9 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

• 21 Mar 2023

Sukses Pelaporan Data PDDIKTI, Ini Dia Tips dan Caranya

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM– Melakukan Pelaporan Data PDDikti adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap perguruan tinggi. Jika proses pelaporan data PDDIkti ini sukses, maka kualitas dan mutu sebuah perguruan tinggi juga akan meningkat. Seperti yang diketahui, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi di seluruh tanah air. Dengan demikian, seluruh operator perguruan tinggi Indonesia berkewajiban untuk melakukan pelaporan data PDDikti. 

Apabila pelaporan tidak dilakukan dengan tepat, maka akan muncul berbagai masalah yang merugikan perguruan tinggi tersebut. Permasalahan tersebut meliputi:

  1. proses akreditasi juga akan terkendala,
  2. sulit mendapatkan dana hibah dari pemerintah, 
  3. pengajuan ijazah perguruan akan terhambat, dan 
  4. masih banyak permasalahan lainnya.

Pada akhirnya, data yang terkumpul akan menjadi sumber informasi utama bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Oleh sebab itu, Kemendikbud menyediakan aplikasi yang dapat digunakan oleh operator untuk melakukan pelaporan data penyelenggaraan pendidikan tinggi yang disebut dengan Neo Feeder PDDikti. 

Selama masa transisi dari Feeder menuju Neo Feeder, banyak kendala yang dihadapi oleh operator perguruan tinggi. Beberapa kendala yang dihadapi oleh rekan-rekan universitas seperti ketidakmampuan untuk menyinkronkan ke Neo feeder, tidak dapat upload data Neo Feeder PDDikti, proses migrasi dan prefill tertunda serta kendala lainnya. Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan untuk mendukung sukses pelaporan data PDDikti.

Tips Sukses Pelaporan Data PDDIKTI

1. Pahami Aturan yang berlaku

Dengan adanya perubahan aplikasi, penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa saja data yang harus dilaporkan oleh operator perguruan tinggi. Langkah ini harus dilakukan sebelum Anda melanjutkan proses sinkronisasi.

2. Atur Data sesuai Pembagiannya

Perlu diingat bahwa pelaporan dibagi menjadi dua bagian yaitu Checkpoint 1 dan Checkpoint 2, meliputi:

  • Checkpoint 1
  • Data Mahasiswa
  • Status Mahasiswa
  • KRS
  • Kurikulum Kelas
  • Dosen Mengajar
  • Checkpoint 2
  • Data AKM
  • Nilai Perkuliahan Mahasiswa
  • Data Aktivitas Mahasiswa
  • Data Transkrip 
  • Data Mahasiswa Lulus/DO
  • Dosen Mengajar

Oleh sebab itu, aturlah data tersebut dengan maksimal untuk memudahkan proses pengelolaan data dan kelancaran proses pelaporan ke depannya.

3. Gunakanlah teknologi yang mendukung 

Pelaporan data sebaiknya menggunakan platform yang dapat menyimpan dan mengolah data dengan baik, solusinya adalah SEVIMA siAkadcloud. Dengan menggunakan SEVIMA siAkadcloud Anda akan mendapatkan beragam manfaatnya, di antaranya:

  1. Terintegrasi dengan Neo Feeder PDDikti.
  2. Sudah mendukung pelaporan MBKM.
  3. Biaya perawatan dan pembaruan data berkala tidak diperlukan, dan ada bonus lainnya.
  4. Terdapat fitur pembanding data yang sangat berguna untuk mengecek kelengkapan laporan.

4. Ikutilah kelas pendukung 

Adanya sistem baru ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk melakukan sinkronisasi data. Oleh sebab itu, operator di perguruan tinggi harus memahami dan mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Neo Feeder PDDikti.

SEVIMA kembali menyelenggarakan Expert Class yang kali ini diperuntukkan khusus bagi para operator perguruan tinggi se-Indonesia untuk melakukan pelaporan PDDikti. Kelas ini akan diadakan dalam bentuk pembelajaran asinkron (asynchronous). Artinya, pembelajaran dilakukan secara mandiri dan fleksibel. 

Dalam proses pembelajarannya peserta akan mendapatkan materi dan video. Selain itu, peserta akan mengerjakan tugas post-test dan quiz yang bertujuan untuk mengevaluasi terkait penyajian materi. 

Tidak hanya mendapatkan materi, terdapat keuntungan lainnya bagi Anda yang bergabung di Expert Class ini. Tunggu apalagi, sekarang juga daftarkan diri Anda pada link ini: sevima.com/kelas-operator serta bagi pengguna EdLink, Anda dapat menemukan kelas ini pada menu jelajah EdLink. 

Nah, berikut ini adalah alur pendaftaran dan alur belajar Expert Class di SEVIMA EdLink. 

  • Alur Belajar Expert Class

Ditulis oleh : Shitny Dwi

Disunting oleh: Seprila Mayang & M. Fadholi

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×