7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 12 Jun 2023

Apa Itu Tracer Study? Tujuan, Manfaat dan Peran Pentingnya bagi Kampus

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Apa itu tracer study? Ternyata banyak dari kita yang belum mengenal atau mengetahui pengertian dari tracer study, padahal sebagai civitas perguruan tinggi kata tracer study ini umum dikenal. Namun untuk mahasiswa mungkin jarang didengar, sementara untuk alumni dan perguruan tinggi nama tracer study atau sering juga disebut pelacakan alumni ini sangat familiar.

Nah, untuk mengenal lebih dalam apa pengertian tracer study, apa tujuan kampus melaksanakan dan apa manfaatnya bagi perguruan tinggi. Yuk kita bahas lebih detail agar semua civitas kampus pada tahu.

Pengertian Tracer Study?

Tracer Study adalah salah satu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, khususnya di Indonesia untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam usahanya untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. 

Tak hanya itu, umpan balik inipun dapat bermanfaat untuk memetakan dunia usaha dan industri agar jeda diantara kompetensi yang diperoleh alumni saat kuliah dengan tuntutan dunia kerja dapat diperkecil

Agar lebih jelas, seperti dikutip dari laman lldikti3.kemdikbud.go.id, tracer study merupakan studi yang memantau dan mengevaluasi karier dan kondisi para lulusan dari suatu perguruan tinggi. Artinya, tracer Study ini sebagai alat penilaian kinerja perguruan tinggi  melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. 

Selain itu, kuesioner yang disebarkan akan dapat memberikan penilaian seberapa banyak lulusan mendapat pekerjaan yang layak serta sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di perguruan tinggi. Singkatnya, tracer study ini berguna agar perguruan tinggi tetap dapat memantau alumninya pasca lulus.

Apa Tujuan Tracer Study?

Tracer Study bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia usaha dan industri, keluaran pendidikan berupa penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi lulusan.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Sistem Career Center & Tracer Study

Apa Manfaat Tracer Study?

Manfaat Tracer Study tidak terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan industri. 

Tracer Study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). 

Dengan demikian, Tracer Study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi perguruan tinggi, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia usaha dan industri dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. 

Di sisi lain, dunia usaha dan industri dapat melihat ke dalam perguruan tinggi melalui Tracer Study dan dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Tracer Study dilakukan untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Sebagai database alumni dan pengguna lulusan (user) yang terdata berdasarkan Program Studi (Prodi) dan angkatan (tahun masuk);
  • Sebagai masukan/informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi;
  • Sebagai alat evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri;
  • Sebagai masukan bagi perbaikan kurikulum;
  • Sebagai bahan untuk membangun jaringan/network alumni.

Baca juga: Penting! Ini 5 Alasan Mengapa Perguruan Tinggi Harus Melakukan Tracer Study

Peran Penting Tracer Study Bagi Kampus

Tidak bisa dipungkiri, ternyata perguruan tinggi perlu melakukan tracer studi karena data diperoleh dari alumni sangat penting bagi perguruan tinggi, diantaranya:

  • Untuk Pengembangan Kualitas Lembaga

Dengan mengisi tracer study, Anda dapat menyampaikan bagaimana implementasi pembelajaran yang dirasakan semasa di perkuliahan. Melalui survey ini, perguruan tinggi dapat mengevaluasi bagaimana relevansi kurikulum dengan pasar kerja. Sehingga, kemudian data tersebut dapat digunakan untuk menyusun rencana strategis lanjutan.

  • Proses Pencarian Alumni

Biasanya saat event kampus, seringkali terdapat sesi kisah sukses yang disampaikan oleh para alumni. Dengan mengisi tracer study, maka membuka kesempatan Untuk mengundang pada kegiatan tersebut. 

  • Membuka Kesempatan Kerja atau Magang

Kerjasama antara Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)  dengan perguruan tinggi menjadi salah satu yang digaungkan saat ini. Bayangkan, jika salah satu alumni dari perguruan tinggi menjadi salah satu petinggi perusahaan atau pemilik usaha, tentu akses untuk menjalin kerjasama menjadi lebih mudah.Ini akan memberikan kesempatan besar bagi mahasiswa lainnya untuk magang atau bahkan melamar kerja.

  • Mempertahankan Akreditasi

Hasil Tracer Study dihitung untuk melihat capaian IKU1 yang berisi tentang lulusan perguruan tinggi yang langsung bekerja dan mendapatkan upah yang layak, melanjutkan studi dan berwirausaha. Semakin baik pencapaian, semakin besar peluang untuk mempertahankan akreditasi atau bahkan meningkatkannya.

Sebagai alumni, kita bisa berkontribusi pada perguruan tinggi dengan cara yang mudah, yaitu cukup mengisikan tracer study pada waktu yang telah ditentukan. Setidaknya terdapat 3 kuesioner yang harus kita isikan selama 2 tahun pasca lulus, yaitu pra tracer study, tracer study 1, dan tracer study 2. 

Perlu diingat bahwa data yang Anda isi  aman, tidak akan disebarluaskan dan memang hanya untuk memenuhi kebutuhan kampus sebagai bahan evaluasi dan pelaporan. Jadi, berikan jawaban terbaik Anda dengan jujur.

Apalagi, jika perguruan tinggi Anda sudah menggunakan Karirilink,  Mahasiswa juga akan dengan mudah mengakses kuesioner dan pengembangan karir. Jadi, kapan mau menggunakan Karirlink? Yuk berkontribusi kepada perguruan tinggi dengan pengisian Tracer Study.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×