Dunia Akademik | Seputar Pendidikan | Tips & Trik

LMS Yang Dapat Menunjang Model Blended Learning Pod Model

SEVIMA.COM – Proses pembelajaran blended learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling banyak digunakan di seluruh kampus di Indonesia. Pembelajaran dengan metode blended learning ini memanfaatkan perpaduan antara teknologi dengan proses pembelajaran secara konvensional tatap muka.

Pod model, merupakan salah satu model blended learning yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Model learning pod ini menggunakan beberapa cara yang digunakan agar kelas bisa lebih menarik. Yang pastinya model pembelajaran satu ini disesuaikan dengan kebutuhan di dalam kelas.

Apa sih Pod model itu?

Pod model merupakan salah satu model pembelajaran blended learning yang memadukan pembelajaran secara konvensional dengan penggunaan teknologi mutakhir. Model pembelajaran ini mengutamakan pengalaman dan kolaborasi mahasiswa di dalam kelas.

Dalam prosesnya, model pembelajaran yang satu ini akan membentuk sebuah pembelajaran yang memanfaatkan model diskusi dan kolaborasi di dalam kelas. Namun, proses pelaksanaan kolaborasi dan diskusi ini ada yang dilakukan secara online dan ada yang dilakukan secara offline.

 Baca juga: Bagaimana Fitur EdLink Bisa Menunjang Metode Blended Learning Lab rotation

Bagaimana penerapan Pod model di perguruan tinggi?

Pada proses pelaksanaan pod model ini, mahasiswa di dalam kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Pembagian kelompok ini dilakukan untuk meningkatkan interaksi dan stimulasi kemampuan mahasiswa di dalam proses belajar.

Proses pembelajaran dengan kelompok ini akan lebih mudah membuat mahasiswa belajar lebih banyak dari lingkungan mereka. Terlebih proses kombinasi pembelajaran yang dilakukan bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen di dalam kelas.

Bagaimana langkah-langkah penerapan pod model?

Tahap persiapan:

Sebelum memulai kelas, dosen harus memperhatikan perangkat yang digunakan untuk proses diskusi, antara lain:

  • Kelas offline:
  1. Papan tulis interaktif
  2. Screen LED
  3. Meja dan kursi kelompok
  • Kelas online:
  1. Platform pembelajaran EdLink
  2. Video pembelajaran

Langkah-langkah pod model:

  • Dosen membuat jadwal dan pembagian kelompok mahasiswa

Dosen wajib melakukan pembagian kelompok mahasiswa. Pembagian kelompok ini akan dilakukan dengan berdasarkan kelompok mahasiswa yang mengikuti kelas online dan kelas offline. Setelah itu dosen wajib membuat jadwal pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut.

Nah, pada proses pembagian kelas ini mahasiswa akan dibagi menjadi 3 hingga 4 orang setiap kelompok. Nantinya mereka akan dibagi pula siapa yang mengikuti perkuliahan di kelas secara tatap muka atau melalui kelas online.

  • Menyiapkan tugas dan materi yang akan dibahas

Setelah pembagian jadwal dan kelompok mahasiswa sudah dilakukan, dosen harus menyiapkan materi yang akan dibahas di dalam kelas tersebut. Dosen bisa memberi case study yang akan menjadi bahan diskusi mahasiswa. Case study ini bisa diunggah melalui platform EdLink pada fitur tugas.

Sementara itu, jika materi yang sudah diberikan dosen, mahasiswa akan mengerjakannya di dalam setiap kelompok. Setelah berhasil diselesaikan, setiap kelompok harus mereview tugas yang sudah dikerjakan kelompok lain.

Nah, bagi mahasiswa yang mengikuti pembelajaran secara online, mereka bisa memanfaatkan fitur diskusi di EdLink untuk melakukan review ini.

  • Dosen memantau dan melakukan instruksi saat proses belajar mengajar

Ketika melakukan proses pembelajaran dengan Pod model, dosen wajib memantau dan melakukan instruksi saat proses belajar mengajar di setiap grup diskusi, baik pembelajaran secara online maupun offline.

Dengan memantau hasil belajar mahasiswa setiap kelompok maka sangatlah penting untuk mengetahui apakah proses belajar tersebut bisa diterapkan oleh mahasiswa atau tidak.

Setelah melakukan instruksi tersebut, dosen bisa melakukan review hasil tugas mereka dengan baik.

Bagaimana fitur EdLink untuk menunjang blended learning Pod model?

EdLink sebagai salah satu platform pembelajaran yang menyediakan berbagai macam fitur untuk menemani mahasiswa dalam belajar secara online. Salah satu fitur menarik dari edLink yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah ruang kelas diskusi.

 Baca juga: Kenapa Mahasiswa Suka Pembelajaran Blended Learning

Di fitur ini mahasiswa bisa melakukan diskusi bersama dengan satu kelompok. Dengan menggunakan fitur ini mahasiswa bisa langsung melakukan eksekusi seluruh proses penyampaian materi yang ada.

Fitur-fitur yang ada pada EdLink sudah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen di Indonesia. Mahasiswa dan dosen akan lebih mudah belajar menggunakan fasilitas ini.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar