Tiga Komponen Penting Dalam Mengelola Perguruan Tinggi

Bagikan ke :      
Diposting oleh | September 6, 2018

SEVIMA.CO.ID – Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi diselenggarakan dengan sistem terbuka.

Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan dapat berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, atau universitas. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi, dan/atau vokasi.

Namun saat ini, semakin banyaknya perguruan tinggi, maka peningkatan pengelolaan perguruan tinggi memegang peranan terpenting untuk dapat menjamin keberlangsungan dan eksisten sebuah perguruan tinggi dan diperhitungkan di Indonesia. Oleh karena itu PT harus menggunakan segala energi dan sumber daya yang ada untuk selalu berusaha melakukan peningkatan pengelolaan organisasinya.

Ada 3 komponen utama dalam mengelola perguruan tinggi menurut Dirjen Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Bapak Djoko Santoso, yaitu:

1. Dosen Maupun Tenaga Kpendidikan

Kampus adalah instansi pendidikan oleh karena itu peran dosen atau tenaga pengajar sangat dibutuhkan

2. Pengelola kampus

Pengelola seperti kepala program studi, dekan hingga rektor; Tentu sebuah kampus membutuhkan pihak pengelola untuk mengembangkan dan mengelola kampus

3. Sistem Informasi Kampus

Dengan adanya sistem yang baik tentu akan membuat kampus lebih maju. Namun sistem yang baik saja tidaklah cukup, sistem harus mampu mengakomodir kebutuhan kampus.

Jika semua komponen ini dikelola dengan baik maka perguruan tinggi dapat mencapai hasil yang maksimal. Pada dasarnya pengelolaan PT adalah proses bagaimana meningkatkan produktivitas dan efisiensi pada proses, konten dan sumber daya yang ada.

Variabel-variabel keputusan dalam pengelolaan PT sebaiknya diturunkan menjadi variabel yang lebih terukur, sehingga akan menjadi lebih mudah dalam proses perbaikan dan mengukur tingkat keberhasilan yang dicapai. Ingin mempunyai sistem informasi yang dapat diandalkan dan mengakomodir kebutuhan kampus, bisa gunakan siakadcloud.com

SEVIMA : Take IT Easy

Komentar