Mengapa Kami Harus Memperkajakan Kamu?

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Oktober 11, 2016
melamar-kerja-sevima

SEVIMA.COM – Rekan-rekan yang sudah lulus dan ingin melamar pekerjaan? Sudah tahu belum apa sih pertanyaan yang biasanya keluar dan “ditakuti” para pelamar pekerjaan? nih Sevima berikan bocoran sedikit, Nah ini dia salah satunya

“Why We Should Hire You?”

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini tentu tidak mudah Rekan, karena selain gugup pasti ada perasaan takut salah bicara kan? Apalagi buat kamu yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Intinya, berikan kesan mendalam pada pewawancara mengapa mereka harus memilih kamu. Kira-kira apa saja ya taktik untuk menjawab pertanyaannya? Yuk kita pahami satu persatu.

Mengaculah  pada deskripsi pekerjaan

Kamu harus tahu deskripsi pekerjaan yang ditawarkan. Nah, dari situ buatlah poin-poin dari kemampuanmu yang paling menonjol yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Ingat satu hal, FOKUS! Fokus pada jawaban menunjukan kita orang yang well prepared.

Fokus pada apa yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan, bukan apa yang bisa mereka lakukan untuk kamu

Beri argumen kuat pada pewawancara bahwa kamu layak dipekerjakan. Berikan paparan mengenai skill yang kamu miliki. Jabarkan secara detail apa saja skillmu yang dapat kamu kontribusikan pada perusahaan. Ingat, jangan hanya menjawab “Menurut saya pekerjaan ini cocok bagi saya, maka dari itu terimalah saya bekerja di sini”.
Pastikan pada mereka bahwa skill yang kamu miliki akan sangat menguntungkan perusahaan. Tunjukkan pada mereka bahwa memperkerjakanmu adalah suatu hal yang menguntungkan.

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Salah satu kesalahan fatal ketika dihadapkan dengan pertanyaan: “Mengapa kita harus mempekerjakan kamu” adalah kita seringkali membandingkan diri dengan pesaing yang lain. Jangan pernah tertipu dengan pertanyaan semacam ini, apalagi masuk dalam jawaban yang mengkomparasikan kemampuan kamu dengan lawan kamu. Faktanya, kamu tidak tahu kelebihan serta kelemahan pesaingmu, maka ini hanya akan membuat kamu menerka-nerka. Kamu juga tidak dapat mengklain bahwa kamu lebih tangkas, cerdas, dan kompeten. Oleh karena itu, cara paling aman adalah dengan memfokuskan diri berbicara tentang semua kelebihan yang kamu miliki.

Hindari bahasa klise

Jangan  mengatakan bahwa kamu harus mendapatkan pekerjaan karena kamu “bekerja keras”,  atau “bekerja dengan baik dalam tim”. Siapapun bisa mengatakan hal-hal ini tentang diri mereka sendiri. Kalaupun mau mengatakan, buktikan! Supaya kamu tidak dianggap membual.

Buktikan jawabanmu

Karena ini adalah pertanyaan yang mengundang kamu untuk mempromosikan diri, maka ada garis tipis antara dianggap sebagai percaya diri atau sombong. Untuk itu, coba berikan bukti nyata dari jawaban-jawabanmu. Misalnya ketika kamu bilang bahwa kamu berbakat dibidang desain, maka kamu harus menunjukkannya dengan portofoliomu di bidang tersebut. Sehingga apa yang kamu katakan bukan hanya sekedar kata-kata manis belaka.

Ikuti struktur yang jelas

Semua jawaban wawancara harus mengikuti struktur yang logis. Respons Kamu terhadap setiap pertanyaan pun seharusnya tidak berbeda. Jangan bertele-tele, paparkan secara jelas dan mudah diingat.Ingat rumus KISS (Keep It Short and Simple)

Mulailah dengan poin-pon seperti “Saya pikir Anda harus mempekerjakan saya karena X, Y dan Z”. Selanjutnya, tunjukkan bukti dari masing-masing poin Kamu. Kemudian jangan lupa untuk lengkapi jawaban kamu di akhir dengan kuat dan percaya diri seperti: ” Secara keseluruhan saya pikir X, Y, dan Z membuat saya sangat cocok untuk saya dan perusahaan Anda”

Nah itu tadi, taktik sederhana untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pewawancara menyukai seseorang yang aktif. Jadi yang perlu diingat adalah dalam mendeskripsikan hal ini tetaplah percaya diri dan termotivasi.  Jangan lupa berdoa karena doa menjadi awal kesuksesanmu dalam mengerjakan hal apapun. Selamat mencoba dan Good Luck Rekan-reakan!

SEVIMA: Take IT Easy

Baca juga:

Komentar