Update Terbaru
Lihat semua
Dunia Akademik | Dunia Kampus | e-learning
Yuk Cari Tahu! Inilah 5 Manfaat Mengajar Menggunakan LMS

SEVIMA.COM – Melakukan kegiatan belajar mengajar di tengah hantaman pandemi Covid-19 memang tantangan tersendiri bagi para civitas akademika. Namun, pandemi bukanlah menjadi akhir dari segalanya. Adanya teknologi yang semakin berkembang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan seperti ini. 

Kisah Sukses
Lihat semua
Dunia Kampus
Lihat semua artikel
...
Dunia Akademik | Dunia Kampus | e-learning
Yuk Cari Tahu! Inilah 5 Manfaat Mengajar Menggunakan LMS

SEVIMA.COM – Melakukan kegiatan belajar mengajar di tengah hantaman pandemi Covid-19 memang tantangan tersendiri bagi para civitas akademika. Namun, pandemi bukanlah menjadi akhir dari segalanya. Adanya teknologi yang semakin berkembang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan seperti ini. 

...
Dunia Kampus | Kampus Merdeka | kemendikbud
Perguruan Tinggi Bisa Bikin Pelatihan di SEVIMA EdLink Untuk Program KMMI

SEVIMA.COM – Mendikbud-Ristek meluncurkan program KMMI (Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia). Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) adalah sebuah program guna mendukung kampus merdeka, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, sebagai upaya untuk mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas.

...
Dunia Akademik | Dunia Kampus | siAkad Cloud | Tips & Trik
Surat Perpanjangan Keputusan Akreditasi BAN-PT, Apakah Bisa Diterbitkan?

SEVIMA.COM – Saat ini, perguruan tinggi di Indonesia sedang mengupayakan untuk merealisasikan program Kampus Merdeka. Nah, pada program Kampus Merdeka ini, proses re-akreditasi menjadi salah satu program yang dilakukan secara otomatis dan sukarela dalam program ini. 

...
Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa | SEVIMAPay
Asyik! Kini Bayar Kuliah/UKT Bisa Pakai LinkAja

SEVIMA.COM – Siapa yang tidak kenal dengan LinkAja, Dompet digital dari BUMN yang saat ini banyak digunakan untuk melakukan pembayaran cashless. Kini juga sudah bisa digunakan untuk pembayaran uang kuliah atau SPP di perguruan tinggi.

Event Terbaru
Lihat semua event
Semua Berita
Lihat semua berita
...
Dunia Kampus | e-learning | Featured
NEWS: Pembelajaran di Perguruan Tinggi Masih Harus Dilakukan Daring

SEVIMA.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menetapkan Tahun Akademik 2020/2021 di perguruan tinggi tetap dimulai pada Agustus 2020. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi ini tetap dilaksanakan secara daring. “Tahun akademik tetap dimulai bulan Agustus 2020, tetapi pembelajaran di perguruan tinggi di semua zona masih dilakukan secara daring,” katanya saat menyampaikan keterangan pers tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran dan Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19 secara langsung melalui virtual di Youtube Kemendikbud RI, Senin (15/6). Nadiem beralasan bahwa kampus memiliki potensi mengadopsi belajar jarak jauh lebih mudah ketimbang pendidikan menengah dan pendidikan dasar. “Saat ini semua perguruan tinggi masih melakukan secara online sampai ke depannya mungkin kebijakan berubah,” lanjutnya. Menteri yang masih berusia 35 tahun itu menegaskan bahwa aktivitas prioritas yang berhubungan dengan kelulusan dan sulit dilakukan secara daring masih diperbolehkan untuk dilakukan secara tatap muka. Nadiem mencontohkan penelitian laboratorium, praktikum, studio, bengkel, yang semua hal tersebut membutuhkan mesin dan peralatan masing-masing. Baca juga: Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran & Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19 “Kalau ini aktivitas prioritas yang berdampak pada kelulusan mahasiswa, masing-masing pemimpin perguruan tinggi diperbolehkan untuk mengizinkan aktivitas mahasiswa datang ke kampus hanya untuk aktivitas prioritas itu yang berhubungan dengan kelulusannya,” ujarnya. Alumnus Universitas Brown dan Universitas Harvard itu beralasan, tidak ingin mengorbankan potensi mahasiswa untuk segera lulus pada saat ini karena akan menciptakan beragam masalah lainnya. Sementara pembelajaran masih dilakukan secara daring. “Masih tidak diperkenankan untuk melakukan kuliah tatap muka. Tidak diperkenankan berbondong-bondong untuk mahasiswa masuk ke dalam kampus, cuman buat individual project mereka yang khusus prioritas untuk kelulusannya,” jelasnya. Baca juga: Sambut New Normal, Ini 5 Perlengkapan Wajib di Perguruan Tinggi Kebolehan mahasiswa datang ke kampus untuk menyelesaikan studinya itu juga tentu saja harus dilakukan dengan memenuhi standar protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. “Adapun jika terdapat mata kuliah yang tidak dapat dilaksanakan secara daring maka diletakkan di bagian akhir semester,” pungkasnya. Berikut video cuplikanya:

...
Event | Event SEVIMA
WEBINAR: Langkah Tepat Menyiasati Praktikum Prodi Kesehatan di Masa Pandemi

SEVIMA.COM – Kegiatan praktikum pada Program Studi (Prodi) Kesehatan seringkali tidak maksimal ketika dilaksanakan dengan metode Online Learning atau E-Learning. Terlebih dari webinar yang diadakan SEVIMA sebelumnya tentang memenuhi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) melalui online learning, banyak yang menanyakan strategi agar kegiatan praktikum di Perguruan Tinggi dengan Prodi Kesehatan dapat berjalan maksimal. Untuk menjawab kegelisahan Prodi Kesehatan dalam melakukan Praktikum di masa Pandemi ini, kami akan menyelenggarakan WEBINAR dengan pembahasan khusus terkait “Langkah Tepat Menyiasati Praktikum Prodi Kesehatan di Masa Pandemi” dengan mendatangkan beberapa narasumber yang telah berpengalaman dan kompeten. Webinar ini akan dilaksanakan pada: Hari: Selasa, tanggal 15 Desember 2020 Waktu: 13.00 WIB Melalui: aplikasi Zoom Meeting Untuk itu, kami mengundang Anda dalam Webinar dan Panel Diskusi ini. Webinar ini FREE namun kursi terbatas hanya 80 peserta saja dan dapatkan berbagai macam benefit seperti strategi menyiasati Praktikum pada Prodi Kesehatan pada E-Learning, dan tentunya dapat sertifikat juga. Yuk daftarkan diri Anda sekarang: https://bit.ly/webinar-prodikesehatan

...
Dunia Kampus | Teknologi | Tips & Trik
Cara Meningkatkan Hingga 50% Jumlah Mahasiswa dengan Digital Marketing Kampus

SEVIMA.COM – Apakah saat ini kampus anda sedang bersaing untuk mendapatkan mahasiswa? jika iya, sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat, yang akan memberikan solusi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa pendaftar dengan teknik digital marketing perguruan tinggi.

...
Dunia Kampus | Kunjungan Kampus
60 Mahasiswa STTQ Gresik Belajar “Mengembangkan Budaya Profesional Berbasis IT” di SEVIMA

SEVIMA.CO.ID – Surabaya, Sebanyak 60 Mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik pada Selasa, 15 Mei 2018 melakukan kunjungan industri ke SEVIMA Surabaya. Kunjungan ini dalam rangka mempelajari bagaimana “Manajemen proyek IT dan Mengembangkan Budaya Profesional berbasis  IT” di perusahaan SEVIMA. Acara kunjungan ini dimulai dengan berkeliling SEVIMA Office yang disambut oleh tim SEVIMA. Di beberapa ruangan, mahasiswa Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik ini mendapat beberapa knowledge langsung dari masing-masing Project Manager tentang manajemen projek IT yang telah dilakukan oleh Tim SEVIMA. Setelah puas berkeliling SEVIMA Office, dilanjutkan dengan penyampaian materi dari beberapa pemateri yang telah disiapkan SEVIMA. Materi pertama dimulai dengan presentasi company profile dari Bapak Sugianto Halim (CEO & System Analyst) SEVIMA. Kemudian dilanjut dengan materi dari Azmi Yoga (PIC & Project Manager SEVIMA GoFeeder). Azmi Yoga sendiri menyampaikan tentang “Scrum” yaitu sebuah metode dalam manajemen proyek untuk industri IT, Azmi Yoga membuka materi tentang Scrum ini dengan santai dan penuh humor, Azmi Zoga menyampaikan materi yang cukup berat ini dengan menyenangkan sehingga teman-teman mahasiswa dapat menangkap materi dengan mudah. Bukan hanya menjelaskan materi, bapak Azmi Yoga juga meyuruh para mahasiswa mempraktikan secara langsung metode yang telah di sampaikan, agar nantinya pemahaman para mahasiswa bisa langsung diterapkan. Dan acara kunjungan ini di tutup dengan pemberian cindra mata dari kedua pihak,  bukan hanya cindra mata, teman-tema STT Qomarudin Gresik juga membawa makan khas asli gresik untuk diberika  kepada SEVIMA. Dan dilanjutkan dengan foto bersama untuk mendokumentasikan acara ini. Terakhir, SEVIMA mengucapkan terimakasih atas kunjungannya teman-teman Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik, semoga apa yang disampaikan bermanfaat. Sampai jumpa di lain kesempatan! SEVIMA : Take IT Easy

...
Success story
siAkad Cloud Berhasil Mencuri Perhatian Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dalam Lelang Terbatas Virtual

SEVIMA.COM – Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan di Tasikmalaya atau yang biasa disingkat dengan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya merupakan salah satu institusi pendidikan tenaga profesional khususnya di bidang kesehatan. 

...
Dunia Kampus
Rektor UNNAR Kunjungi Kantor SEVIMA Bahas Kerjasama Beasiswa & Magang

SEVIMA.CO.ID – Surabaya, Rektor Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya Bapak Dr. Arasy Alimudin, SE, MM. mengunjungi kantor SEVIMA Di Medokan Asri Tengah Surabaya, Jumat (1/11). Kunjungan dilakukan untuk bahas Kerjasama antara kedua instansi yaitu lebih membuka peluang baru di bidang pemberian beasiswa, magang dan sertifikasi profesional. Kunjungan ini disambut baik oleh CEO SEVIMA Bapak Sugianto Halim S.Kom., M.MT, karena pembahasan kerjasama ini sesuai dengan misi SEVIMA, yaitu Mendukung Terlaksananya Good Governance di Dunia Pendidikan. SEVIMA: Take IT Easy

Liputan Media