12 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 23 Jan 2024

Mudah Lakukan Analisis Pengelolaan Keuangan Kampus, Ini Caranya

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pengelolaan keuangan di perguruan tinggi yang ideal adalah sehat, transparan, dan akuntabel. Pengelolaan keuangan di perguruan tinggi yang ideal adalah sehat, transparan, dan akuntabel. Meskipun demikian, penerapan prinsip transparansi dalam pengelolaan keuangan dapat menjadi tantangan bagi perguruan tinggi karena seringkali terdapat ketidaksesuaian antara anggaran yang telah disusun dan kegiatan operasional perguruan tinggi yang memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. 

Berdasarkan isu di atas, perguruan tinggi sudah waktunya untuk tanggap dengan pengelolaan keuangan yang baik. Itulah mengapa, perguruan tinggi perlu melakukan analisis keuangan di kampus. 

Seperti apa langkah yang dapat dilakukan untuk menganalisis keuangan kampus secara akurat? Berikut pembahasannya. 

Cara Mudah Lakukan Analisis Keuangan Kampus

1. Membuat Kebijakan dalam Pengelolaan Keuangan

Pentingnya memiliki kebijakan yang jelas dalam pengelolaan keuangan kampus tidak dapat diabaikan. Kebijakan pengelolaan keuangan kampus bisa digunakan sebagai standar pengelolaan keuangan perguruan tinggi. Sehingga pengelolaan dana di perguruan tinggi bisa lebih teratur. 

Kampus harus menetapkan kebijakan yang menguraikan prosedur penganggaran tahunan. Kebijakan ini melibatkan penetapan prioritas, alokasi dana untuk berbagai kebutuhan kampus, dan memastikan keseimbangan yang tepat. Kebijakan juga harus mencakup langkah-langkah pengawasan yang efektif. 

Pembentukan komite keuangan atau dewan pengawas keuangan dapat membantu memastikan bahwa pada kebijakan tersebut tidak hanya ada dalam bentuk tertulis tetapi juga dijalankan secara efektif. Transparansi dan akuntabilitas merupakan kunci dalam mengelola keuangan kampus, dan kebijakan yang baik dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung hal tersebut.

2. Gunakan Sistem Keuangan Terpercaya dalam Pengelolaan Keuangan Kampus

Pengelolaan keuangan di perguruan tinggi semakin mudah dengan hadirnya sistem keuangan berbasis teknologi.Penerapan teknologi dan sistem keuangan modern adalah langkah besar dalam mempermudah pengelolaan keuangan kampus. Pemanfaatan teknologi dalam sistem keuangan dapat membantu pengelola mencatat seluruh kebutuhan pengelolaan keuangan kampus.

Keuangan merupakan sesuatu yang riskan hingga penggunaan teknologi akan berperan untuk mengatasi kesalahan human error.  Penggunaan teknologi ini tidak hanya mempercepat proses, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan manusia. 

Salah satu sistem keuangan pengelolaan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah SEVIMA Finance Cloud. Fitur di dalamnya dirancang khusus untuk memudahkan pengguna. Misalnya seperti membuat otomasi jurnal dengan pencatatan anggaran data yang terperinci. 

Melalui Finance Cloud kampus akan mendapatkan berbagai fasilitas menarik mulai dari:

  1. Data terintegrasi dengan Sistem Akademik
  2. Manajemen penyusunan anggaran menjadi lebih efisien
  3. Data pengajuan keuangan dan pencarian hingga pertanggungjawaban dana
  4. Dashboard keuangan yang informatif dan dapat diakses melalui mobile
  5. Telah rekonsiliasi bank sehingga tim keuangan kampus tidak memeriksa atau mencatat transaksi dengan rekening koran bank. 

Tampilan dashboard Finance Cloud

3. Menggunakan Laporan Keuangan Sesuai Standar PSAK 45

Penting untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku, seperti Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45. PSAK 45 ini merupakan standar penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nirlaba. Melalui penyajian laporan PSAK 45, dapat memberikan pedoman yang jelas tentang bagaimana sebuah laporan keuangan harus disusun, memastikan bahwa informasi yang disajikan akurat, relevan, dan dapat dipahami.

Laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK45 mencakup berbagai aspek, seperti neraca, laporan laba rugi, dan arus kas. Analisis keuangan yang mendalam memerlukan data yang konsisten dan terstruktur dengan baik, dan standar ini membantu menciptakan dasar yang konsisten untuk membandingkan kinerja keuangan dari waktu ke waktu.

Modul pada Finance Cloud merupakan sistem keuangan kampus yang saat ini telah memenuhi standar PSAK45 sesuai aturan yang berlaku. Melalui modul ini, kampus akan mudah memantau dan menganalisis keuangan kampus,

Baca juga: 6 Fitur Baru Sistem Keuangan Finance Cloud, Makin lengkap!

Melakukan analisis keuangan kampus dapat menjadi tugas yang kompleks, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pendidikan dapat memudahkan proses tersebut. 

Kemudahan tersebut bisa Anda rasakan hanya dengan Finance Cloud. Penasaran? Langsung aja kunjungi Sevima Finance Cloud .

Tags:

keuangan kampus

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×