Perguruan Tinggi Bisa 50% Lebih Hemat dengan Cloud

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Agustus 8, 2017
cloud computing

SEVIMA.COMWalaupun sudah cukup lama diperkenalkan, teknologi komputasi awan atau cloud belum seluruhnya diaplikasikan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Cloud Computing atau teknologi komputasi awan yang secara sederhana adalah gabungan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan).

Lalu apa yang istimewa dari cloud computing ini? Seperti awal kemunculan internet yang membuat dunia mejadi “tanpa batas” cloud diramalkan juga memberikan terobosan pada kemudahan pengguna internet tentu dengan semakin baiknya kecepatan internet di Indonesia. Perusahan besar seperti Facebook, Instagram, Traveloka, Gojek, Grab, Uber hampir semuanya menggunakan cloud.

Jika dulu kita menggunakan software harus download kemudian install dalam komputer ataupun laptop, sekarang software serupa bisa diakses via internet. Jadi, teknologi cloud menjadi sangat terjangkau bagi perguruan tinggi, karena cloud memberikan peningkatan efisiensi, tidak membebani cash flow serta menawarkan banyak benefit lainnya.

Berikut beberapa manfaat cloud computing jika diterapkan di kampus anda:

1. Hemat Biaya

Mungkin alasan ini yang menjadikan kampus ramai – ramai menggunakan cloud. Tidak mengharuskan berinvestasi server tertentu dengan beban maintenance yang tidak sedikit. Pendekatan pay-as-you-go akan memberikan kontrol penuh pada pengguna untuk melakukan scale up dan scale down sesuai kapasitas keperluan kampus. Bayangkan saja harga sebuah software Siakad perbandingan harga versi cloud dan versi desktopnya bisa hingga 5 kali lipat. Sudah hemat berapa persen itu ??

2. Fleksibilitas

Layanan berbasis cloud sangat ideal untuk perguruan tinggi yang sedang berkembang, terkait kebutuhan bandwidth. Ketika kebutuhan kampus semakin meningkat kebutuhan bandwidth juga akan meningkat, kampus anda hanya perlu upgrade paket saja, sangat praktis tidak perlu investasi hardware yang mahal :).

3. Aman

Banyak yang berasumsi ketika data bisnis dipindahkan ke cloud berarti risiko keamanan semakin besar. Padahal cloud kenyataannya memiliki tingkat keamanan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menyimpan data pada server konvensional. Jika Anda mencari keamanan cyber yang lebih baik, pindah ke cloud adalah solusi terbaik.

4. Relevan

Sejak demam mobile apps semakin banyak yang diprediksi akan terus meningkat, penggunaan cloud akan semakin relevan untuk perkembangan bisnis Anda. Diprediksi tahun 2020 70 persen perusahaan di Asia Tenggara akan memanfaatkan cloud untuk mempermudah bisnis mereka (diberitakan : metrotvnews.com).

Solusi Cloud untuk Perguruan Tinggi Anda

Universitas atau perguruan tinggi memerlukan program atau aplikasi untuk mengolah data-data yang ada, diantaranya adalah sistem KRS onlinemail server dan web portal tiap unit yang terdapat di dalam Universitas. Data yang diolah dan disimpan pada sistem tersebut makin lama akan makin bertambah, sehingga memerlukan tempat penyimpangan (storage) yang besar. Ditambah lagi untuk kebutuhan proses KRS online, yang dilakukan 3 kali setahun –awal semester ganjil, genap dan pendek, tidak sedikit bandwidth yang diperlukan. Jika kampus anda mengunakan server konvensional tentu akan menambah bandwidth untuk maintenance, dan ini butuh dana lagi.

Bagaimana? sekarang anda tahu bahwa cloud adalah solusi yang tepat untuk kampus anda. Jika saat ini kampus anda masih kesulitan menemukan konsultan IT untuk mengembangkan SIAKAD menggunakan cloud, sekarang anda berada diwebsite yang tepat, Mengapa? Karena SEVIMA sebagai partner perguruan tinggi telah menyiapkan solusi yang tepat untuk kampus anda.

Yang pertama Siakad Cloud, Siakad Cloud ini telah menjadi solusi bagi beberapa perguruan tinggi yang minim budgat. Jika kampus anda mencari Siakad yang hemat, Siakad Cloud ini untuk anda. Apa saja yang di dapat jika menggunakan Siakad Cloud? Banyak, tanpa perlu bangun insfrastruktur dan instalasi server, kampus Anda bisa dapatkan sistem informasi lengkap untuk pengelolaan kampus yang terintegrasi dari mulai pembayaran H2H, beragam modul aplikasi, serta pelaporan ke PD DIKTI.

Bukan hanya Siakad Cloud, Sevima juga menyiapkan solusi QACloud yaitu Sistem Informasi Manajemen Penjaminan Mutu berbasis cloud, yang berguna untuk mempermudah pelaksanaan penjaminan mutu internal atau pengimputan data untuk akreditasi atau SPME. QACloud ini akan segera di luncurkan pada saat pelatihan SUKSES AKREDITASI nanti, rencananya akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 09 september 2017 di Jogjakarta. Ada banyak bonus yang akan kita bagikan di acara pelatihan nanti.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Siakad Cloud dan QACloud, anda bisa kirim email ke: marketing@sevima.com atau chat lewat WA dengan corporate information kami: +6285646701974 (afifah), semoga bermanfaat.

Komentar