support@sevima.com

 +62 31 8722719


Teknologi 

Taukah anda cara kerja TV 3 Dimensi ?

 

adminweb

 

30 Januari 2013

SEVIMA.COM – Secara bertahap berkembang selama bertahun-tahun hingga saat ini. Model terbaru menawarkan kualitas gambar yang jauh lebih baik daripada generasi-generasi sebelumnya. Salah satu perbaikan dan peningkatan penting adalah dalam meminimalkan tampilan gambar ganda (crosstalk) tanpa mengorbankan ketajaman konten 3D. Akan tetapi apa sebenarnya TV 3D itu? dan apa bedanya dengan TV biasa? Sebelum kita memahami bagaimana sistem kerja dari sebuah TV 3D, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dasar dari TV 3D itu sendiri.

Sederhananya TV 3D adalah perangkat televisi yang menampilkan teknik presentasi 3D seperti pengamatan stereoskopis, tangkapan multi-view atau sistem ”2D plus-Depth” , dengan layar 3D – perangkat penglihatan khusus untuk memproyeksikan program televisi menjadi bentuk tiga dimensi yang terlihat seperti nyata. Tampilan 3D memungkinkan kita melihat gambar 3D dari sebuah video atau gambar. TV 3D bekerja pada prinsip dasar stereoskopi, yang menampilkan bagaimana kita dapat memahami ketajaman atau kedalaman video atau gambar dengan kedua mata kita dari setiap sudut yang berbeda. Dalam hal ini kita dapat melihat gambar pada TV 3D dari dua perspektif yang berbeda dan dari objek yang sama yang diproyeksikan untuk setiap mata kita dalam mereproduksi efek kedalaman atau ketajaman 3D.

Kebanyakan dari TV 3D yang telah beredar di pasaran mengharuskan kita untuk  menggunakan kacamata khusus untuk menikmati visual 3D. Kacamata khusus 3D ini dapat berupa aktif atau pasif, tetapi bekerja bersama-sama dengan layar TV untuk memberikan gambar yang berbeda bagi kedua mata kita agar dapat menciptakan kedalaman ilusi. Di sisi lain, telah dilengkapi juga dengan panel autostereoscopic. Ada juga yang dapat dilihat tanpa kacamata 3D yang biasanya disebut glasses-free 3D TVs.

Dibawah ini akan di uraikan tiga teknologi utama tampilan yang digunakan pada TV 3D

Teknologi 3D Aktif

Teknologi ini adalah teknologi 3D yang lazim digunakan dimana menggunakan shutter glasses sporting LCD lenses dan penerima sinyal nirkabel yang telah built-in. Ketika “power” dihidupkan, lensa shutter on dan off maka akan bergantian untuk gambar mata kiri dan kanan. Urutan waktu di atur oleh sebuah infra merah, radio-frekuensi (RF) atau Bluetooth transmitter yang terintegrasi di dalam panel.

Keuntungan utamanya adalah kemampuan untuk menjaga resolusi penuh yang asli terhadap konten 3D hingga 1080p. Kacamata shuttering juga dapat menyebabkan kelelahan mata dan pusing untuk beberapa pengguna, meskipun Kacamata khusus ini terus berkembang teknologinya namun kecepatan tinggi dari lensa LCD dapat menyebabkan mata jarang berkedip.

Teknologi 3D Pasif

3D pasif dapat mencapai efek yang serupa dengan suatu proses “penyaringan”, yang banyak digunakan dalam film-film di bioskop. Gambar awal anaglyph 3D dapat dilihat melalui kacamata sederhana red-and-cyan. Teknologi 3D pasif menawarkan keterbatasan warna dan resolusi.

Teknologi Film Patterned Retarder (FPR) dikembangkan oleh LG untuk mengatasi beberapa kekurangan dari anaglyph dan 3D aktif. FPR menggunakan filter polarisasi yang terjadi pada kacamata 3D dan layar LCD untuk secara efektif membagi antara gambar kiri dan kanan ke dalam jalinan ke dalam jalinan garis-garis layar ganjil dan genap untuk menampilkan 3D.

Teknologi Tanpa Kacamata

Panel autostereoscopic ini telah tersedia untuk aplikasi komersial selama bertahun-tahun hingga sekarang dan secara luas dapat dikategorikan ke dalam jenis parallax barrier serta berbagai desain lenticular. Kedua versi menawarkan resolusi terbatas dan harus dilihat dari titik atau sudut pandang yang baik agar menghasilkan kualitas gambar 3D yang optimal.

Thosiba telah meluncurkan teknologi kacamata baru bebas panel yang memiliki visual hingga 3D 1080p dengan sudut pandang yang luas. Teknologi ini dicapai dengan menampilkan sembilan gambar paralaks yang dihasilkan oleh prosesor sel yang kuat pada sebuah panel ultra-high resolution 4K.

sumber (http://portal.paseban.com)

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami