Featured | Teknologi

LMS yang Cocok untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Blended learning merupakan metode pembelajaran dengan menggabungkan beragam cara penyampaian oleh pengajar kepada peserta didik. Termasuk pula mengenai model pengajaran dan gaya pembelajaran yang diterapkan.

Metode pembelajaran blended learning pun mengenalkan berbagai pilihan alternatif media dengan berbasis pada dialog dua arah dari pengajar dan peserta didik. Jadi, blended learning agar bisa digunakan dengan maksimal butuh didukung dengan adanya learning management system (LMS). Baca aplikasi LMS gratis.

Baca juga : 12 Jenis Blended Learning dan Contoh Penerapannya

Peran LMS pada Blended Learning

Metode blended learning akan berjalan dengan baik bila didukung dengan adanya learning management system (LMS). Pada dasarnya LMS ini adalah aplikasi yang bisa membantu dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran.

Fungsi dari LMS dapat memungkinkan pengelola membuat sebuah kursus atau pelatihan dengan mudah dan memonitor peserta pelatihan. Dalam kaitannya pada metode blended learning adalah sudah jelas bahwa LMS dapat diandalkan dalam mendukung proses belajar. Sebab keduanya bisa dikatakan saling melengkapi dan berkaitan.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Jalankan Blended Learning Secara Optimal

Oleh karena itu, penting bagi perguruan tinggi menggunakan LMS terbaik dalam menerapkan metode blended learning. Nah, berikut LMS yang bisa diandalkan perguruan tinggi di Indonesia untuk menjalankan blended learning / hybrid learning.

Aplikasi yang Cocok untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi

1. SEVIMA EdLink

SEVIMA EdLink adalah aplikasi yang membantu mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran. Berbagi informasi, materi perkuliahan / pelajaran, dan memberikan tugas menjadi lebih mudah hanya lewat genggaman.

Berikut fitur yang Anda bisa dapatkan:

1. Membuat forum diskusi dan kelas – Di dalam forum Anda dapat terhubung dengan teman-teman, mahasiswa atau dosen Anda. Berbagi informasi, data, acara, survey, media dll menjadi lebih mudah. Forum dapat dibuat publik dan privat. (Forum kelas hanya dapat dibuat oleh dosen)

2. Berbagi apa saja – Jenis data / file apa pun dapat Anda bagikan dengan teman-teman dalam forum yang sama.

3. Tugas dalam kelas – Dosen dapat membuat tugas di dalam forum kelas. Dosen dapat melihat semua jawaban. Di akhir mahasiswa dapat melihat semua jawaban temannya. Fitur ini membantu dosen / guru untuk melihat bagaimana pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah / pelajaran. Dari sisi mahasiswa, fitur ini membantu mereka untuk menambah referensi belajar dari jawaban teman-temannya.

4. Pesan pribadi – Kirimkan pesan pribadi pada teman atau dosen Anda yang berada pada forum yang sama.

5. Info, Acara dan Survei – dalam forum Anda dapat membuat post info untuk menginformasikan segala sesuatu kepada teman dalam forum tersebut, membuat post acara untuk mengagendakan suatu acara untuk forum tersebut, dan membuat post survei untuk membuat survei dalam forum tersebut.

Dengan mendownload SEVIMA EdLink, para dosen dapat berbagi informasi, materi perkuliahan, dan yang tak kalah penting dosen dapat memberikan tugas menjadi lebih mudah dan cepat, karena hanya lewat genggaman tangan. Aplikasi canggih ini dapat anda download di Playstore dan Apps store secara gratis. Bukan hanya itu sekarang EdLink juga sudah tersedia versi web yang memudahkan dosen upload materi dan setting kelas.

Baca juga: Bisa Ditiru, Penerapan Pembelajaran Blended Learning di STFK Ledalero NTT

2. Moodle

Moodle adalah sebuah aplikasi CMS eLearning berbasis website yang dapat merubah sebuah media pembelajaran offline ke dalam bentuk online (web based). Aplikasi elearning Moodle ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam ruang kelas digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran.

Dengan menggunakan Moodle, pengajar dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sekarang Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) juga dapat digunakan melalui aplikasi berbasis Android dan iOS.

3. Google Classroom

Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas.

Google Classroom memertalikan banyaknya layanan Google secara berbarengan guna mengulurkan sambung tangan bagi lembaga-lembaga pendidikan agar beralih cara menuju sistem tanpa kertas.

Baca juga: 5 Aplikasi E-Learning GRATIS Terbaik

Pembuatan dan pemberian tugas bisa dilakukan penyelesaiannya melewati Google Drive sambil menggunakan Gmail untuk membuat pemberitahuan di ruang kelas Google. Para murid dapat diundang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di dalam antarmuka murid atau dengan didatangkan secara sendirian dari Sistem Pengelolaan Keterangan Sekolah (School Information Management System).

Google Classroom disatupadukan dengan Google Calendar dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas dibuatkan dengan adanya sebuah berkas yang dipisahkan oleh Google Classroom di dalam masing-masing layanan Google di mana para murid dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru.

Itulah beberapa LMS yang cocok untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi, sebenarnya ada beberapa aplikasi lainnya, tapi terkadang LMS belum sesuai dengan pembelajaran yang ada di perguruan tinggi. Namun, dari sekian LMS yang paling sesuai dengan keadaan kampus di Indonesia tentu saja SEVIMA EdLink, Platform Pembelajaran Inovatif Kreasi Anak Bangsa.

Penjelasan Lengkap Model Pembelajaran Campuran dengan metode Flipped Classroom:

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar