Pentingnya Mengembangkan Digital Library Bagi Kampus

Bagikan ke :      
Diposting oleh | November 9, 2016
digital-library-sevima

SEVIMA.COM – Digital Library pada saat ini menjadi penting bagi seluruh perpustakaan kampus untuk memilikinya, karena di era digital ini, tantangan perpustakaan konvensional semakin banyak. Perpustakaan kini tak lagi hanya bangga dengan banyaknya tumpukan koleksi di raknya. Karena perilaku pencarian informasi pemakai yang dilayani juga mengalami perubahan seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Agar perpustakaan tetap eksis sesuai dengan kemajuan teknologi, maka harus mampu mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan membangun perpustakaan digital atau e-library, dan jika perpustakaan kampus anda mengunakan digital library maka akan terlihat semakin profesional.

Pengertian Digital Library

Definisi Digital Library menurut “Dlib Working Group on Digital Library Metrics (WG) di Stanford University, 7-8 Januari 1998, yakni:

“The Digital Library is the collection of services and the collection of information objects that support users in dealing with information objects and the organization and presentation of those objects available directly or indirectly via electronic/digital means.”

Definisi tersebut memberikan pemahaman kepada kita bahwa ‘digital library’ lebih dari sekedar koleksi bahan pustaka dalam tempat penyimpanan, tetapi juga memberikan bermacam layanan pada semua pengguna (baik manusia dan mesin, pembuat, manajer, dan pengguna informasi). Digital library juga memberikan kepada pengguna kepuasan akan kebutuhan mereka dan hal-hal yang dibutuhkan untuk manajemen, akses, penyimpanan, dan manipulasi bermacam informasi tersimpan dalam koleksi bahan pustaka yang merepresentasikan kepemilikan dari perpustakaan.

Digital Library merupakan sistem informasi yang dikembangkan untuk memudahkan petugas dalam pelayanan serta pengelolaan perpustakaan kampus. Petugas perpustakaan dapat selalu memonitor tentang ketersediaan buku, daftar buku baru, peminjaman buku dan pengembalian buku dll.

Kelebihan Digital Library

Digital library saat ini sangat penting untuk diterapkan di berbagai perpustakaan kampus mengingat segala hal sudah dapat diatasi secara komputerisasi. Berikut beberapa keuntungan jika kampus anda menerapkan Digital Library:

  1. Pengguna dapat menikmati layanan digital library kapanpun dimanapun melalui internet maupun komputer.
  2. Tidak memerlukan banyak biaya
  3. Kemudahan dalam mengakses
  4. Penyimpanan koleksi lebih aman dibandingkan penyimpanan diperpustakaan biasa
  5. Peminjam buku maupun yang mengembalikan buku tidak perlu menunggu lama untuk proses peminjaman/pengembalian buku.
  6. Petugas perpustakaan dapat selalu memonitor tentang ketersediaan buku dan daftar buku baru
  7. Digital library juga dapat mengetahui rekam jejak aktifitas pengunjung perpustakaan.
  8. Petugas perpustakaan pun tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pelaporan kepada kepala perpustakaan.

Jika perpustakaan kampus anda menggunakan Digital library yang dikembangkan SEVIMA, ada beberapa fitur yang akan didapat yaitu:

  1. Fitur Daftar Pustaka
  2. Fitur Data Anggota
  3. Fitur Layanan Transaksi Sirkulasi
  4. Fitur Pengadaan Pustaka
  5. Fitur Laporan Buku Tamu
  6. Fitur Digital Library
  7. Fitur Buku Tamu
  8. Dan fitur tambahan yang dibutuhan perpustakan anda.

Fungsi Fitur Digital library yang dikembangkan SEVIMA

  1. Fitur Pustaka

Fitur pustaka berfungsi untuk melakukan pencatatan data pustaka. Pencatatan data pustaka itu sendiri meliputi status ketersediaan pustaka, lokasi pustaka berada serta jumlah pustaka yang tersedia.

  • Pada modul ini juga tersedia proses opname pustaka yang berfungsi untuk mengetahui status pustaka setiap periodenya.
  • Selain itu terdapat pula fitur pencarian pustaka.
  1. Fitur Data Anggota

Fitur data anggota digunakan untuk pencatatan data anggota, masa keanggotaan serta tersedia fitur cetak anggota.

  1. Fitur Transaksi Sirkulasi

Fitur transaksi sirkulasi digunakan pencatatan sirkulasi anggota yang meliputi peminjaman, pengembalian, pemesanan dan perpanjangan serta pencatatan denda keterlambatan.

  1. Fitur Pengadaan Pustaka

Fitur pengadaan pustaka terdiri dari :

  • proses pengusulan pustaka

Pengusulan pustaka merupakan bentuk pengadaan yang berasal dari ajuan individu(anggota) maupun ajuan dari unit.

  • proses pengadaan pustaka

Pengadaan pustaka merupakan proses lanjutan dari proses pengusulan. Proses pengadaan ini meliputi proses notifikasi upload mandiri dari mahasiswa/dosen/karyawan dan validasi dari pengusulan individu maupun unit.

  • proses pengolahan pustaka

Proses pengolahan pustaka adalah proses lanjutan dari proses pengadaan pustaka dimana pada proses ini terdapat proses digitalisasi dan inventaris pustaka. Proses digitalisasi meliputi upload cover pustaka serta lampiran pustaka. Sedangkan proses inventarisasi meliputi pengalokasian pustaka, cetak label serta cetak barcode.

  1. Fitur Laporan

Fitur Laporan merupakan modul yang digunakan manajemen untuk monitoring kegiatan sistem informasi perpustakaan. Laporan ini meliputi laporan mengenai data pustaka, sirkulasi, pengadaan, keanggotaan serta digilib.

  1. Fitur Digital Library

Fitur Digital Library merupakan aplikasi front end yang dapat diakses oleh anggota perpustakaan maupun umum (bukan anggota). Pada digital library ini, anggota dapat melakukan transaksi sirkulasi meliputi pemesanan pustaka, dan perpanjangan, serta dapat melakukan pengusulan pustaka baru.

  • Anggota (mahasiswa/dosen/karyawan) dapat melakukan proses upload mandiri dengan dikontrol oleh petugas perpustakaan melalui beberapa notifikasi persetujuan.
  • Digital library juga terdapat konten Berita, Tentang Kami, Layanan, Keanggotaan, Fasilitas, serta fitur hubungi kami dan Pencarian Data Pustaka.
  1. Fitur Buku Tamu

Fitur buku tamu merupakan fitur yang digunakan untuk mencatat kedatangan anggota perpustakaan.

Pada dasarnya Digital library memiliki banyak manfaat, ditambah lagi dengan format digital itu penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Dapatkan kemudahan aplikasi digital library yang mampu memudahkan pekerjaan Anda di SEVIMA.

PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) sebagai partner Perguruan Tinggi di Indonesia telah berpengalaman dalam mengembangkan Aplikasi Digital Library. Anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan pembuatan Sistem Informasi Management anda kepada kami. Hubungi kami di : (031) 8722719 atau bisa lewat email: support@sevima.com

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar