10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 03 Apr 2024

Awas! Tidak Lolos Perpanjangan Akreditasi Akibat Penurunan Mahasiswa Baru, Kok Bisa?

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Apakah Anda tahu jika penurunan mahasiswa baru bisa membuat kampus Anda tidak lolos perpanjangan akreditasi? Dijelaskan dalam Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Per-BANPT) Nomor 5 Tahun 2024 bahwa syarat perpanjangan akreditasi perguruan tinggi maksimal mengalami persentase penurunan mahasiswa baru sebesar ≤ 20% dalam 5 terakhir.

Bagaimana penurunan mahasiswa baru dapat berdampak pada akreditasi? Berikut pembahasannya. 

Dampak Penurunan Mahasiswa Baru Terhadap Akreditasi Kampus

Penurunan mahasiswa baru yang terus berlanjut, harusnya tidak dibiarkan begitu saja. Kondisi penurunan intake mahasiswa baru ternyata bisa mempengaruhi hasil re- akreditasi perguruan tinggi. 

Tertuang dalam Per-BANPT Nomor 5 tahun 2024, bahwa salah satu indikator syarat lolos perpanjangan akreditasi melalui Pemantauan dan Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi (PEPA), rerata persentase penurunan mahasiswa baru dalam 5 tahun terakhir tidak boleh kurang dari 20%.

Untuk mencegah tidak lolos perpanjangan akreditasi, perguruan tinggi perlu menyiapkan strategi intake mahasiswa baru. SEVIMA Platform telah memiliki beberapa modul yang dapat mendukung penerimaan mahasiswa baru (PMB) di perguruan tinggi bisa berjalan optimal, salah satunya sistem penerimaan mahasiswa baru secara online dan modul Customer Relationship Management (CRM). 

Baca juga: Perkuat Kerjasama, Universitas Tanjungpura Kunjungi Kantor SEVIMA

Kawal Intake Mahasiswa Baru Lebih Mudah dengan CRM SEVIMA Platform

Melalui CRM SEVIMA Platform, kini perguruan tinggi lebih mudah membuat strategi intake mahasiswa baru.  Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan melalui Modul CRM SEVIMA Platform, antara lain:

  1. Memanfaatkan fitur ‘tes minat bakat’ untuk mendapatkan kontak calon mahasiswa
  2. Mudah lakukan manajemen kontak lead yang dilengkapi dengan pengukuran hot, cold, warm dengan tujuan memudahkan tim marketing mengatur strategi pendekatan. 
  3. Mengelola data asal sekolah calon mahasiswa, sehingga dapat melakukan sosialisasi ke asal sekolah yang paling banyak berpotensi menghasilkan lead.

Melalui modul ini, tim penerimaan mahasiswa baru dapat memprioritaskan mahasiswa yang memiliki potensial jadi mahasiswa baru. Sehingga progress penerimaan mahasiswa baru dapat dilakukan secara maksimal. 

Baca juga: Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru

Tampilan CRM

Tampilan Modul CRM SEVIMA

Apakah perguruan tinggi Anda ingin meningkatkan intake mahasiswa baru? SEVIMA CRM siap menjadi tools adalan, sehingga tim penerimaan mahasiswa akan lebih mudah mengelola data calon pendaftar potensial untuk diterima menjadi mahasiswa. Berbagai kampus telah merasakan kemudahan melalui SEVIMA CRM. Yuk bagi Anda yang ingin meningkatkan intake mahasiswa baru segera ajukan demo di SEVIMA CRM.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×