Saintek

Jurusan Matematika

Jurusan Matematika? Aduh, pusing banget pasti ya. Udah gitu, ujung-ujungnya juga bakalan jadi guru atau dosen aja. Eits, omongan itu gak sepenuhnya benar ya, gengs.

Yuk scroll ke bawah untuk kenalan lebih lanjut dengan Jurusan Matematika ini.

Apa Itu Jurusan Matematika?

Jurusan Ilmu Matematika adalah jurusan yang mempelajari teori matematika secara mendalam, seperti geometri, statistika, aljabar, kalkulus, komputasi, analisis matematika dan lain sebagainya.

Selain itu, mahasiswa Jurusan Matematika juga punya peluang untuk mempelajari hal-hal lain seperti statistika, aktuaria, riset operasi, komputasi dan lain sebagainya.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Matematika

Kebayang gak nih, kira-kira apa aja yang dipelajari di Jurusan Matematika? Ya, bener. Emang gak akan jauh dari yang namanya hitung-hitungan. Jadi apa aja sih mata kuliah yang akan kamu temui jika berkuliah di Jurusan Matematika?

  • Kalkulus
  • Pengantar Matematika
  • Geometri Analitik
  • Struktur Aljabar
  • Matematika Diskrit
  • Pemodelan Matematika
  • Program Linier
  • Persamaan Diferensial Biasa
  • Metode Numerik
  • Fungsi Kompleks
  • Dan lain sebagainya

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Matematika

Bener gak sih kalau lulusan Jurusan Matematika hanya bisa jadi guru atau dosen aja? Tentu gak bener ya, gengs. Nyatanya, prospek kerja untuk lulusan Jurusan Matematika juga lumayan besar kok. Apa aja?

  1. Ahli statistik
  2. Analis riset pasar
  3. Aktuaris
  4. Data scientist
  5. Guru
  6. Dosen
  7. Dan lain sebagainya

Kampus dengan Jurusan Matematika

Penasaran gak sama kampus mana aja yang menyediakan Jurusan Matematika? coba cek di bawah ya!

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Padjadjaran
  8. BINUS University
  9. Universitas Sanata Dharma
  10. Universitas Pendidikan Indonesia
  11. UIN Sunan Kalijaga
  12. Dan lain sebagainya


×