, KRS, RHS serta Transkrip Mahasiswa dalam bentuk html, word, maupun excel

Home

Dan pada saat ini sudah [RELEASE SEVIMA GO FEEDER v.2.0]. Ada beberapa penyempurnaa pada aplikasi GoFeeder Versi 2.0 ini dari versi sebelumnya, yaitu:

1. Integrasi dengan PDDIKTI Feeder Versi 2.0
2. Penyempurnaan cetak nilai transfer di Transkrip Sementara Mahasiswa
3. Penambahan cetak laporan RHS (Ringkasan Hasil Studi) mahasiswa
4. Penyempurnaan fitur Set Status Mahasiswa
5. Penyempurnaan fitur pengecekan koneksi WS (Web Service)
6. Pengecekan KRS mahasiswa untuk tidak boleh mengambil matakuliah yang sama di semester berlaku
7. Penyempurnaan jadwal KRS mahasiswa untuk banyak kelas per matakuliah.

Perlu rekan-rekan SEVIMA ketahui bahwa apapun yang dimasukkan di SEVIMA GoFeeder ini langsung masuk ke Feeder PD DIKTI dan begitu pula sebaliknya, petugas tidak lagi direpotkan entri data di SIAKAD dan Feeder. “Operasional PT Beres Laporan PDDIKTI-pun Otomatis Beres”.

Berikut  Ilustrasi Tanya Jawab (FAQ) tentang Aplikasi SEVIMA GoFeeder
———————————————————————-

Q : Saya sudah input di Feeder apakah data saya harus dipindah lagi ke SEVIMA GoFeeder ?
A : Tidak perlu data yang sudah diinput di Feeder bisa langsung digunakan oleh SEVIMA GoFeeder. Dan data yang diinput di SEVIMA GoFeeder otomatis masuk ke Feeder PDDIKTI. Praktis.

——————————————————————————————

Q : Apakah aplikasi ini berbayar ?
A : Aplikasi SEVIMA GoFeeder merupakan aplikasi yang Free / Gratis bisa digunakan oleh Semua Perguruan Tinggi yang telah melaporkan ke PD DIKTI Feeder.

——————————————————————————————

Q : Bagaimana cara Kampus saya bisa mendapatkan aplikasi GoFeeder ini ?
A : Bpk/Ibu tinggal melampirkan surat dari Kampus untuk memastikan identitas Kampus kepada SEVIMA kemudian akan diberikan link download dan password untuk menginstall aplikasi GoFeeder di kampus Bapak / Ibu.

——————————————————————————————

Q : Apa persyaratan teknis untuk Aplikasi SEVIMA GoFeeder ini ?
A : Harus disediakan 1 Server (bisa gabung dengan Server PD DIKTI Feeder) dengan Spesifikasi Minimal Core i3, Memory 8Gb dan HD 40Gb, serta jaringan internet untuk melakukan Sinkronisasi ke DIKTI.

——————————————————————————————

Q : Apakah Aplikasi GoFeeder ini ada hubungannya dengan Ristek DIKTI ?
A : Tidak, Aplikasi ini murni sumbangan dari PT. Sentra Vidya Utama sebagai kontribusi kepada dunia pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan good governance sebagai salah satu misi kami.
Aplikasi SEVIMA Go Feeder menggunakan interface Web Service yang telah disediakan oleh DIKTI dalam melakukan akses terhadap data sesuai ketentuan yang berlaku.

——————————————————————————————
Q: Jika saya kesulitan menggunakan aplikasi GoFeeder kemana saya bisa bertanya ?
A: Bpk/Ibu bisa bergabung dengan Group FB SEVIMA GoFeeder untuk menanyakan cara penggunaan atau pemanfaatan aplikasi ini, kami dengan senang hati akan berusaha membantu.
——————————————————————————————

Q : Jika saya kesulitan dalam menggunakan Aplikasi PD DIKTI Feeder apakah bisa saya tanyakan di Forum ini ?
A : Mohon maaf kami tidak dapat menjawab issue2 terkait PD DIKTI Feeder karena merupakan kewenangan dari Team Support PDDIKTI Ristek DIKTI. Silahkan mengakses tanya.dikti.go.id untuk keperluan tersebut.

——————————————————————————————

Q : Apakah aplikasi ini bisa untuk mengimport data excel atau EPSBED DBF ke PD DIKTI Feeder ?

A: Tidak, aplikasi ini tidak berfungsi seperti Importer dari Excel atau EPSBED ke PDDIKTI, melainkan aplikasi Sistem Informasi Akademik yang berbasiskan PDDIKTI Feeder. Bpk/Ibu bisa menggunakan banyak aplikasi yang dikembangkan oleh teman2 operator PDDIKTI untuk keperluan tersebut.

—————–

Untuk rekan-rekan SEVIMA yang tertarik dan ingin menggunakan Aplikasi SEVIMA GoFeeder, bisa langsung cek dan bergabung di Grup Facebook “SEVIMA GoFeeder”, sudah tercatat lebih dari 120 pengguna di seluruh Indonesia. Silahkan bergabung dengan lebih dari 300 akademisi di Grup Facebook Sevima Gofeeder (bisa: KLIK DISINI), digrup ini nanti rekan SEVIMA bisa langsung download aplikasinya serta juga bisa mendownload apapun yang berkaitan dengan “SEVIMA GoFeeder” seperti buku panduan dll. dan jika ada masalah saat menjalankan Aplikasi ini bisa langsung ditanyakan di Grup Facebook.

Sevima : Take IT Easy

Baca juga:

Komentar