Dunia Mahasiswa | Mau Kuliah

Lebih Dekat dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan, Ada Apa sih?

SEVIMA.COM – Setiap perguruan tinggi pasti memiliki berbagai macam organisasi. Salah satu organisasi yang ada di kampus adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan. Himpunan Mahasiswa Jurusan atau biasa disebut sebagai HMJ merupakan salah satu organisasi mahasiswa di tingkat jurusan atau program studi. 

Jenis organisasi yang satu ini hanya diperuntukkan kepada mahasiswa yang berada dalam satu jurusan saja. Mahasiswa dari jurusan lain tak diperkenankan untuk mengikuti kegiatan dari organisasi ini. 

Buat sobat Miku yang bingung atau mau tahu lebih sama HMJ, yuk kita cari tahu lebih banyak tentang HMJ beserta tips dan trik ketika kamu menjadi pengurus HMJ ini. Yuk lanjut di pembahasan berikut ini ya. 

Baca juga: 7+ Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa, No 5 Cocok Untuk Melamar Kerja

Apa sih tujuan dari HMJ ini?

Setiap organisasi pasti memiliki tujuan ketika dibentuk. Sama halnya dengan HMJ ini guys. Mengikuti kegiatan HMJ ini bisa membuatmu lebih beradaptasi dan lebih cepat akrab dengan lingkungan jurusanmu. 

Berbagai kegiatan yang ada di HMJ ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berorganisasi dan berkolaborasi di dalam sebuah jurusan. Kira-kira mau tahu gak nih apa saja sih tujuan lain dengan adanya HMJ ini? Simak bareng-bareng yuk.

1. Melatih mental dan sikap mahasiswa lebih baik

 

 

Mengikuti organisasi itu memang memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Saat mengikuti organisasi ini kamu bisa melatih mental dan sikap kamu saat bertindak.

 Kegiatan organisasi bisa membuatmu lebih siap secara mental dan bersikap saat bekerja nanti. Berbagai permasalahan yang kamu temui di dalam organisasi ini akan memudahkan kamu lebih bisa siap saat menghadapi kehidupan pasca kuliah. 

2. Meningkatkan kreativitas dan keaktifan mahasiswa

 

 

Selain meningkatkan kesiapan mental dan sikap mahasiswa. Organisasi yang diikuti seperti HMJ ini juga bisa memudahkan kamu untuk lebih aktif dan kreatif. 

Mahasiswa akan dituntut mengikuti berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi HMJ. Maka dari itu, mereka akan jauh lebih aktif saat menyiapkan kegiatan tersebut. 

3. Melatih kemampuan time management mahasiswa dalam organisasi

 

 

Ketika mengikuti HMJ, kamu bakal menemui berbagai kesibukan dalam berkuliah dan berorganisasi. Maka dari itu, ketika kamu mengikuti organisasi ini kamu akan lebih bisa mengatur waktu dengan sangat baik. 

Makanya gak heran deh, ketika kamu sudah nyemplung  di dalam suatu organisasi kamu bakal jauh lebih bisa menata waktu dengan sangat baik. Mau mencobanya?

 

4. Meningkatkan jiwa kepemimpinan

 

Tak harus menjadi seorang pemimpin dulu jika kamu ingin meningkatkan jiwa kepemimpinan. Mengikuti organisasi seperti HMJ ini juga bisa membantu kamu untuk mencapai kemampuan leadership

Seiring berjalannya waktu, kemampuan leadership ini bakalan mudah kamu rasakan jika kamu sudah incharge di dalamnya. Yang terpenting kamu harus mau belajar ya. 

Apa saja yang dikerjakan oleh HMJ?

Berbagai kegiatan jurusan biasanya akan dikawal langsung oleh HMJ ini guys. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

1. Ospek jurusan

Saat berkuliah, mahasiswa baru akan menghadapi berbagai jenis ospek. Mulai dari ospek universitas, ospek fakultas, hingga ospek jurusan. Semuanya harus diikuti oleh mahasiswa baru ini nih. 

Di bagian ospek jurusan, seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan diurus langsung oleh HMJ guys. Jadi mereka akan bertugas sebagai eksekutor dalam acara tersebut. 

2. Mengadakan acara tahunan

Setiap jurusan pasti memiliki acara tahunan. Nah, acara tahunan ini bakalan langsung diurus oleh HMJ ini. Mereka akan melakukan planning terkait dengan rangkaian acara yang akan diikuti. 

3. Membantu menyelesaikan permasalah dan isu terkait jurusan

Di dalam sebuah kehidupan kampus, pasti ada masalah di dalamnya. Entah itu masalah kecil atau masalah besar. Salah satu tujuan dibentuknya HMJ ini adalah sebagai mediator jika terjadi permasalahan yang ada. 

Selain itu, ketika kamu mengikuti HMJ kamu juga bisa membantu menyelesaikan permasalahan mahasiswa yang lain. Mulai dari kesulitan membayar uang kuliah, kesulitan pelajar, dan lainnya. Nah, di sini kamu akan menampung semua keluhan-keluhan tersebut. 

Apa saja struktur organisasi di dalam HMJ?

Layaknya organisasi pada umumnya, organisasi HMJ juga memiliki struktur organisasi lho. Jenis organisasi ini terdiri dari:

1. Ketua 

Di dalam sebuah organisasi, pasti tak lepas dari dari sentuhan tangan seorang ketua. Ketua HMJ ini bertugas untuk mengatur dan mengkoordinir semua kegiatan di dalam organisasi tersebut. 

Selain itu, ketua HMJ juga bertugas untuk menyampaikan aspirasi seluruh mahasiswa ke luar jurusan. Jadi bisa dibilang kalau ketua HMJ ini adalah penyambung lidah mahasiswa. 

2. Wakil Ketua 

Tugas dari wakil ketua HMJ adalah sebagai pendamping dan pelengkap ketua HMJ. Namun, proporsi dari keduanya berbeda ya. Tugas wakil ketua biasanya lebih mengasuh dan mengurus organisasi di dalam. Wakil ketua biasanya jarang melakukan koordinasi di lingkungan luar jurusan tersebut. 

3. Sekretaris

Seperti layaknya organisasi lain, tugas seorang sekretaris di HMJ adalah membuat seluruh notulen dan surat menyurat kegiatan. Tugas sekretaris ini juga sangat penting lho. Terutama dalam mendampingi ketua dan wakil ketua ketika mengadakan suatu rapat internal maupun eksternal. 

4. Bendahara

Wah, kalau yang satu ini tak perlu ditanya lagi. Bendahara di sini bertugas sebagai penyimpan dan pengatur keuangan yang ada di dalam organisasi. Semua jenis uang tersebut bisa terkontrol dan dicatat oleh bendahara ini. 

5. Ketua Divisi

Di organisasi HMJ, biasanya terdiri dari beberapa divisi di dalamnya. Mulai dari Humas, Kaderisasi, Kesekretariatan, Litbang, Dana Usaha, dan Minat Bakat. Semua divisi ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing. 

6. Anggota Divisi

Anggota divisi di sini bertugas melaksanakan berbagai macam kegiatan di dalam masing-masing divisi ini. Jadi tugas mereka akan disesuaikan dengan berbagai kegiatan yang dikerjakan oleh divisi-divisi tersebut. 

Baca juga: 6 Tips Aktif Berorganisasi di Masa Pandemi

Mengikuti organisasi memang menambah banyak benefit bagi mahasiswa, terutama dalam meningkatkan softskill mahasiswa tersebut. Maka dari itu, jika kamu ingin mengikuti organisasi dengan skala kecil, kamu bisa mengikuti HMJ ini. 

Kalau kamu ingin mengetahui berbagai kegiatan meningkatkan softskill dan cara belajar di perguruan tinggi secara otodidak, kamu bisa mencarinya di maukuliah.id.

Bagikan artikel ini

Komentar