7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 16 Sep 2021

Mengenal SMK-D2 Fast Track? Siswa Wajib Tahu!

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Sekarang, lulusan SMK tak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih yang ikut program SMK-D2 Fast Track. Tentu lulusannya memiliki skill lebih.

Tapi, apa itu SMK-D2 Fast Track? Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang SMK maka wajib paham.

Berikut ini penjelasan yang dirangkum dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi & Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek, Senin (3/5/2021).

Program SMK-D2 Fast Track atau SMK-D2 Jalur Cepat adalah salah satu program vokasi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kalian sebagai lulusan vokasi. Inti program ini adalah ‘pernikahan’ masal antara SMK, Diploma 2 (D2), dunia usaha, dan dunia industri.

Siswa yang telah belajar 3 tahun di SMK akan melanjutkan pendidikan lagi selama 1,5 tahun atau 3 semester.

Yakni 1 semester di perguruan tinggi dan 2 semester di industri. Tentu untuk mendapatkan gelar D2. Jadi, saat lulus para siswa SMK akan menerima beberapa ijazah. Diantaranya:

1. Ijazah SMK
2. Ijazah D2
3. Sertifikat kompetensi
4. Sertifikat lulus magang

Catatan: Tetapi program ini tidak wajib, jika merasa sudah cukup dalam bidangnya selama tiga tahun, itu semua dikembalikan lagi kepada pihak yang bersangkutan.

Lantas, apa tujuan dari program SMK-D2 Fast Track?

Tujuannya ialah membuat lulusan vokasi memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta mampu menghasilkan produk komersial yang dapat dipasarkan ke masyarakat.

Kenapa kompetensi? Kompetensi merupakan kunci utama untuk para lulusan pendidikan vokasi.

Lulusan kompetensi adalah mereka yang memiliki bekal hard skills, soft skills, dan pendidikan karakter yang berguna pada saat mereka terjun langsung dalam dunia usaha dan dunia industri.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×