Tinggalkan Kerumitan Pembayaran Uang Kuliah Manual, Ini Solusinya

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Maret 8, 2017
Payment Gateway

SEVIMA.COM – Permasalahan kampus sangatlah kompleks, dari permasalahan internal maupun external. Namun jika permasalah itu tentang permasalahan internal, seperti pelayan akademik yang kurang baik, seharus dapat dihindari dan dihilangkan, apalagi pelayanan soal pembayaran uang kuliah, sudah seharusnya ditingglkan metode manual yang sangat banyak sekali permasalahanya itu. Berikut ini beberapa permasalahan yang sering dialami oleh kampus yang masih menggunakan pembayaran manual.

Pertama, terjadinya antrian panjang waktu pembayaran

Masalah pertama yang muncul jika kampus anda masih menggunkan pembayaran manual, yaitu terjadainya antrian panjang yang tak dapat dihindarkan, dimana mahasiswa mengantri layaknya mengantri sembako.

Kedua, petugas yang kurang memadai

Petugas yang sedikit tidak diimbangi dengan jumlah mahasiswa aktif yang berjumlah ribuan, serta tenggang waktu yang biasanya mepet. Ketidak seimbangan tersebut juga berimbas pada pelayanan yang kurang ramah, mungkin karena petugas juga kelelahan.

Ketiga,  hanya satu tempat, jadi kasir pasti penuh

Pembayaran hanya dilakukan pada satu tempat yaitu kasir BAK (badan administrasi keuangan) Universitas, dan ini pastinya akan menyebabkan antrian, serta memungkinkan terjadinya kesalahan admin kasir saat pelayanan pembayaran.

Keempat, kurangnya keamananan

Jika masih menggunkan pembayaran manual melalui kasir kampus, tentuntunya para mahasiswa yang ingin melakakan pembayaran akan membawa uang kes, dan ini dapat memicu hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan bahkan pencurian, ini bisa saja terjadi karena uang dibawa secara kes.

Kelima, ribet saat laporan

Dalam administrasi keuangan, laporan adalah pasti, namun jika masih menggunkan pembayaran manual tentu membutuhkan banyak waktu untuk mencari data yang akan dilaporkan, dan presentase ke-validnya pun terkadang tidak seratus persen.

Keenam, slip pembayaran bisa kapan saja hilang

Jika masih menggunakan metode pembayaran manual, dan masih menggunakan data slip untuk memonitor pembayaran mahasiswa, pasti akan memepersulit pegawai dan mahasiswa. Apabila ketika mahasiswa kehilangan slip pembayaran, bukti pembayaran pun hilang, ini sangat merugikan mahasiswa. Oleh karena itu metode pembayaran manual perlu ditinggalkan.

Lalu apa solusi yang tepat untuk permasalahan Ini ?

Solusinya adalah kampus anda harus beralih dari sistem manual yang klasik itu dengan menggunakan aplikasi payment gateway yang menghubungkan kampus anda dengan Bank yaitu SEVIMAPay. SEVIMAPay adalah layanan pembayaran online mahasiswa melalui service Bank, seperti Teller, ATM, Ibank Personal (Mobile Banking) atau e-channel bank lainnya secara lifetime, dan pastinya memudahkan proses transaksi pembayaran.

Jadi, mahasiswa tidak perlu mengantri panjang pada bagian BAK (badan administrasi keuangan) Universitas. Karena pembayaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun selama dalam durasi pembayaran yang ditentukan kampus.

Dan pastinya permasalahan-permalahan pembayaran yang terjadi pada metode manual pun dapat dihilangkan dengan menggunkan SEVIMAPay, seperti permasalahan antri dan lain-lainya. Karena pembayaran bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tentu akan menghilangkan pemandangan antrian di BAK.

Bila kampus anda menggunakan SEVIMAPay begini alur kerjanya, ketika mahasiswa membayar uang kuliah melalui ATM, Mobile Banking, Teller, atau e-channel bank lainnya, data pembayaran langsung diolah oleh sistem SEVIMAPay, lalu data pembayaran tersebut langsung tersimpan di sistem keuangan mahasiswa yang telah dipasang dikampus. Data tersebut tersimpan secara realtime sehingga admin keuangan langsung dapat melihat data pembayaran mahasiswa tersebut. Jadi, pembayaran lebih mudah, praktis, cepat, valid dan dapat dilakukan dimana saja.

Kesimpulan

Mempunyai pelayanan kampus yang baik adalah idaman bagi semua perguruan tinggi, dengan baiknya pelayanan pasti akan memberi kepuasan kepada stakeholder, oleh karena itu penting bagi perguruan tinggi untuk terus meningkatakan pelayanan kampus.

Pembayaran uang kuliah juga sangat mendukung kelancaran proses administrasi dan perkuliyahan sebuah perguruan tinggi, namun jika pembayaran uang kuliah tidak ditangani dengan tepat, pasti akan mengganggu proses administrasi dan perkuliyahan, tentu ini sangat merugikan stakeholder maupun pihak kampus, SEVIMAPay menjadi solusi tepat untuk menjadi penghubung antara perguruan tinggi Anda dengan Bank Mitra untuk memudahkan proses transaksi pembayaran, dan menghindari terjadinya antrian panjang, dengan didukung laporan yang tepat dan akurat.

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Komentar