Lomba Artikel

Transformasi Teknologi Digital Mendukung MBKM di Era Revolusi Industri 5.0

Penulis: SRI ASFIRAWATI HALIK, S. Kom., M.M

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Adinata

Teknologi Digital dalam Dunia Pendidikan sangatlah penting, manfaat teknologi yang tepat guna berperan dalam upaya pembangunan pendidikan serta mendorong pembelajaran lebih berkualitas. Setiap Perguruan Tinggi harus bertransformasi ke serba digital agar tetap eksis dalam Dunia Pendidikan serta tidak ketinggalan di Era Revolusi Industri 5.0 seperti sekarang ini. 

Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0 mengharuskan setiap orang untuk lebih berinovasi, berkreasi, meningkatkan produktivitas dan  selalu ingin bersaing. Peran revolusi industri 5.0 dalam dunia pendidikan bisa memajukan kualitas Perguruan Tinggi yang unggul, peran lainnya yaitu berbagai kegiatan pembelajaran bisa dilakukan secara daring maupun hybrid.

Transformasi Teknologi Digital di Indonesia

Transformasi Teknologi yang serba digitalisasi selalu berpacu dengan perkembangan zaman, jika kita tidak melakukan perubahan maka kita ketinggalan, contohnya dampak dari Covid-19 mengharuskan Perguruan Tinggi melaksanakan Kuliah Daring, yang tadinya kuliah Offline, sekarang sudah bisa online melalui berbagai platform dan LMS. Dosen sebagai insan pendidik harus berdiri di garis terdepan berjuang menghadapi transisi ke pembelajaran daring dan hybrid, yang awalnya ada beberapa dosen belum siap mengajar daring dan hybrid harus berkreasi dan berinovasi membuat pembelajaran daring dengan tema dan substansi yang menarik agar mahasiswa tidak bosan belajar dirumah.

Perusahaan Riset Data Reportal Pada Bulan Januari 2022 menyebutkan bahwa jumlah perangkat seluler yang terkoneksi di Indonesia mencapai 370,1 juta, angka ini meningkat sebesar 13 juta atau sebesar 3,6 % pada tahun sebelumnya (suara.com). pastinya penggunaan smartphone tidak hanya sebagai media komunikasi akan tetapi sebagai sarana proses belajar mengajar yang penting dalam mendukung berjalannya proses pembelajaran yang diberlakukan dalam program MBKM.

Transformasi kecanggihan digitalisasi dalam dunia pendidikan dan dunia usaha di Indonesia merupakan tahap perkembangan pola pikir manusia yang menyatu memikirkan inovasi, bagaimana kemajuan Indonesia kedepannya. 

Visi global dalam transformasi digital. Pendidikan kita tidak boleh hanya terkungkung dalam tempurung wawasan yang sempit. Generasi muda Indonesia saat ini merupakan anak zaman, generasi global yang terkoneksi secara internasional dengan perangkat teknologi. Maka, visi global pendidikan Indonesia menjadi sangat penting, agar setiap kebijakan, program dan penyegaran sistem pendidikan terkoneksi dengan perkembangan dinamis internasional. Maka, desain kebijakan, infrastruktur, sistem dan juga pola komunikasi dalam pembelajaran secara bertahap akan menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang memiliki kompetensi yang diakui dunia internasional. Di sisi lain, pendidikan karakter dan moral tetap menjadi basis, sebagai identitas kultural generasi muda Indonesia (sumber : pusdatin.kemdikbud).

Digitalisasi Revolusi Industri 5.0 dalam Pendidikan

Dunia pendidikan di Indonesia tidak memiliki pilihan lain dalam revolusi industri 5.0 kecuali terus melanjutkan transformasi digital dalam Perguruan Tinggi. Setiap Perguruan Tinggi perlu membuat kebijakan dan regulasi yang mendorong pertumbuhan industri yang progresif kepada tenaga pendidik maupun peserta didik.

Sederhananya, dampak revolusi industri 5.0 bertujuan mengintegrasikan ruang digital dan ruang fisik menjadi satu. Memberikan kemudahan kepada tenaga pendidik dan mahasiswa dalam mengakses berbagai fasilitas digital yang disediakan oleh kampus. Jika setiap kampus berani maju menjawab tantangan dan bertransformasi serba digital maka seolah-olah dunia digital itu ada dalam genggaman kita.

Kecanggihan teknologi yang memadai, patutlah kita acungi jempol. Kita diharuskan mengikuti perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, mengejar ketertinggalan, menciptakan inovasi baru, berkreasi, berani berekspektasi demi perkembangan dunia pendidikan. 

Bisa anda bayangkan, jika setiap Perguruan Tinggi bertransformasi ke serba digital, pembelajaran daring bisa lebih mudah, Akademik terintegrasi dengan Siakad, pengurusan Kartu Rencana Studi (KRS) bisa diakses online, pembayaran mahasiswa bisa dimudahkan untuk tidak lagi datang ke bank, pelaporan bisa dengan mudah, hal ini tentunya sangat menguntungkan Perguruan Tinggi. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar