Dunia Kampus | Info Sentra Vidya Utama

5 Tips Cerdas Jalankan Blended Learning Secara Optimal

SEVIMA.COM – Sejak beredarnya aturan Kemendikbud tentang kegiatan belajar mengajar di masa pandemi, metode blended learning dinilai sebagai salah satu yang metode yang paling cocok diterapkan. Metode ini merupakan suatu metode yang menggabungkan antara pembelajaran offline dan online.

 Penerapan blended learning di lingkungan kampus sangat tepat karena proses pelaksanaannya sangat fleksibel untuk diterapkan. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar kegiatan belajar mengajar dengan blended learning ini lebih efektif? Mari simak ulasan berikut. 

1. Siapkan manajemen pembelajaran 

Dalam menyiapkan metode blended learning, dosen wajib menyiapkan manajemen pembelajaran yang baik. Buatlah manajemen pembelajaran serapi mungkin, mulai jadwal perkuliahan, jadwal ujian, hingga jadwal presentasi.

 Dengan demikian, seluruh materi yang disampaikan melalui media online bisa tersalurkan dengan baik. Terlebih bila digunakan untuk mengatur jadwal pembelajaran, tugas kuliah, dan ujian bagi mahasiswa. 

2. Ciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik

Meskipun kegiatan dilakukan secara online, namun wajib hukumnya bagi seorang pengajar untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Lingkungan kondusif sangat diperlukan agar mahasiswa lebih semangat dan giat dalam menjalankan perkuliahan online.

Sementara itu, dosen perlu membuat perkuliahan ini lebih menarik dan kreatif. Dengan membuat perkuliahan menjadi lebih menarik, maka akan meningkatkan sisi kreatif mahasiswa dalam belajar. 

3. Lakukan sistem teamwork dengan baik

Meskipun tidak sering melakukan kegiatan tatap muka, namun dosen wajib memberlakukan sistem teamwork antar mahasiswa. Kegiatan yang bisa dilakukan yaitu melakukan diskusi pasca materi perkuliahan atau melakukan kerja kelompok antar mahasiswa.

Maka, mahasiswa akan dengan mudah berkolaborasi dan bekerjasama satu sama lain. Jadi, meskipun kegiatan pembelajaran online, namun mahasiswa masih bisa melakukan diskusi dengan baik. 

4. Bentuk desain pembelajaran dengan tepat

Agar seluruh kegiatan belajar mengajar berjalan secara optimal, dosen wajib membuat desain pembelajaran semenarik mungkin. Dalam melakukan desain pembelajaran, perlu menyiapkan beberapa hal, yaitu sistem dan strategi pembelajaran, teknologi yang digunakan, hingga cara komunikasi yang harus digunakan dalam mengajar. 

Pada sistem dan strategi pembelajaran bisa dilakukan dengan mencari sistem dan strategi apa saja yang kiranya cocok diterapkan dalam perkuliahan tersebut. Selanjutnya, pengajar perlu memikirkan teknologi yang seperti apa yang bisa digunakan saat melakukan pembelajaran online. Nah, agar menarik minat mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, maka perlu menentukan metode komunikasi yang tepat saat menyampaikan pembelajaran. 

5. Manfaatkan teknologi dengan optimal

Berhubung penyampaian pembelajaran lebih banyak dilakukan secara online, maka pemilihan teknologi sangat diutamakan. Dengan menggunakan teknologi yang tepat diharapkan mampu mengantarkan mahasiswa dan dosen dalam menjalankan perkuliahan ini. 

Di dalam pemanfaatan teknologi ini, Anda bisa memanfaatkan penggunaan Learning Management System (LMS). LMS ini bisa membantu Anda dalam menyikapi kegiatan belajar mengajar secara online dengan sangat mudah. Salah satunya menggunakan SEVIMA EdLink. Layanan ini akan memudahkan Anda dalam melakukan diskusi, pembelajaran, hingga melakukan ujian online dalam satu sistem. 

Yaps, kelima tips tersebut bisa diterapkan saat Anda melakukan pembelajaran blended learning. Jadi, meskipun kegiatan dilakukan secara online dan offline tapi bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Bagikan artikel ini

Komentar