Wujudkan “World Class University” Dengan Cyber Campus

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Agustus 27, 2018

SEVIMA.CO.ID – Teknologi terus dimanfaatkan oleh banyak perguruan tinggi sehingga menjadikan kampus berkualitas yang berbasis teknologi informasi. Perguruan tinggi menerapkan teknologi mulai dari proses penerimaan mahasiswa baru, proses pembayaran uang kuliah sampai pada proses belajar mengajar. Seluruh civitas kampus terintegrasi dengan sistem yang berbasiskan teknologi informasi.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi adalah dengan Cyber Campus. Selain itu Cyber Campus mewujudkan perguruan tinggi dengan gelar world class university.

Cyber memiliki arti dunia maya sehingga Cyber Campus atau Cyber University dapat diartikan sebagai kampus yang menggunakan teknologi informasi dengan perantara dunia maya dalam proses belajar mengajar. Dengan sistem serba online sehingga para mahasiswa tidak harus datang langsung ke kampus. Bayangkan betapa repot jika ribuan mahasiswa harus datang ke kampus untuk melakukan pendaftaran maupun untuk pembayaran uang kuliah. Tentunya membutuhkan pegawai yang sangat banyak dan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga: Mengenal Cyber University, Pendidikan Canggih

Penerapan Cyber Campus dilakukan dengan adanya Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD kampus yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Akses buku panduan yang tersedia di perpustakaan untuk mendukung proses belajar mengajar juga tersaji dalam bentuk digital yang dapat diakses secara online. Semua info mulai dari info beasiswa, nilai mahasiswa setiap semester, jadwal kuliah, dan masih banyak lainnya dengan sangat mudah karena tidak pelu lagi adanya papan pengumuman dan telah tersaji lengkap dalam aplikasi Sistem Informasi Akademik.

cyber cam

Kemudian seluruh materi perkuliahan tersaji lengkap di E-Learning yang dapat diakses oleh mahasiswa yang bersangkutan. Diskusi dan proses tanya jawab dapat langsung disampaikan di E-Learning. Cyber Campus memiliki kecanggihan teknologi untuk proses belajar mengajar di kampus seperti adanya live conference atau menggunakan online di E-Learning antara dosen dan mahasiswa sehingga tidak harus bertatap muka langsung dalam hal dikusi. Pemberian tugas dari dosen dan pengumpulan tugas dari mahasiswa untuk setiap mata kuliah juga dapat diakses dosen dan mahasiswa melalui E-Learning.

Baca Juga: SEVIMA & HarukaEdu Siap Bantu Perguruan Tinggi Buka Kelas “Online”

Cyber Campus dengan akses secara online mahasiswa juga dapat menggali informasi lebih banyak dari berbagai sumber. Pastinya hal tersebut akan berdampak positif untuk meningkatkan proses belajar mahasiswa. Mahasiswa juga dituntut mandiri dalam proses penggalian informasi dan harus sangat aktif dalam mendalami materi yang dipelajari.

Selain itu penerapan Cyber Campus dilakukan mulai dari sistem pembelajaran dimana pemaparan materi dilakukan menggunakan screen projector sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan lebih mudah. Terdapat juga LCD TV yang terpasang di lokasi strategis seperti kantin sehingga sangat membantu mahasiswa mengetahui info kegiatan terkini dari kampus.

Dengan Cyber Campus pemberitahuan informasi kepada seluruh civitas kampus menjadi lebih mudah dan secara realtime. Proses pencatatan absensi baik itu mahasiswa, dosen maupun pegawai kampus dapat dilihat melalui aplikasi yang terintegrasi langsung di perangkat smartphone. Mengurangi para pegawai yang bertugas tentu akan menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh kampus. Proses monitoring setiap bagian di kampus menjadi lebih mudah dengan CCTV yang tepasang hampir disetiap sisi sehingga mudah untuk memantau setiap kegiatan yang mungkin mencurigakan.

Sehingga dengan mengimplementasikan Cyber Campus menjadikan kampus melaksanakan semua aspek kehidupan kampus dengan teknologi informasi. Pastinya memberikan kenyamanan pada seluruh civitas kampus. Maka Cyber Campus merupakan teknologi yang sangat tepat untuk terus dikembangkan dalam hal pendidikan terutama untuk perguruan tinggi.

Teknologi Cyber Campus membuat sistem yang dijalankan di kampus menjadi lebih cepat, lebih mudah dan mengurangi terjadi kesalahan seperti yang dilakukan oleh manusia. Hanya dengan adanya koneksi internet semua sistem terhubung dalam satu aplikasi. Namun banyak hal yang perlu dipersiapan dan dikelola dengan baik untuk menerapkan Cyber Campus sehingga teknologi tersebut menjadi lebih efisien dan lebih efektif.

SEVIMA memiliki semua sistem dengan teknologi informasi untuk mewujudkan kampus anda menjadi Cyber Campus. Sehingga pendidikan menjadi lebih maju dengan pelayanan optimal yang diberikan oleh SEVIMA. Terdapat SEVIMA SIAKAD CLOUD dengan  teknologi cloud maka biaya yang harus dikeluarkan oleh kampus untuk menerapkan teknologi juga dapat berkurang dan diminimalisir.

SEVIMA sebagai konsultan IT dapat membantu perguruan tinggi menuju Cyber Campus. Tunggu apalagi, segera hubungi kami di : (031) 8722719 atau bisa lewat email: support@sevima.com

SEVIMA : Take IT Easy

Komentar