2 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 26 Mar 2024

UNTAG Semarang Puas dengan SEVIMA Intensive Training Soal OBE

Erna SEVIMA

SEVIMA sukses menggelar Intensive Training dengan tema “Sukses Menyusun Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Outcome-Based Education” di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya pada 13-14 Desember 2023. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari kalangan perguruan tinggi, terbukti dengan keikutsertaan puluhan peserta dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Peserta yang hadir menyatakan kepuasan mereka terhadap materi dan penyelenggaraan acara yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Outcome-Based Education (OBE), sebagai fokus utama event ini, merupakan pendekatan pendidikan yang mengutamakan hasil belajar sebagai tolak ukur keberhasilan pengajaran. Pendekatan ini memerlukan kerangka kerja dan implementasi yang matang pada tingkat program studi hingga ke seluruh aspek perguruan tinggi. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting sebagai langkah awal bagi perguruan tinggi dalam mengadopsi dan menerapkan OBE.

Salah satu peserta SEVIMA Intensive Training Dr Anggaraini Kusumaningrum, Kaprodi Magister Ilmu Hukum di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang, mengaku puas dengan kegiatan yang diikutinya.

“Luar biasa training ini, kita diberikan materi yang sangat bermanfaat yang sebelumnya saya belum tahu,” ujarnya kepada SEVIMA.

Ia juga mengapresiasi narasumber yang dihadirkan ahli di bidangnya, kualitas penyelenggaraan event, hotel, makanan, serta pelayanan tim yang sangat membantu dan sigap.

Ia mengaku salah satu tujuan utama mengikuti pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan perguruan tinggi dalam mengejar akreditasi unggul dan internasional. “Bagaimanapun juga, kampus ingin senantiasa hidup dan maju untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambah Dr Anggaraini.

SEVIMA menyajikan narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang pendidikan tinggi dan OBE, termasuk Dosen & Tim Ahli Kurikulum Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Dr. Rr. Syamsul Arifin, M.T dan Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS Prof. Dr. Ir. Aulia Siti Aisjah, M.T. Dukungan tenaga ahli dari SEVIMA juga sangat terasa, dengan kehadiran Dosen Universitas Trunojoyo Madura Wahyudi Agustiono, Ph.D; Dosen Universitas Kristen Petra Yulia, S.T., M.Kom; dan Kasubdit Pengembangan Akademik ITS Bagus Jati Santoso, Ph.D.

Event ini tidak hanya berhasil memberikan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang OBE, tapi juga memfasilitasi perguruan tinggi di Indonesia untuk melangkah lebih jauh dalam peningkatan kualitas pendidikan yang mereka tawarkan. Melalui pelatihan seperti ini, SEVIMA berkontribusi besar terhadap pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia yang berorientasi pada hasil dan kesiapan lulusannya menghadapi tantangan global.

Materi yang disampaikan seperti perbedaan traditional Education dan OBE, pengenalan konsep OBE dan prisnip-prinsipnya, siklus dan perkembangan kurikulum OBE (visi-misi, profil lulusan, CPL, bahan kajian, CPMK, struktur MK, dan RPS), proses pembelajaran dan asesmen/penilaian, rencana implementasi MBKM, sistem penjaminan mutu OBE, pembuatan CPL dan struktur perkuliahan, pembuatan RPS dan rubrik penilaian, serta best practice penggunaan sistem OBE.

SEVIMA Executive Training 2024

Pada Mei 2024 nanti, SEVIMA sebagai Perusahaan Education Technology yang telah 20 tahun menggelar seminar dan pelatihan bersama lebih dari 3.000 Kampus se-Indonesia, akan menghadirkan SEVIMA Executive Training bertajuk: “Sukses Menyusun & Menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi Berorientasi Outcome Based Education (OBE), untuk Wujudkan Institusi & Prodi yang Unggul dan Berkelas Dunia!”

SEVIMA Training

SEVIMA Training

Pelatihan akan dilaksanakan pada Senin – Jum’at, 13-17 Mei 2024, dengan investasi senilai Rp. 4.500.000 / orang (pax) / 1 hari, sudah termasuk Hotel, opsi citytour, dan Pajak PPN. Peserta dapat memilih pelatihan mulai dari satu hari saja!

Mari berkonsultasi atas kebutuhan transformasi perguruan tinggi anda sekarang juga, bersama Konsultan SEVIMA Executive Training! Pendaftaran Diklat dapat dilakukan dengan mengisi formulir di Website sevima.com/training-obe, atau hubungi Konsultan “SEVIMA Executive Training” di nomor: 0811-3111-163.

Tags:

kurikulum obe obe Sevima sevima platform sevima training

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×