7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 21 Jun 2023

Kewajiban Perguruan Tinggi Melakukan Tracer Study 

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Lulusan merupakan salah satu output pendidikan tinggi yang harus berkualitas. Selain itu, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki ijazah dan sertifikat SKPI, tetapi juga sertifikat pendukung seperti sertifikat kualifikasi, sertifikat pelatihan, sertifikat kompetisi dan lain-lain. Kemenristekdikti terus mendorong perguruan tinggi menghasilkan lulusan dengan mutu terbaik. 

Adapun implementasi kebijakan tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 3/M/2021 tahun 2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi pendidikan Tinggi Di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kewajiban Tracer Study Perguruan Tinggi

Dalam Buku Panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN, IKU menjadi alat ukur kinerja baru bagi Perguruan Tinggi yang dinilai berdasarkan 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama. Adapun IKU 1 memiliki sasaran agar meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi.

Baca juga: Aplikasi KarirLink, Bantu Fresh Graduate Temukan Kerja Pertama

Selanjutnya, data untuk IKU lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak ini nantinya akan didapatkan melalui service data yang akan diambil melalui aplikasi Tracer Study dan akan dikirimkan ke PDDikti. 

Lalu kapan IKU Dilaporkan?

Dikutip dari Pelaporan Hasil Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) Tahun 2022, Pelaksanaan tracer study dilaporkan sesuai dengan pelaporan indikator kinerja PT dan kementerian dalam 4 (empat) triwulan yaitu periode Maret, Juni, September dan Desember.

Pentingnya Tracer Study bagi Perguruan Tinggi

  • Sebagai Pelaporan Indikator Kinerja Utama (IKU)

Dalam IKU 1 terdapat beberapa Indikator data yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah  lulusan mendapatkan pekerjaan layak terdiri dari pekerjaan, studi lanjut dan kewirausahaan. Berdasarkan Buku Panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN, data-data untuk IKU penyerapan lulusan, meliputi:

  1. Pekerjaan
    1. Penghasilan
    2. Masa Tunggu
    3. Mulai Bekerja
    4. Referensi Tempat Kerja
    5. Referensi Jenis Tempat Kerja
    6. Referensi UMR
  2. Studi Lanjut
    1. Masa Tunggu
    2. Jenjang Pendidikan
    3. Lokasi
  3. Kewirausahaan
    1. Penghasilan
    2. Mulai Wirausaha
    3. Referensi Peran
    4. Referensi UM
  • Sebagai Pelaporan 

Tracer Study juga diberlakukan bersamaan dengan persyaratan akreditasi nasional program studi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)  yang terdapat pada Panduan Penyusunan Laporan IAPT 3.0. Adapun Fokus utama Tracer Study ini adalah untuk  mengukur  kualitas kompetensi lulusan sebagai hasil pembelajaran dari perguruan tinggi. Penilaian ini dapat terlihat dari relevansi pekerjaan, masa tunggu dan masih banyak indikator lainnya.

Mengapa Harus Melengkapi IKU?

Perguruan tinggi yang tidak melaporkan tracer study maka akan mendapatkan sanksi akreditasinya tidak dapat diperpanjang otomatis. Selain itu, apabila ingin membuka program studi tidak akan diizinkan.

Berdasarkan Permendikbud no 7 tahun 2020, menyampaikan bahwa:

“Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan Program Studi sebagaimana dimaksud pada ayat (6) setiap tahun wajib melakukan pendataan atas penyerapan lulusan di dunia kerja setelah meluluskan Mahasiswa dan melaporkan hasil pendataan kepada Menteri melalui PDDikti”

Baca juga: Aplikasi Tracer Study Berstandar Dikti Meningkatkan Akreditasi 

Karirlink Solusi Mudah Tracer Study Perguruan Tinggi 

Karir memberikan kemudahan bagi perguruan tinggi untuk menuntaskan kewajiban tracer study. Hasil kuesioner tersebut akan menjadi laporan yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi perguruan tinggi serta pelaporan PDDikti.

Meskipun sudah diterapkan dari dulu dengan berbagai manfaat, ternyata banyak perguruan tinggi belum memiliki sistem Tracer Study yang mumpuni. Karena itu, SEVIMA Platform menyediakan sebuah modul pelacak alumni (tracer study) terintegrasi untuk membantu pergurun tinggi dan juga pengembangan karir alumni. Sangat praktis, bukan? segera kunjungi karirlink.id untuk informasi lebih lanjut.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×