8 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 20 Jul 2023

Benarkah Tracer Study Jadi Acuan Keberhasilan Perguruan Tinggi?

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Kita semua mungkin sudah tidak asing dengan survey yang dilakukan kepada Alumni dalam bentuk pelacakan alumni atau Tracer Study. Tracer Study adalah feedback dari para lulusan yang  sudah merasakan kehidupan industri, sehingga mereka dapat memberikan masukan terkait sistem pendidikan perguruan tinggi.  

Dari data tersebut,  perguruan tinggi dapat menetapkan kebijakan agar lulusan dapat sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDI) dengan menyesuaikan kurikulumnya, termasuk pada sistem pembelajaran, tenaga pengajar dan banyak aspek lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan universitas. 

Benarkah Tracer Study Jadi Acuan Keberhasilan Perguruan Tinggi? 

Data tracer study menjadi acuan untuk penilaian mutu perguruan tinggi, seperti pada tujuan Tracer Study, berdasarkan  website Tracer Study Kemendikbud, adalah untuk mengetahui outcome yang dihasilkan pendidikan tinggi, mengetahui kontribusi kompetensi perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja serta sebagai alat monitoring alumni di dunia kerja yang kemudian akan dilaporkan ke Dikti.

Tujuan tersebut juga terdapat pada Surat Edaran Kemenristekdikti No.471/B/SE/VII/2017 Tentang Pelaksanaan Tracer Study di Perguruan Tinggi bahwa Trace Study sebagai upaya meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, survey pelacakan alumni ini juga akan memberikan manfaat bagi perguruaan itu sendiri.

Baca juga: Kewajiban Perguruan Tinggi Melakukan Tracer Study 

Apa Manfaat Tracer Study? 

Manfaat Tracer Study tidak terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan industri. Nah, berikut beberapa manfaat tracer study untuk manajemen kampus, maupun perguruan tinggi.

  • Sebagai Bahan Pertimbangan Mengambil Keputusan

Adanya hasil data tracer study dapat memudahkan manajemen perguruan tinggi serta stakeholder terkait dapat menentukan arah kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan industri.  

Dari hal evaluasi yang didapatkan dapat mengetahui profil lulusan, kompetensi lulusan dan relevansi dengan dunia kerja. Sehingga, perguruan tinggi dapat mempersiapkan lulusan lebih matang.

  • Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan berkuliah bukan hanya untuk memperluas wawasan, tetapi juga untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Untuk itu, dengan adanya Tracer Study dapat menjadi bahan pertimbangan bagi orang tua dan calon mahasiswa untuk memilih kampus dan jurusan. 

Perguruan tinggi yang sudah memiliki citra baik khususnya di Dunia Usaha dan Dunia Industri lebih berpeluang besar untuk dilirik calon mahasiswa. Sehingga, ini dapat menjadi salah satu keunggulan bagi perguruan tinggi Anda. 

  • Poin pada Penilaian Akreditasi

Tracer study sangat berguna bagi Dikti guna melihat kinerja perguruan tinggi dan alumni perguruan tinggi di dunia kerja. Tracer study dianggap  penting karena merupakan alat evaluasi kinerja PT. Kemudian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menjadikannya sebagai salah satu syarat untuk menyempurnakan nilai akreditasi. Data tentang alumni diperlukan dalam dokumen evaluasi diri yang diperlukan saat diserahkan kepada Dikti.

  • Pemeringkatan Nasional dan Internasional

Tidak sampai disitu, data survey Tracer study  juga berguna bagi pemeringkatan perguruan tinggi.di tingkat nasional dan nasional. Misalnya, Peringkat Universitas Dunia QS baru-baru ini menerbitkan daftar universitas terbaik di dunia.

Tiga indikator utama penilaiannya berdasarkan laman resminya topuniversities.com,, meliputi  Sustainability, Employment Outcome, dan International Research Network. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya data alumni untuk menilai apakah kompetensi alumni sudah sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Baca juga: Platform Tracer Study Sesuai Dikti untuk Meningkatkan Akreditasi 

Kini, Anda sudah mengetahui bahwa Tracer study menjadi salah satu acuan keberhasilan perguruan tinggi, bukan? Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan perguruan tinggi melalui outcome yang dihasilkan. Dengan begitu, pengisian tracer study harus menjadi kepentingan bersama civitas akademik.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×