Sistem Informasi Perpustakaan

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juli 20, 2012
e-library

SEVIMA.COMSistem Informasi Manajemen Perpustakaan (e-library) merupakan sistem informasi yang dikembangkan untuk memudahkan dalam pelayanan serta memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola perpustakaan. Petugas perpustakaan dapat selalu memonitor tentang ketersediaan buku, daftar buku baru, peminjaman buku dan pengembalian buku.

SIM Perpustakaan ini terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi, antara lain:

  1. Modul Daftar Pustaka
  2. Modul Data Anggota
  3. Modul Layanan Transaksi Sirkulasi
  4. Pengadaan Pustaka
  5. Modul Laporan Buku Tamu
  6. Digital Library
  7. Buku Tamu

Dengan sistem ini, peminjam buku maupun yang mengembalikan buku tidak perlu menunggu lama untuk proses peminjaman/pengembalian buku. Petugas perpustakaan pun tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pelaporan kepada kepala perpustakaan. Sistem informasi perpustakaan yang berbasis webbase, memudahkan kita untuk mengakses perpustakaan online, bahkan mengetahui rekam jejak aktifitas pengunjung perpustakaan.

Sistem informasi ini juga mempermudah bagi pengguna untuk mencari buku lebih bebas, cepat , leluasa dan nyaman.

Fitur yang kami kembangkan sebagai berikut :

  1. Modul Pustaka

Modul pustaka berfungsi untuk melakukan pencatatan data pustaka. Pencatatan data pustaka itu sendiri meliputi status ketersediaan pustaka, lokasi pustaka berada serta jumlah pustaka yang tersedia.

  • Pada modul ini juga tersedia proses opname pustaka yang berfungsi untuk mengetahui status pustaka setiap periodenya.
  • Selain itu terdapat pula fitur pencarian pustaka.
  1. Modul Data Anggota

Modul data anggota digunakan untuk pencatatan data anggota, masa keanggotaan serta tersedia fitur cetak anggota.

  1. Modul Transaksi Sirkulasi

Modul transaksi sirkulasi digunakan pencatatan sirkulasi anggota yang meliputi peminjaman, pengembalian, pemesanan dan perpanjangan serta pencatatan denda keterlambatan.

  1. Pengadaan Pustaka

Modul pengadaan pustaka terdiri dari :

  • proses pengusulan pustaka

Pengusulan pustaka merupakan bentuk pengadaan yang berasal dari ajuan individu(anggota) maupun ajuan dari unit.

  • proses pengadaan pustaka

Pengadaan pustaka merupakan proses lanjutan dari proses pengusulan. Proses pengadaan ini meliputi proses notifikasi upload mandiri dari mahasiswa/dosen/karyawan dan validasi dari pengusulan individu maupun unit.

  • proses pengolahan pustaka

Proses pengolahan pustaka adalah proses lanjutan dari proses pengadaan pustaka dimana pada proses ini terdapat proses digitalisasi dan inventaris pustaka. Proses digitalisasi meliputi upload cover pustaka serta lampiran pustaka. Sedangkan proses inventarisasi meliputi pengalokasian pustaka, cetak label serta cetak barcode.

  1. Modul Laporan

Modul Laporan merupakan modul yang digunakan manajemen untuk monitoring kegiatan sistem informasi perpustakaan. Laporan ini meliputi laporan mengenai data pustaka, sirkulasi, pengadaan, keanggotaan serta digilib.

  1. Digital Library
  • Digital Library merupakan aplikasi front end yang dapat diakses oleh anggota perpustakaan maupun umum (bukan anggota). Pada digital library ini, anggota dapat melakukan transaksi sirkulasi meliputi pemesanan pustaka, dan perpanjangan, serta dapat melakukan pengusulan pustaka baru.
  • Anggota (mahasiswa/dosen/karyawan) dapat melakukan proses upload mandiri dengan dikontrol oleh petugas perpustakaan melalui beberapa notifikasi persetujuan.
  • Digital library juga terdapat konten Berita, Tentang Kami, Layanan, Keanggotaan, Fasilitas, serta fitur hubungi kami dan Pencarian Data Pustaka.
  1. Buku Tamu

Buku tamu merupakan fitur yang digunakan untuk mencatat kedatangan anggota perpustakaan.

Kelebihan SIM Perpustakaan SEVIMA :

  • Fitur Sirkulasi yang lengkap.
  • Fitur pencatatan pengadaan sangat detail.
  • Terdapat dashboard penjelasan singkat mengenai koleksi dan transaksi sirkulasi.
  • Fitur keanggotaan yang lengkap.

Jangan ragu lagi untuk bekerjasama dengan kami. PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) sebagai partner Perguruan Tinggi di Indonesia telah berpengalaman dalam mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Management yang terintegrasi dengan pembayaran Host to Host maupun Aplikasi Sistem Informasi berbasis Mobile. Anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan pembuatan Sistem Informasi Management anda kepada kami. Hubungi kami di : (031) 8722719 atau bisa lewat email: support@sevima.com

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

 

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar