Sistem Informasi Akademik yang Sesuai Regulasi DIKTI

Bagikan ke :      
Diposting oleh | November 15, 2017
Sistem Informasi Akademik (siakad)

SEVIMA.CO.IDSitem Informasi Manajemen Kampus (SIM Akademik) adalah sistem yang digunakan untuk melakukan pengolahan data dan informasi kampus bagi kepentingan civitas akademika serta kepentingan pihak ketiga (pemerintah dan publik). Sistem ini kami kembangkan sebagai pilot project sehingga nantinya jika sistem ini digunakan oleh perguruan tinggi lain maka diharapkan memiliki kecocokan sistem yang mendekati 100%.

Tentu saja, dikarenakan Sistem Informasi Akademik ini dibuat untuk sistem pendidikan perguruan tinggi di Indonesia, maka sistem ini akan selalu mengikuti perkembangan peraturan dan kebijakan pemerintah dalam pendidikan tinggi. Salah satunya adalah pelaporan persemester (Forlap PDDikti) perguruan tinggi. Sistem Informasi Manajemen Kampus ini tentunya juga memiliki fitur export data ke format database yang digunakan DIKTI dalam pelaporan PDDikti sehingga perguruan tinggi yang menggunakan SIAKAD tidak perlu repot-repot lagi melakukan input data dua kali.

Selain fitur export data ke PDDikti yang menjadi unggulan kami, berikut adalah beberapa keunggulan lainnya :

1. Sangat Menghemat Biaya dan Operasional

Jika anda menggunakan Siakad Cloud, anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian infrastruktur, tanpa biaya tenaga ahli pengembang dan tanpa biaya pemeliharaan. Silahkan dipikirkan lagi!

2. Mudah dan Sangat Praktis

Siakad Cloud merupakan sistem informasi pengelolaan kampus yang terbukti handal dan dapat diimplementasikan di kampus anda secara instant. Dan mudah untuk diadaptasikan sesuai dengan kebutuhan dan perubahan (peraturan, proses bisnis) di setiap perguruan tinggi.

3. Langsung Terintegrasi dengan PD DIKTI

Jadi anda tidak perlu susah-susah untuk melakukan proses penginputan data 2 kali untuk pelaporan ke Feeder PD DIKTI. Anda dapat berfokus pada pelayanan untuk para civitas akademia.

4. Sistem Online 24 jam Non-stop

Menggunakan Siakad Cloud, sistem dapat online 24 jam non-stop sehingga pengguna dapat mengakses layanan yang diperlukan dari manapun dan kapan pun.

5. Terintegrasi dengan Aplikasi Android

Sudah saatnya kampus anda menggunakan Mobile Aplikasi University. Memudahkan Dosen berinteraksi dengan mahasiswanya dan mahasiswa dapat dengan mundah mengakses informasi kampus, KRS dan nilai melalui smartphone mereka.

6. Pembayaran Mahasiswa Terintegrasi dengan Bank

Academic Cloud terintegrasi dengan Bank mitra, dengan memanfaatkan Host to Host (H2H) payment. Kerumitan pendataan pembayaran mahasiswa tidak akan anda temui lagi saat anda menggunakan Academick Cloud. Dan mahasiswa anda tidak perlu antri panjang.

7. Administrasi Transparan

Administrasi universitas yang transparan bagi pihak Campus, mahasiswa, dan stakeholder lain yang berkepentingan.

8. Desain Tema khusus

Anda dapat menyesuaikan gaya desain sesuai dengan identitas universitas anda.

9. Keamaanan Data

Tentu saja data anda aman, bebas dari serangan oknum yang tidak bertanggung jawab dan kita back up data Anda secara teratur online dan offline.

Kami tahu, terpadunya administrasi perguruan tinggi anda dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi perguruan tinggi anda, dan memungkinkan setiap stakeholder mendapat kepuasan terhadapat layanan kampus anda.

  • Langsung saja lihat DEMO Siakad Cloud disini: Siakadcloud.com
  • Untuk perguruan tinggi (khusus menengah kebawah) bisa menggunakan Siakad gratis: Gofeeder.sevima.com
  • Dan bagi rekan-rekan yang ingin SIAKAD Custom sesuai keinginan kampus anda: Siakad Enterprise

Sistem Informasi Manajemen Kampus (SIM Akademik) ini dibangun bagi kebutuhan perguruan tinggi akan pengelolaan data dan informasi kampus melalui teknologi informasi untuk memudahkan institusi perguruan tinggi, mahasiswa dan dosen, serta masyarakat memperoleh informasi yang akurat dan cepat tentang perkembangan perguruan tinggi tersebut.

Sistem Informasi Akademik dibangun menggunakan sistem bertingkat sesuai dengan tugas dan tanggung-jawab masing-masing bagian dalam perguruan tinggi, yaitu :

1. Administrator, memiliki fungsi sebagai pengendali utama sistem informasi akademik yang memiliki menu :

  • Master Data : Pengelolaan data Profil Perguruan Tinggi dan BP-PT, Pengaturan data pimpinan dan program studi, Pengelolaan data dosen dan karyawan
  • Transaksi Akademik : Pengaturan Admisi Maba dan KRS/KHS Manual
  • Manajemen Sistem : Penentuan Hak Akses untuk setiap bagian sistem, Optimize Database dan Ubah Password Administrator
  • Laporan-Laporan : Cetak Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Pendukung Akreditasi
  • Konversi Database ke Forlap PDPT Dikti

2. Jurusan, memiliki fungsi pengaturan kegiatan perkuliahan, penelitian dan pengabdian masyarakat mahasiswa sesuai dengan jurusan/program studi masing-masing, dengan menu-menu :

  • Pengaturan Mata Kuliah dan Cetak Daftar Mata Kuliah Per Semester
  • Manajemen Pindah Kelas/Jurusan
  • Pengaturan Pembimbing Akademik
  • Manajemen Tugas Akhir : Pengelolaan Pembimbing KKN/PKN, Pengelolaan Pembimbing Skripsi, dan
  • Pengelolaan Master Judul Skripsi Mahasiswa
  • Ubah Password Admin Jurusan

3. Tata Usaha / Perkuliyahan, memiliki fungsi mengelola kegiatan belajar mengajar agar memiliki sinergi antar jurusan sehingga kegiatan perkuliahan tidak tumpang tindih antar jurusan. Menu-menunya antara lain :

  • Pemilihan Jurusan yang akan dikelola
  • Master Kegiatan Akademik : Pengaturan Semester Aktif, Pengaturan Jam Kuliah dan Jam Ujian, Pengaturan Bobot Nilai Huruf, Penentuan Konversi Nilai Angka ke Huruf, Pengaturan Konversi Kurikulum dan Cetak Data Konversi Kurikulum
  • Master Kemahasiswaan : Data Kapasitas Maba, Pengelolaan Biodata Mahasiswa, Cetak Info dan Status Mahasiswa
  • Perkuliahan : Data IP/IPK dan SKS Kumulatif Mahasiswa per angkatan, Pengelolaan Kelas Gabungan antar Jurusan, Pengaturan Jadwal Kuliah Dosen dan Kelas, Pelaporan Aktifitas Kelas (Total Dosen Masuk, Jumlah Mahasiswa per Kelas, Cetak Absensi, Cetak Daftar Hadir Ujian, Cetak Daftar Nilai), Cetak Jadwal Mata Kuliah, Pengelolaan Ujian Skripsi, Generate Nilai Sementara dan Cetak KHS Mahasiswa
  • Ubah Password administrator Tata Usaha

4. Dosen, yang digunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar dan berinteraksi dengan mahasiswa. Terdiri dari menu-menu :

  • Perkuliahan : Info Jadwal Mengajar dan Kegiatan e-Learning (Pemberian Materi Kuliah, Tugas, Tanya Jawab/Kuis dan Pembuatan Satuan Acara Perkuliahan) untuk mahasiswa
  • Pengelolaan Nilai Hasil Studi Mahasiswa : Pembobotan Komponen Nilai (Kompetensi, Absensi, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester), Pemasukkan dan Penghitungan Nilai Akhir Mahasiswa serta Cetak Daftar Peserta dan Nilai Akhir (DPNA).
    Kegiatan Bimbingan : Bimbingan KKN/PKN dan Bimbingan Skripsi Mahasiswa jika ditunjuk menjadi pembimbing.
    Biodata : Lihat Biodata Dosen, Ubah Biodata dan Ubah Password

5. Mahasiswa, yang digunakan untuk memantau kegiatan akademik dan berinteraksi dengan dosen. Terdiri dari menu-menu :

  • Perkuliahan : Info Jadwal Kuliah, Pengaturan Kartu Rencana Studi, Kegiatan e-Learning (Materi Kuliah, Tugas, Tanya Jawab/Kuis dan Info Satuan Acara Perkuliahan)
  • Nilai Hasil Studi : Info Kartu Hasil Studi dan Transkrip Sementara Mahasiswa
  • Keuangan (jika Sistem Informasi Keuangan diaktifkan) : Info Tagihan Pembayaran dan Rekap Pembayaran Kumulatif
  • Kegiatan Bimbingan : Bimbingan KKN/PKN dan Bimbingan Skripsi Mahasiswa dengani pembimbing yang ditunjuk.
  • Biodata : Lihat Biodata Mahasiswa, Ubah Biodata dan Ubah Password

SEVIMA: Take IT Easy

Baca juga:

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar