Siakad Cloud Tanpa Server, Lebih Hemat, Mudah dan Lengkap

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Agustus 24, 2018

SEVIMA.CO.ID – Pengadaan atau mengembangkan sebuah sistem informasi akademik (siakad) di perguruan tinggi adalah hal yang harus dilakukan agar segala aktivitas civitas akademika yang berkaitan dengan kampus dapat terpantau dan terorganisir dengan baik. Hal ini tentunya membutuhkan banyak informasi dan data yang saling berkaitan.

Tekhnologi terus update, implementasi sistem informasi akademik tak lagi menggunakan perangkat sederhana, kini sudah ikut berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin tak terkendali. Saat memilih teknologi yang akan digunakan untuk mengembangkan sistem informasi kampus, terdapat berbagai pilihan yang dapat diambil. Pilihan-pilihan tersebut tentunya membawa dua konsekuensi, yakni kelebihan dan kekurangan.

Rata-rata Universitas di Indonesia pada tahap awal pengembangan, akan muncul pertanyaan. Haruskan sistem informasi tersebut dibangun sendiri? Ataukah cukup dengan meneyewa aplikasi?

Jika ingin membangun sistem informasi akademik sendiri, banyak hal yang perlu disiapkan. Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan:

1. Perencanaan

Harus ada perencanaan yang matang, seperti prencanaan akan kebutuhan-kebutuhan sistem, persiapan untuk desain rancang bangun (implementasi), menggambarkan bagaimana suatu sistem teknologi informasi dapat dibentuk dapat berupa perencanaan, penggambaran, pembuatan skesta atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. Dan perencanaan yang lainnya.

2. Biaya

Biaya yang dikeluarkan juga cukup besar karena harus menyediakan berbagai perangkat keras dan lunak, ditambah untuk membayar tenaga ahli yang akan mengembangkan sistem informasi tersebut. Infrastruktur yang harus direncanakan untuk jangka panjang dan juga harus dikembangkan tepat waktu.

3. Perawatan dan keamanan

Sistem informasi juga butuh perawatan dan keamanan. Selain harus menyediakan tempat yang cukup luas untuk menyimpan berbagai perangkat, biaya pemeliharaan juga harus dikeluarkan. Maka, jika ingin mengembangkan sistem informasi sendiri, perlu benar-benar dipersiapkan dengan matang.

Melihat begitu kompleksnya persiapan yang harus dilakukan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu SEVIMA menawarkan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi yaitu Sistem Informasi Akademik tanpa SERVER.

Implementasi sistem tak hanya sekedar menggunakan komputer dan memiliki aplikasi. Lebih dari itu, tetap dibutuhkan perawatan, keamanan dan integrasi dengan berbagai program yang mendukung. siAkad Cloud memiliki modul yang lengkap untuk pengelolaan manajemen akademik perguruan tinggi; yakni Admisi, Registrasi, Pembayaran, Akademik, portal untuk Mahasiswa bahkan pelaporan ke PDDikti.

Dengan dukungan cloud computing, proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dan didukung dengan layanan operasional selama 24/7. Bicara tentang masalah keamanan, siAkad Cloud menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang disimpan di server dan telah menerapkan teknologi Disaster Recovery Center yang akan menjamin keamanan data saat kejadian yang tidak diinginkan kampus.

Semua pelaporan yang diolah dalam siAkad Cloud sudah disesuaikan dengan standar pelaporan feeder PD DIKTI. Penyesuaian kurikulum yang mudah juga membuat pengelolaan data mahasiswa lama dan baru tidak menjadi masalah yang berarti.

Terakhir, penggunaan siAkad Cloud dapat mengurangi biaya pengembangan karena tidak membutuhkan tenaga ahli pengembang dan tanpa biaya pemeliharaan. Ini adalah solusi bagi permasalahan sistem informasi akademik jaman now. Ingin minta DEMO, rekan-rekan bisa langsung kunjungi: siakadcloud.com

SEVIMA : Take IT Easy

Komentar