Berita | Liputan Media

Sesditjen Dikti: Kampus Merdeka untuk Indonesia Jaya

Guna memperbaiki kualitas sumber daya manusia di dunia pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terus melakukan perubahan dan perombakan. Perubahan tersebut kini dilakukan melalui program Kampus Merdeka. Kampus Merdeka merupakan salah satu program merdeka belajar yang memberikan keleluasaan mahasiswa agar bisa belajar di luar kampus.

Dalam rangka merayakan hari jadi SEVIMA yang ke-18, SEVIMA mengadakan Webinar Implementasi Kampus Merdeka pada 25 Februari 2021. Webinar ini dilatarbelakangi untuk mendorong semangat para perguruan tinggi agar sukses menjalankan kelas merdeka di setiap perguruan tinggi. Pada kesempatan ini, SEVIMA mengajak Anda untuk membahas lebih dalam mengenai program Kampus Merdeka bersama pembicara terbaik, yaitu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani,M.P. (Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi).

Paris menyampaikan, bahwa program kampus merdeka merupakan salah satu kebijakan terbaru dari Kemdikbud RI yang digagas oleh Mendikbud RI, Nadiem Makarim. Sementara itu, dalam penerapan kelas merdeka juga selalu dibersamai dengan tujuan untuk mencapai Indonesia jaya. Frasa Indonesia jaya tersebut merupakan salah satu bentuk kebijakan baru dari Dirjen Pendidikan Tinggi. Yang mana jika keduanya diimplementasikan secara bersama akan membentuk semangat baru bagi pendidikan di Indonesia menuju Indonesia jaya yang berakhlak mulia.

Paris mengatakan, bahwa program kampus merdeka merupakan salah satu terobosan baru untuk mengasah kemampuan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Dengan program kampus merdeka inilah kemampuan mereka bisa tersalurkan semaksimal mungkin.

“Kelas merdeka merupakan capaian yang luar biasa di dunia pendidikan. Program ini bisa menunjang mahasiswa untuk mengasah kemampuan mereka dengan maksimal semasa kuliah”, tandasnya.

 Kelas merdeka merancang minat mahasiswa

 Diutarakan langsung oleh Paris, bawah Program kampus merdeka memang disiapkan untuk melatih mahasiswa agar bisa beradaptasi dan mengupgrade skillnya di luar perkuliahan. Ketika mahasiswa mulai memasuki semester 4, mereka diharapkan mampu mengasah minat dan bakat mereka sesuai dengan tujuan dan kepentingan masing-masing.

 “Melalui program kampus merdeka ini diharapkan mahasiswa mampu mengasah minat dan bakat mereka ketika memasuki semester 4. Maka, mereka pun bisa memenuhi skill sesuai dengan tujuan dan kepentingan sesuai tujuan masing-masing,” ungkap Paris.

 Agar mahasiswa bisa dengan mudah meraih mimpi yang diharapkan. Paris menyampaikan jika sebaiknya mahasiswa sudah mulai merancang cita-citanya dari semester 5. Ini diharapkan agar mahasiswa sudah siap dengan kehidupan pasca kampus.

Untuk saat ini, Kemdikbud memberikan wadah kepada para perguruan tinggi untuk merealisasikan kelas merdeka melalui program Kedaireka. Yang mana program Kedaireka tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia industri untuk berkolaborasi satu sama lain. Sehingga kebutuhan sumber daya manusia antara perguruan tinggi dan dunia industri bisa terpenuhi satu sama lain.

 

Talkshow seputar PDDIKTI

 Acara SEVIMA Awards ini tak hanya mengulas seputar kelas merdeka saja, namun kami juga mengajak para peserta untuk berdiskusi seputar PDDIKTI bersama para pemateri terbaik dan berpengalaman, yaitu M. Ramli, S.AP. (Kabag PDDIKTI Universitas Muhammadiyah Mataram), Apriliyani (Product Research Manager SEVIMA), dan Azmi Yoga (Sr. Software Architect SEVIMA).

 Acara talkshow kali ini berjalan dengan meriah dan sukses. Tampak para peserta pun sangat antusias dan turut andil dalam diskusi yang dipimpin langsung oleh para pemateri.

 Pemenang SEVIMA AWARDS

 Dalam rangkaian acara SEVIMA Awards hari ini, juga turut diumumkan pemenang pada SEVIMA Awards 2021. Adapun pemenang dalam kategori tersebut antara lain:

Kategori Konten atau Video yang membantu pelaporan PDDIKTI

Juara I : Ramli, S.AP.

Juara II : Gang Onodokus

 

Kategori Video Tutorial Terbaik

Juara I : Ir. Sufyaldy, M.Kom

Juara II : Nita Linuria,S.Pd

Juara III : Akbar Auliyah, S.Pd

Juara Favorit I : Rahmani Abdi

 

Kategori Sosok pejuang PDDIKTI paling berjasa

 Juara I : Ramli, S.AP.

Juara II : A. Djonet Kusumantoko, S.P.

Juara III : Iwan Pribadi Dwi Prasetyo

Juara Favorit I : Satriyo Kristanto, S.Kom

Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga tetap terus berkreasi dan berkontribusi untuk kemajuan pendidikan tinggi.

*

Tentang SEVIMA

 PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) merupakan perusahaan konsultan dan pengembang teknologi informasi yang didirikan pada tahun 2004. Saat ini memiliki lokasi kantor di Surabaya dan Jakarta dengan didukung oleh tenaga ahli muda yang kompeten, inovatif, dan profesional yang berpengalaman di bidangnya. SEVIMA memiliki bidang fokus dalam sektor Edukasi dan sektor Pemerintahan.

SEVIMA berupaya untuk selalu memahami permasalahan dengan cepat, menampung aspirasi, dan memberikan solusi efektif, bagi klien. Mendampingi klien dalam pemeliharaan sistem dan membentuk long-term partnership adalah prinsip SEVIMA.

Artikel ini dimuat oleh Kumparan pada 10 Maret 2021 10:40

Bagikan artikel ini

Komentar