34 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses DIgitalisasi Pendidikan Tinggi di Kalimantan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 27 Dec 2023

Apa Itu EMIS? Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Bagi Perguruan Tinggi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pelaporan data sangatlah penting untuk memonitoring data yang akurat di setiap institusi, seperti pelaporan data perguruan tinggi ke Kemendikbudristek yaitu dengan pelaporan ke PDDIKTI, kalau sekolah ke Dapodik, nah untuk perguruan tinggi dan madrasah dibawah naungan Kemenag juga ada peloapranya sendiri yaitu pelaporan ke EMIS.

Apa itu EMIS? apa tujuan dan manfaatnya bagi perguruan tinggi? Artikel ini akan membahas lebih detail.

Apa Itu EMIS?

EMIS adalah kepanjangan dari Education Management Information System yaitu sistem pengelolaan data yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam untuk mendukung kebutuhan perencanaan dan pengambilan kebijakan di bidang Pendidikan Islam. EMIS dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan jajaran Ditjen Pendidikan Islam dan stakeholder lainnya akan tersedianya data pendidikan Islam yang lengkap, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apa Fungsi EMIS?

Aplikasi EMIS dirancang untuk mengatur data dan informasi skala besar untuk dapat dibaca, dikelola, dianalisis, dan disajikan untuk kebutuhan pengambilan keputusan. Data-data EMIS berfungsi sebagai bahan pertimbangan Kementrian Agama untuk mengambil keputusan, menyusun aturan baru, hingga membuat layanan yang dibutuhkan. 

Maka pelaporan EMIS menjadi bagian penting untuk menciptakan sistem pengelolaan data yang maksimal. Pembaharuan setiap semester ini juga  mempermudah analisis informasi terbaru terkait pendidikan Islam di Indonesia.

Pentingya Data EMIS bagi Perguruan Tinggi

Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menekankan pentingnya pendataan yang akurat di aplikasi EMIS khususnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Data yang akurat dan valid ini akan mempermudah membangun budaya digital yang semakin membaik. 

Pelaporan data yang tidak lengkap melalui EMIS dapat menyebabkan dampak lembang dipandang menjadi sebuah lembaga yang tidak memiliki proses pendidikan yang baik. Maka dari sini pentingnya pengintgrasian semua Perguruan Tinggi Keagamaan untuk bergabung dengan EMIS. 

Kapan Periode Pelaporan EMIS?

Perguruan tinggi yang berada di bawah Kemenag wajib melaporkan data pendidikan melalui EMIS. Pelaporan EMIS dibuka untuk semester ganjil adalah Oktober-Desember dan untuk semester genap adalah Mei-Juni.

Hadirnya EMIS 4.0 sebagai Manajemen Pendidikan Terkini

EMIS 4.0 adalah aplikasi dengan konsep yang menggabungkan teknologi informasi terkini dengan manajemen pendidikan. Dalam EMIS 4.0 yang terbaru, data terkait layanan pendidikan seperti institusi pendidikan Islam tinggi, madrasah, pondok pesantren, data siswa dan guru,  serta data penting lainnya dikelola dan dianalisis secara terpusat dengan teknologi informasi dan komunikasi. 

Pengembangan aplikasi ini memaksimalkan peran teknologi dengan maksimal seperti big data, analisis data, dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan informasi yang lebih akurat dalam pengambilan keputusan di bidang pendidikan Islam. EMIS saat ini telah terintegrasi dan dengan Kementerian Agama, Institute Pendidikan Islam, Madrasah, dan Pondok Pesantren.

Mengintegrasi EMIS dengan Data Pendidikan Islam

EMIS 4.0 menjadi suatu keharusan bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, khususnya untuk memenuhi target yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 83 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Data Pendidikan di Kementerian Agama. 

Dalam konsideran KMA tersebut, terdapat penegasan bahwa semua sistem informasi pengelolaan data pendidikan yang ada sebelum keputusan ini diharapkan terintegrasi dengan EMIS dalam batas waktu paling lambat pada tanggal 31 Desember 2023.

Pada implementasi mengintegrasikan EMIS, terdapat prinsip dasar dalam tuntutan KMA Nomor 83 Tahun 2022 yakni:

  • Pertama, integrasi sistem informasi dari semua layanan pendidikan di setiap unit eselon 1 di Kementerian Agama ke dalam satu sistem informasi tunggal, yaitu EMIS. 
  • Kedua, data yang dipaparkan dalam EMIS harus bersifat valid, akurat, waktu nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan melalui partisipasi stakeholder dari tingkat institusi pendidikan seperti perguruan tinggi keagamaan Islam, madrasah, pondok pesantren, hingga tingkat pusat di Kementerian Agama, mulai dari kantor kabupaten/kota, kantor wilayah provinsi, hingga kantor pusat.

Pencapaian integrasi sistem informasi pendidikan wajib dilakukan sesuai tenggang waktu yang telah ditentukan. Namun, untuk memastikan data tersaji secara komprehensif, akurat, real-time, dan dapat dipertanggungjawabkan dalam EMIS 4.0, diperlukan keterlibatan semua pihak terkait, mulai dari satuan pendidikan hingga Kementerian Agama baik di level daerah maupun pusat, guna membentuk ekosistem pendataan pendidikan yang optimal. 

Baca juga: Efektivitas SIAKAD SEVIMA GoFeeder: Pencapaian Hasil Laporan PDDIKTI dan EMIS

SEVIMA Platform Sukseskan Pelaporan EMIS & PDDIKTI

Melalui SEVIMA Platform, perguruan tinggi Islam tidak perlu pusing memikirkan cara integrasi sistem informasi ke EMIS. Platform ini secara otomatis telah terintegrasi dengan EMIS untuk memudahkan memudahkan tugas dosen, administrasi keuangan, operator, serta mahasiswa. 

Tidak hanya EMIS, SEVIMA Platform juga telah terintegrasi dengan PDDIKTI. Sehingga perguruan tinggi tidak perlu melakukan pelaporan double, hanya cukup memasukkan data ke SEVIMA Platform lalu lakukan sinkronisasi.

Untuk pelaporan ke EMIS, SEVIMA Platform memiliki fitur yang telah terintegrasi dengan Neo Feeder hanya dengan mengambil data dengan opsi “Pelaporan EMIS” dengan mudah. Data ini kemudian secara otomatis dapat diunggah ke akun Emis PTKI melalui situs web http://emispendis.kemenag.go.id/ptki/. Hal ini mengurangi beban kerja operator perguruan tinggi dalam pelaporan EMIS dan PDDIKTI, tidak perlu melakukan pekerjaan ganda.

Baca juga: Apa Syarat Alih Bentuk (Alih Status) Kampus Keagamaan (PTK)?

Surat edaran tersebut merupakan bagian dari menciptakan ekosistem pendidikan tinggi yang terkelola dengan baik. Maka, perguruan tinggi Islam diharapkan untuk segera mengintegrasikan EMIS dengan EMIS sesegera mungkin sebelum tanggal tenggat. Bagi Bapak/Ibu yang ingin mencari informasi  terkait berita perguruan tinggi dan sistem informasi akademik dapat langsung mengunjungi SEVIMA.COM. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Sukseskan Pelaporan BKD Ke SISTER, Tunjang Akreditasi Kampus Artikel Selanjutnya RPL Bukan Cara Mudah Peroleh Gelar, Ini Manfaat RPL untuk Perguruan Tinggi
×