4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 04 Apr 2024

Peran Penting Audit Mutu Internal (AMI) dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Proses penjaminan mutu merupakan sebuah tahap penting untuk menjaga kredibilitas perguruan tinggi. Proses ini bisa dilakukan dengan cara Audit Mutu Internal (AMI) secara berkala. 

Pelaksanaan AMI di perguruan tinggi memiliki peran penting untuk memastikan apakah pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan atau belum. Mengingat proses penjaminan mutu sangat penting di perguruan tinggi, lalu bagaimana jika AMI tidak dilakukan? Apakah AMI juga memegang peran penting dalam SPMI? Berikut pembahasannya.

Pentingnya AMI dalam SPMI

Dikutip dari aturan terbaru Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pasal 68 ayat 2, bahwa proses evaluasi pemenuhan standar pendidikan tinggi dilakukan secara berkala melalui pemantauan evaluasi diri, AMI, asesmen, dan cara lainnya yang disesuaikan dengan perguruan tinggi. 

Aturan ini menjadi landasan pentingnya AMI sebagai proses evaluasi perguruan tinggi memastikan bahwa implementasi SPMI telah sesuai dengan kebijakan yang telah diatur. 

Baca juga: Mengenal Siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Di Perguruan Tinggi

Manfaat AMI di Perguruan Tinggi

Dilansir dari lpm.ub.ac.id pelaksanaan AMI melalui berbagai manfaat yakni:

  • Membantu mengidentifikasi permasalahan yang telah ataupun sedang terjadi pada pelaksanaan SPMI
  • Menjamin bahwa pelaksanaan SPMI telah terdokumentasi sesuai dengan persyaratan standar yang diacu.
  • Penjaminan keselarasan bahwa aktivitas yang dilaksanakan telah sesuai dengan sistem terdokumentasi
  • Menjamin konsistensi penerapan SPMI
  • Dengan melakukan AMI, perguruan tinggi dapat melakukan peningkatan dan pengembangan sistem

Merujuk pada aturan Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 dan penjelasan terkait manfaat AMI, tidak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan AMI merupakan tahap penting dalam pelaksanaan SPMI. Meski pelaksanaan AMI terbilang cukup rumit dan melibatkan berbagai pihak, namun proses audit merupakan tahapan yang dapat membantu perguruan tinggi meningkatkan mutu. 

Perguruan tinggi tak perlu khawatir terhadap proses AMI yang rumit, kini SEVIMA telah merancang modul SPMI yang memudahkan setiap proses siklus, termasuk pelaksanaan AMI. Seperti apa modul SPMI dapat mempermudah proses pelaksanaan AMI?

Baca juga: Awas! Tidak Lolos Perpanjangan Akreditasi Akibat Penurunan Mahasiswa Baru, Kok Bisa?

Mudah Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) dengan SEVIMA Platform

Proses pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) di perguruan tinggi kerap kali memakan waktu yang cukup lama. Auditor harus memeriksa dokumen-dokumen satu persatu. Selain itu, proses ini juga rawan terjadi human error seperti penilaian dokumen dilakukan secara bersamaan oleh Auditor, dokumen terlewatkan, dan masih banyak lagi.

Seperti apa kemudahan pelaksanaan AMI dengan SEVIMA Platform? Berikut penjelasannya: 

  1. Auditor tidak perlu repot menyusun instrumen penilaian lagi karena Modul SPMI telah menyusun instrumen yang disesuaikan dengan BAN-PT ataupun LAM.
  2. Auditor dapat memberi nilai sekaligus catatan pada lembar penilaian modul SPMI
  3. Bukti keterlaksanaan dapat langsung ditarik apabila terdapat data yang berasal dari modul lain di SEVIMA Platform seperti Modul Akademik, Tracer Study, dan Kepegawaian
  4. Poin plus-nya, modul SPMI langsung menampilkan hasil perhitungan data yang diminta pada Lembar Kinerja.
  5. Modul SPMI dapat langsung menampilkan hasil penilaian auditor berupa perbandingan keterlaksanaan dengan penetapan yang telah ditetapkan. Melalui hasil ini perguruan tinggi dapat segera menindaklanjuti hasil penilaian ke tahapan selanjutnya
Tampilan Penilaian Auditor pada Modul SPMI

Gambar 1. Tampilan Penilaian Auditor pada Modul SPMI

Spider Chart

Gambar 2: Tampilan Spider Chart di Modul SPMI

Berdasarkan penjelasan di atas, sekarang jadi mengerti kan betapa pentingnya AMI bagi perguruan tinggi. Itulah mengapa, perguruan tinggi wajib menjaga kredibilitas kampus melalui AMI dalam pelaksanaan SPMI. Nah, bagi rekan-rekan yang tertarik untuk merasakan kemudahan proses audit kampus, yuk bisa langsung konsultasi dengan Tim SEVIMA.

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×