Sistem yang Membantu Proses Penelitian dan Pengabdian Kampus

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Februari 26, 2018

SEVIMA.CO.ID – Setiap perguruan tinggi mempunyai LPPM (Lembaga dan Pengabdian Masyarakat), yang memiliki tugas dalam koordinasi dan mendokumentasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta ikut dalam mengusahakan pengendalian sumber daya yang diperlukan lembaga.

Berdasarkan Pasal 20 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan dan mengembangkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, di samping pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara. Demikian juga sesuai Pasal 60 UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengenai kewajiban dosen, dinyatakan bahwa, dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Perguruan tinggi dituntut mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Setiap perguruan tinggi harus dapat memenuhui Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada perguruan tinggi sebagaimaana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Untuk melihat seberapa baik implementasi pemenuhan standar nasional pengabdian kepada masyarakat pada setiap perguruan tinggi, perlu dilakukan pengukuran kinerja pengabdian kepada masyarakat baik dari aspek sumberdaya yang dimiliki, aspek manajemen baik yang terkait proses, pelaksanaan maupun penilaian pengabdian kepada masyarakat, aspek luaran yang dihasilkan, bahkan sampai pada revenue yang dapat dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengumpulan data dilakukan secara elektronik melalui Simlitabmas sehingga memudahkan perguruan tinggi dalam proses pelaporannya. Bagi perguruan tinggi, data yang dientrikan ke sistem dapat digunakan untuk berbagai kepentingan utamanya untuk proses evaluasi dan pelaporan internal maupun eksternal.

Sistem Informasi Manajemen LPPM Kampus

Dengan bantuan aplikasi LPPM kampus dapat memudahkan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian. Untuk dalam bidang penelitian dan pengabdian aplikasi ini membantu dalam proses pelaporan yang dilakukan, selain itu aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk menginputkan data – data pengabdian yang akan mereka laksanakan.

Sebelum melaksanakan penelitian dan pengabdian, peneliti (dosen-dosen) diminta untuk megurus surat menyurat dan masih banyak lagi. Bisanya peneliti direpotkan dengan menginputkan data di berbeda aplikasi misal untuk word proses pelaporan, nantinya dikirim ke email lain lagi untuk proses yang lainnya. Dengan bantuan aplikasi LPPM, kita hanya perlu bekerja dalam 1 aplikasi yang membantu dalam proses penelitian dan pengabdian. Saat melakukan penelitian pasti berbeda – beda tempat dan bidangnya pasti akan rumit.

Selain itu untuk pengabdian berbeda pula hal yang dilakukan. Pengelolaan kegiatan akademik LPPM ini difalidasi dengan sistem lain diantaranya kegiatan entri dan penyajian data survey untuk proses pengabdian dan penelitian, penyajian data exit survey, pengelolaan pelaporan, pengelolaan makalah untuk dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian. Selain juga digunakan untuk agenda kegiatan pimpinan LPPM. Selain itu juga digunakan untuk kegiatan administrasi antara lain pencatatan keluar masuk dan pelaporan  pada LPPM.

Dari kegiatan tersebut yang begitu banyak prosesnya membuat para peneliti dan pengabdian kebingunan dalam proses surat dan peloran serta entri data yang mereka lakukan saat kegiatan. Belum lagi dalam proses permasalahan pelaksanaan kegiatan yang sedang mereka lakukan di lapangan nantinya.

Untuk itu anda jangan khawatir lagi kami siap membantu anda dalam pembuatan aplikasi yang membantu kampus anda dalam menghadapi permasalahan yang ada di kampus anda, dengan sistem handal dan sistem yang memudahkan terintegrasi dengan Simlitabmas pddikti. Anda bisa langsung meminta demo aplikasi dengan menghubungi kami di layanan kontak kami.

Komentar