Saintek

Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information)

Siapa yang suka hitung-hitungan tapi juga mempelajari teknologi? Ada jurusan yang pas buat kamu yaitu Sistem Informasi Akuntansi. Dalam prodi ini kamu akan mendapatkan dua ilmu sekaligus, Sistem Informasi dan Akuntansi (Accounting Information). 

Pastinya kedua bidang ilmu yang kamu dapatkan di prodi ini akan sangat bermanfaat di dunia kerja saat ini. Tak jarang perusahaan atau organisasi mencari orang-orang yang ahli di bidang IT untuk mengembangkan program-program yang dapat membantu proses pekerjaan, terutama untuk mengatur keuangannya.

Penasaran gak, seperti apa sih jurusan ini, apa saja yang dipelajari, bagaimana prospek kerja setelah lulus dan dimana kampus yang menyediakan jurusan ini di Indonesia? Yuk simak semuanya disini.

Apa Itu Jurusan Accounting Information?

Jurusan Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang sistem untuk mengumpulkan, menyimpan, maupun mengolah data-data yang berkaitan dengan akuntansi atau keuangan. Jurusan ini menggabungkan dua buah bidang ilmu yaitu Sistem Informasi dan Akuntansi.

Seperti dengan nama programnya, jurusan ini menggunakan teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam bidang akuntansi. Seperti yang diketahui, dalam dunia akuntansi, ada banyak sekali data atau laporan keuangan yang sangat penting artinya. Data-data dan laporan akuntansi ini merupakan data yang sangat rawan karena dijadikan sebagai salah satu pengambil keputusan.

Prodi ini memanfaatkan sistem informasi di bidang akuntansi tentu dapat membantu para akuntan dalam menyiapkan laporan keuangan yang valid dan kredibel. Selain itu, dengan bantuan teknologi informasi, akuntan juga tidak khawatir melakukan kesalahan dan tenang dalam menyimpan data-datanya tersebut.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Accounting Information

Di jurusan Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information) kamu akan menemui kombinasi mata kuliah yang berasal dari sistem informasi dan akuntansi. Namun, umumnya dalam kurikulum yang dibentuk, mata kuliah sistem informasi memegang porsi lebih banyak dibanding mata kuliah akuntansinya. 

Berikut ini adalah deretan mata kuliah yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan ini.

  1. Programming
  2. Database System
  3. User Experience
  4. Service Information System
  5. Information System Concept
  6. Financial Accounting
  7. Accounting Information System Development
  8. Cost Accounting
  9. Financial Management
  10. Accounting Information Systems Analysis and Design

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Accounting Information

Prospek kerja lulusan jurusan ini sangat besar dengan peluang kerja yang tersebar sangat luas. Lulusannya sedang sangat dibutuhkan mengingat saat ini hampir semua sistem menggunakan teknologi informasi, tak terkecuali di bidang akuntansi. Berikut ini prospek kerjanya:

  • Akuntan
  • Data Scientist
  • Konsultan IT
  • Staff IT Perusahaan
  • Sistem Informasi Bisnis
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Sistem Informasi (Manajemen Informatika)
  • Computerized Accounting

Kampus dengan Jurusan Accounting Information

Hingga saat ini, belum banyak universitas yang memiliki jurusan ini. Tercatat hanya ada dua universitas yang memiliki jurusan Sistem Informasi Akuntansi dengan nilai akreditasi yang baik. Berikut daftarnya:

  1. Binus University
  2. Universitas Indonesia

 


Jurusan Terkait