Waduh!! Tak Tercantum Di Forlap Dikti, Mahasiswa Ini Gagal Mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juli 13, 2017
Foto Pddikti

SEVIMA.COM – Pendataan Pendidikan Tinggi memang sudah ada dan diwajibkan sejak tahun 2002, namun untuk laman forlap baru ada sejak sekitar tahun 2014. Menurut Permenristekdikti No 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, bahwa perguruan tinggi memiliki kewajiban melaporkan data pendidikan tinggi setiap semester.

Namun jika ada perguruan tinggi yang belum melaporkan atau melengkapi data ke Forlap Dikti, pasti akan menyulitkan para alumninya, seperti yang dikabarkan laman berita Kompas pada hari selasa (12/07/2017) kamarin, bahwa seorang mahasiswi dari Universitas Negeri Jakarta  (UNJ) berinisial SF mengaku namanya tak tercantum di forlap.ristekdikti.go.id yang merupakan pusat informasi pangkalan data dikti yang dikelola Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Tak tercantumnya nama SF dalam laman forlap dikti ternyata membuatnya mengalami berbagai kesulitan. SF sempat ditolak mengikuti tes di sebuah perguruan negeri swasta dan gagal mengikuti ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Mapres) Nasional lantaran hal ini.

Ternyata SF tak sendiri, menurut hasil survei yang dilakukannya bersama rekan-rekannya, ratusan mahasiswa UNJ ternyata mengalami nasib serupa (http://megapolitan.kompas.com/read/2017/07/12/10380591/persoalan.tak.tercantumnya.data.ratusan.mahasiswa.unj.di.forlap.dikti)

Agar pengalaman mahasiswa UNJ tidak terjadi pada anda atau alumni-alumni perguruan tinggi yang lain, alangkah baiknya jika anda melakukan cek/verifikasi data anda terlebih dahulu, agar nanti saat ingin daftar PNS, melamar beasiswa atau kerja, anda sudah mengetahui apakah data anda tercantum di Forlap Dikti, jika belum secepatnya anda bisa mengurusnya ke kampus tempat anda kuliyah.

Bagaimana cara memverifikasi data di Forlap Dikti?

Mudah saja, anda tinggal buka laman resmi forlap dikti. Untuk cara lengkapnya, bisa cek disini: Cara Cek Data Mahasiswa di Forlap PDdikti

Bagaimana mudah bukan? dan dengan kesamaan data yang ada di laman Forlap Dikti, maka secara sah pengakuan atas keberadaan mahasiswa akan bisa diakui dan bisa digunakan sebagai rujukan.

Setelah terdaftar, kamu sekarang tidak perlu ragu lagi untuk daftar PNS, ngelanjutin kuliah atau mencari kerja. Semoga membantu, dan kamu boleh share artikel ini diakun sosial media kamu, jika menurutmu petunjuk ini bermanfaat.

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar