Regulasi Pendidikan Tinggi

Apa Itu Akreditasi LAMDIK? Instrumen, Prosedur dan Contoh Borangnya

SEVIMA.COM – Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan atau biasa disebut sebagai LAMDIK merupakan sebuah lembaga akreditasi yang bertugas melakukan proses akreditasi di bidang kependidikan. Seluruh akreditasi terkait program studi kependidikan akan diolah dan diamati melalui akreditasi ini. 

Dulunya, proses akreditasi dilakukan dengan satu pintu, yaitu melalui BAN-PT. Namun seiring berjalannya waktu, berdasarkan PermenRistekDikti No. 32/2016 proses akreditasi dilakukan melalui lembaga akreditasi mandiri salah satunya yaitu LAMDIK.  Proses akreditasi ini bertujuan untuk menjamin mutu sebuah program studi kependidikan untuk terus upgrade dan memajukan pendidikan di Indonesia. 

Nah, penasaran dengan penjelasan terkait akreditasi kependidikan di sebuah program studi? Berikut adalah paparan terkait akreditasi tersebut. 

Bagaimana Alur Akreditasi LAMDIK?

Gambar 1. Alur LAMDIK

Setiap proses pelaksanaan akreditasi pasti membutuhkan alur yang jelas saat proses pelaksanaan. Alur ini sangat penting untuk menjelaskan bagaimana mekanisme pelaksanaan akreditasi khususnya LAMDIK ini. 

Untuk alur akreditasi pada Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan  (LAMDIK) bisa dilihat pada alur berikut ini:

  1. Prodi mengirim dokumen pendaftaran sesuai template yang telah disediakan ke alamat email: akreditasi@lamdik.or.id (dilakukan hanya sekali).
  2. LAMDIK membuatkan akun prodi dan mengirimkannya ke email prodi
  3. Prodi melakukan aktivasi akun 
  4. Prodi dapat melakukan login pada Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMALAMDIK) 
  5. Prodi melakukan usulan akreditasi 
  6. Prodi melakukan unggah dokumen usulan prodi 
  7. Prodi memantau proses usulan akreditasi melalui akun prodi 
  8. Selama proses akreditasi, prodi akan mendapatkan notifikasi tiap proses menggunakan alamat email: noreply@lamdik.or.id d

Apa Saja Tahapan Akreditasi LAMDIK?

Gambar 2. Skema tahapan akreditasi

Pada tahapan akreditasi ini, ada beberapa tahapan yang bisa dilihat sesuai dengan skema pada gambar 2. Dijelaskan pada gambar tersebut, setiap perguruan tinggi akan mendapatkan peringatan atau surat cinta dari BAN-PT kurang dari 12 bulan sebelum masa akreditasi tersebut berakhir. 

Setelah itu, setiap program studi wajib melakukan proses registrasi online. Dengan cara melakukan unggah bukti pembayaran tahap dan bukti potong pajak. 

Pada tahapan selanjutnya, perguruan tinggi melakukan unggah Laporan Evaluasi Diri (LED)  dan lampiran 6 bulan sebelum akreditasi tersebut berakhir. Pada proses pengunggahan dokumen UPPS/PS dibutuhkan:

  1. Surat pengantar dan pimpinan institusi
  2. Surat pernyataan kebenaran data
  3. Dokumen LED
  4. File data  kuantitatif sesuai template yang sudah tersedia
  5. SK izin penyelenggaraan prodi
  6. Lampiran 

Setelah proses pengunggahan tersebut selesai, setiap program studi bisa menyiapkan asesmen kecukupan (AK) dalam waktu 5 bulan sebelum masa berlaku habis. Nah, proses asesmen ini kemudian akan dilakukan jika program studi telah melakukan pembayaran pada tahap II. 

Jika proses AK telah terpenuhi, pihak program studi bisa melanjutkan ke tahap validasi AK. Setelahnya bisa program studi bisa mengikuti asesmen lapangan setelah proses pembayaran tahap III. 

Dua minggu setelahnya akan dilakukan validasi AL dan kemudian dilanjut dengan proses pemantauan pada majelis. Nah, baru setelah itu SK akan diterbitkan dan kemudian dilakukan banding. Jika dirasa sudah memenuhi seluruh kriteria, kemudian sertifikat akreditasi akan dikeluarkan. 

Alur ini kemudian harus dipersiapkan untuk mensukseskan proses akreditasi di program studi kependidikan. Sehingga peningkatan akreditasi bisa berjalan dengan lancar. 

Apa Kriteria Pelaksanaan Akreditasi LAMDIK?

Menurut kriterianya, ada beberapa kriteria yang diambil saat proses penilaian antara lain:

No. Kriteria Aspek dan Bobot
1 Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Manajemen (7,5 %)
2 Tata pamong, tata kelola, dan kerja sama
3 Mahasiswa  Input (15,5%)
4 Sumber daya manusia
5 Keuangan, sarana, dan prasarana
6 Pendidikan  Proses (29%)
7 Penelitian 
8 Pengabdian Kepada Masyarakat
9 Keluaran dan capaian Tridharma Output (33%)

 

Kemudian kriteria tersebut akan menjadi satu kesatuan dalam proporsi bobot penilaian dalam sebuah akreditasi kependidikan. Adapun proporsi yang digunakan antara lain:

Proporsi Bobot Penilaian 

A. Profil UPPS 10%

B. Kriteria

  1. Kepemimpinan dan tata kelola (B1,B2) 7.5%
  2. Mutu input (B3,B4,B5) 15.5%
  3. Mutu Proses (B6,B7,B8) 29.0%
  4. Mutu dan produktivitas luaran (output) (B9) 33.0%

C. Analisis Permasalahan 5%

Status Akreditasi yang Ada Pada LAMDIK

Jika semua proses tersebut bisa terpenuhi dengan baik, kemudian akan tercetus status dan peringkat akreditasi seperti berikut ini:

Status Akreditasi Peringkat Akreditasi Nilai
Terakreditasi Unggul NA ≥ 361
Baik Sekali 301≤ NA< 361
Baik 200 ≤NA < 301 
Tidak Terakreditasi NA < 200

Contoh Borang yang Digunakan untuk LAMDIK

Berikut adalah contoh borang yang digunakan untuk proses pengisian data pada LAMDIK: 

Gambar 3. Contoh Borang Data Kuantitatif pada LAMDIK

Perlu diperhatikan juga dalam mengisi file excel data kuantitaif, ada beberapa hal yang harus diketahui: 

  1. Yang diisi hanya yang berwarna KUNING 
  2. Cell yang berwarna grey, tidak perlu diisi karena terisi secara otomatis. 
  3. TIDAK BOLEH menambah kolom baru. 
  4. Jika jumlah baris tidak mencukupi, dapat copy paste dari baris diatasnya. 
  5. Kolom yang bersifat checklist, gunakan pilihan yang ada.

Ada juga contoh borang penilaian pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh program studi saat proses akreditasi melalui LAMDIK. Nah, berikut adalah contoh dari borang tersebut.

Gambar 4. Contoh Borang Panduan Pengamatan Mengajar

Itulah pembahasan terkait Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Harapannya, dengan adanya pembahasan di atas bisa memudahkan para civitas akademik melakukan proses akreditasi dengan maksimal. 

Nah, agar proses pengolahan data dalam akreditasi lebih maksimal. Anda bisa menggunakan SEVIMA Platform yang sudah didukung dengan proses kemudahan akreditasi di berbagai program studi dan juga universitas. Salah satunya adalah mendukung proses akreditasi LAMDIK. Bagaimana sudah siap akreditasi LAMDIK?

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar