Sudahkah Kampus Anda Menjadi Smart Campus?

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Agustus 15, 2018

SEVIMA.CO.ID – Ketergantungan akan teknologi merupakan sesuatu yang sangat sulit dihindari dan sangat sulit dipisahkan pada era serba digital. Berdampak pada sistem pendidikan terutama di pendidikan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi di Indonesia mulai mererapkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam lingkungan kampus. Didorong dari seluruh civitas akademik di perguruan tinggi yang mengharapkan kenyamanan sehingga pentingnya peranan teknologi.

Smart Campus hadir akibat sistem yang menggunakan teknologi dan internet sebagai perantaranya. Smart Campus atau kampus yang smart diharapkan menjadi kampus yang dapat mencerdaskan mahasiswa dengan sistem yang dikelola oleh IT. Bukan berarti smart campus merupakan kampus yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa pintar atau tenaga pengajar yang dapat mencerdaskan mahasiswanya. Namun smart campus adalah kampus yang memadukan, mengkombinasikan, menggabungkan dan mengimplementasikan proses belajar mengajar dengan menggunakan teknologi informasi. Sehingga semua sistem yang menunjang proses belajar mengajar juga menggunakan teknologi.

Campus

Penyebaran informasi di lingkungan kampus akan lebih cepat dan lebih luas. Mulai dari evaluasi berupa kuisioner, pemberian tugas dan materi hingga pengumuman. Akan memudahkan pimpinan di kampus untuk menganalisa dalam mengambil keputusan. Sehingga penerapan tekonologi untuk pelayanan lebih baik akan meningkatkan kualias dari sistem pendidikan.Banyak ruang lingkup yang tidak sederhana di lingkungan kampus harus dikelola dengan smart sehingga memberikan pelayanan informasi yang lebih baik tentunya menggunakan teknologi informasi.

Sistem smart campus dapat diterapkan mulai dari sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem akademik kampus, sistem ujian online, sistem informasi perpustakaan dan sistem pembayaran uang kuliah. Dengan adanya sistem smart campus akan mengurangi kesalahan dalam mengerjakan pekerjaan. Tentu juga akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh kampus.

Dengan tujuan memudahkan proses pembelajaran menggunakan teknologi informasi. Menerapkan teknologi informasi dengan smart campus memiliki banyak keuntunganbukan hanya memudahkan proses belajar mengajar namun juga dalam hal managemen kampus dan kegiatan mahasiswa.

Menerapkan smart campus membuat semua elemen kampus menjadi saling terhubung satu sama lain mulai dari dosen, pegawai, mahasiswa dan bagian lain dalam lingkungan kampus. Salah satu contoh penerapan dengan menggunakan Sistem Akademik Kampus sehingga data perkuliahan mahasiswa dapat digunakan untuk pembayaran uang kuliah maupun perpustakaan kampus.

Input data mahasiswa hanya dilakukan satu kali saat penerimaan mahasiswa baru sehingga tidak perlu input data setiap semester. Pelunya sistem informasi yang terintegrasi sehingga tidak adanya data yang sama setiap tahun. Selain itu data mahasiswa juga terintegrasi dengan data di PDDIKTI.

smart campus classroom

Proses pemberian informasi dari satu departemen ke departemen lain maupun dari satu fakultas ke fakultas lain akan lebih mudah. Kontrol untuk mengecek kahadiran dosen dan pegawai juga terhubung dengan sistem absensi online sehingga terdapat analisa kinerja secara realtime. Selain sebagai penunjang semua kebutuhan yang diperlukan saat proses belajar mengajar namun juga membuat sistem di kampus yang lebih baik dalam akademik dan managemen kampus.

Smart campus tentunya menjadikan kampus menjadikan kampus cerdas sehingga akan meningkatkan kualitas mulai dari pimpinan, dosen, mahasiswa dan pegawai kampus. Proses belajar mengajar yang ditunjang dengan teknologi akan menuntuk mahasiswa lebih mandiri dan memudahkan dalam proses mencari serta menggali materi perkuliahan.

Sudah seharusnya semua perguruan tinggi menerapkan teknologi informasi di semua proses perkuliahan. Dengan sistem informasi kampus yang saling terintegrasi maka pengolahan data menjadi lebih mudah. Selain itu untuk mempermudah maintenance data karena memanfaatkan teknologi cloud dan membantu mengintegrasikan data kampus tanpa biaya yang mahal untuk pembangunan infrastrustur.

Siap Menjadi Smart Campus, Dengan SIAKAD Terintegrasi. Tunggu apalagi, segera hubungi kami di : (031) 8722719 atau bisa lewat email: support@sevima.com. Atau bisa minta demo di: siakadcloud.com

Komentar