Yuk Mengenal FinTech, Inovasi Pengembangan Keuangan Digital

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Februari 6, 2018

SEVIMA.COM –  Anda pasti sudah pernah mendengar kata ‘Fintech’. Entah itu dari artikel, youtube ataupun dari interaksi dalam kehidupan sehari-hari, kata Fintech ini sudah menjamur di mana-mana. Fintech merupakan inovasi sistem keungan di era digital, jika zaman dulu orang harus bertransaksi secara langsung bertemu yang tentunya memakan waktu dan tenaga, saat ini, semuanya hampir bisa dilakukan dengan tangan dan gadget kamu seperti halnya mengecek bunga depsito, bertransaksi secara online, transfer dengan aplikasi mobile banking dan lain sebagainya.

Apa itu FinTech?

Fintech berasal dari istilah financial technology atau teknologi finansial. Menurut The National Digital Research Centre (NDRC), fintech merupakan suatu inovasi pada sektor finansial. Tentunya, inovasi finansial ini mendapat sentuhan teknologi modern. Keberadaan fintech diharapkan dapat mendatangkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis dan aman. Proses transaksi keuangan ini meliputi proses pembayaran, proses peminjaman uang, transfer, ataupun jual beli saham.

Perkembangan FinTech

Fintech memanfaatkan teknologi internet dan software yang terkini. Proses bisnis yang dapat diselesaikan dengan fintech meliputi pembayaran, investasi, pembiayaan, asuransi, lintas-proses dan infrastruktur.

Dari konsep ini, kemudian muncullah startup yang bergerak di bidang fintech. Di berbagai negara, startup fintech tengah menjadi tren terkini. Di Indonesia sendiri, startup fintech juga sudah mulai banyak bermunculan dan diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2016 ini. Startup-startup fintech di Indonesia tersebut, misalnya CekAja, UangTeman, Pinjam, CekPremi, Bareksa, Kejora, Doku, Veritrans, Kartuku, adalah beberapa di antaranya. Bahkan, seiring dengan perkembangan startup-startup fintech di Indonesia, September 2015 lalu telah diluncurkan pendirian asosiasi perusahaan teknologi finansial bernama FinTech Indonesia.

Layanan yang diberikan oleh startup fintech pastinya berkaitan dengan finansial. Namun, setiap startup fintech memiliki fokus yang berbeda-beda. Ada startup yang fokus terhadap bisnis mikro, dengan menyediakan penjualan pulsa, pembayaran tagihan, dan layanan keuangan. Kemudian ada juga startup yang fokus menyediakan payment gateway untuk memudahkan berbagai macam urusan pembayaran. Ada juga startup fintech yang fokus menyediakan produk finansial, seperti kartu kredit, asuransi, dan investasi.

Manfaat FinTech

Finacial technology diharapkan dapat menciptakan suatu proses transaksi keuangan yang lebih praktis, aman dan juga modern. Berikut maanfaat umum FinTech:

– Kemudahan pelayanan finansial

Berkat kehadiran Fintech, proses transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Nasabah juga mendapatkan pelayanan finansial meliputi proses pembayaran, pinjaman uang, transfer, ataupun jual beli saham dengan cara mudah dan aman. Nasabah bisa mengakses pelayanan finansial melalui teknologi seperti ponsel pintar maupun laptop. Sehingga tidak perlu datang langsung ke bank untuk mendapatkan pinjaman demi memenuhi berbagai kebutuhan.

Kehadiran teknologi dalam urusan finasial seperti ini jelas membantu masyarakat dalam memaksimalkan layanan finansial. Masyarakat yang memerlukan produk finansial tertentu, cukup mengajukan melalui online. Kemudahan pelayanan finansial ini tercermin dari proses kerja yang tergolong cepat serta minimnya kebutuhan dokumen untuk mendapatkan produk finansial terkait.

– Melengkapi rantai transaksi keuangan

Efek Fintech bagi perekonomian Indonesia salah satunya adalah melengkapi rantai transaksi keuangan.Faktor kelahiran Fintech ini pun karena ada tuntunan zaman dan pasar ekonomi. Melalui Fintech segala transaksi keuangan seperti proses pembayaran, pembiayaan,  jual beli dan transfer semakin praktis dan aman. Pun, semuanya bisa diakses hanya melalui smartphone atau tablet. Peranan Fintech bukan sebagai pengganti bagi bank konvensional, melainkan sebagai pelengkap rantai transaksi keuangan.

Hadirnya Fintech memperkuat ekosistem keuangan di Indonesia karena bisa meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk-produk finansial. Hal ini menjadi kesempatan emas dalam menjangkau masyarakat yang selama ini belum terjangkau oleh berbagai layanan keuangan.

FinTech untuk Perguruan Tinggi

Hadirnya layanan financial technology (fintech) ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mendukung pembayaran diperkuliahan, dengan memanfaatkan FinTech jenis Payment Gateway, SEVIMAPay adalah aplikasi payment gateway yang membantu memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran tagihan kuliah, dan sudah diterapkan diberbagi kampus di Indonesia.

Yuk, kenali SEVIMAPay melalui video penjelasan singkat tentang SEVIMAPay:

Bagaimana, apakah kampus anda siap naik level mengikuti perkembangan teknologi yang pesat ini? saatnya kampus anda menggunkan pembayaran online. Ingin tahu beberapa manfaat SEVIMAPay, cek disini: sevimapay.com

SEVIMA : Take IT Easy

Komentar