11 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 17 Jul 2023

Apa Itu Student Engagement Score (SES) di SEVIMA Platform?

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Keterlibatan mahasiswa merupakan pengaruh penting pada prestasi dan pembelajaran di level pendidikan tinggi. Bahkan Kemendikbud Ristek melalui Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi mengamanatkan bahwa perguruan tinggi harus melakukan perkuliahan secara interaktif. Perkuliahan yang interaktif menurut Permendikbud adalah capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen. 

Namun dalam prakteknya, beberapa perguruan tinggi masih kesulitan dalam menerapkan perkuliahan yang interaktif sepenuhnya. Padahal kita tahu, bahwa standar proses pembelajaran ini sangat berpengaruh pada kualitas perkuliahan dan kompetensi lulusan, sehingga akan memiliki pengaruh besar pada Akreditasi kampus, karena terdapat pada penilaian Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0.

Untuk itu, perguruan tinggi perlu mendukung pembelajaran yang interaktif ini, seperti menghadirkan sistem yang mampu mendukung terciptanya perkuliahan interaktif, agar pendidik lebih mudah dalam mencapai pembelajaran yang interaktif di kelas.

SEVIMA sebagai partner perguruan tinggi terus menghadirkan inovasi, salah satunya menghadirkan fitur Student Engagement Score (SES) pada modul pembelajaran EdLink di SEVIMA Platform untuk mensupport perguruan tinggi dalam menghadirkan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan Dosen. 

Baca juga: Platform Pembelajaran yang Memenuhi SN-DIKTI dan Dapat Meningkat Penilaian IAPT 

Apa Itu Student Engagement Score (SES) di SEVIMA Platform?

Student Engagement Scoring (SES) adalah fitur yang dapat digunakan oleh Dosen untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam mengakses sumber bahan ajar. Fitur ini memberikan kemudahan bagi dosen untuk mengetahui mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam perkuliahan melalui penilaian yang tersedia yakni nilai interaksi, feedback, dan presensi. Setelah seluruh nilai mahasiswa diperoleh, maka akan menampilkan nilai akhir berupa Student Engagement Scoring

Dengan cara ini, baik dosen, manajemen kampus dan semua pihak yang terlibat dapat melakukan monitoring untuk mencapai tujuan pembelajaran interaktif seperti yang diamanatkan oleh Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Baca juga: Tips Membangun Interaksi Pembelajaran di Perkuliahan

Manfaat Menggunakan Student Engagement Scoring (SES)

Selain dapat memenuhi standar proses pembelajaran nasional pendidikan tinggi. Manajemen perguruan tinggi dan pendidik atau dosen juga akan mendapat beberapa manfaat dengan hadirnya fitur Student Engagement Scoring ini, diantaranya:

1. Nilai Keaktifan saat Diberikan Materi danTugas

Dosen bukan hanya dapat memberikan tugas, namun juga dapat mengetahui seberapa banyak mahasiswa aktif terlibat dalam pembelajaran melalui nilai interaksi. Sehingga, melalui nilai interaksi dapat diketahui tingkat keaktifan mahasiswa yang didasarkan pada aktivitas pembelajaran mahasiswa.

Berbagai aktivitas terangkum dalam nilai interaksi yaitu menyimak materi, mengunduh bahan ajar (dokumen, gambar dan lainnya) serta melakukan tes evaluasi (kuis ataupun ujian).

2. Feedback dan Presensi Mahasiswa di Setiap Sesi

Tidak hanya menerima bahan ajar dan mengerjakan tes, keaktifan mahasiswa dalam memberikan umpan balik terhadap  bahan ajar  juga masuk pada nilai feedback yang masuk pada SES. 

Pada nilai feedback  ini, mahasiswa akan mendapatkan poin lebih jika memberikan komentar, sehingga mahasiswa juga didorong untuk memberikan argumentasi dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

SES juga memungkinkan dosen untuk mengetahui jumlah kehadiran mahasiswa yang mengikuti perkuliahan melalui jumlah Presensi. Sehingga, ini memudahkan dosen rekap kehadiran tanpa perlu direpotkan dengan cara yang manual. 

3. Mengetahui Sebab Mahasiswa Tidak Aktif Agar Segera Ditangani

Beberapa mahasiswa seringkali menghadapi permasalahan internal (seperti beban akademik yang banyak, masalah kesehatan mental dan emosional ataupun kesulitan beradaptasi) serta  eksternal (seperti masalah keuangan, konflik dan permasalahan lainnya). Sayangnya, evaluasi pembelajaran baru akan dilaksanakan pada saat menjelang ujian. Padahal, jika tidak segera ditangani, permasalahan tersebut bisa saja berdampak pada keaktifan mahasiswa di perkuliahan.  

Lain halnya, bila dosen mendapatkan fasilitas sistem pembelajaran yang menyediakan fitur SES, dosen dapat dengan segera menyadari bahwa terdapat mahasiswa yang tidak aktif pada perkuliahannya, sehingga dosen dapat memberikan respon cepat dan dapat membantu untuk mencarikan solusi bersama.

4. Evaluasi Jalannya Perkuliahan dengan SES Per Sesi

Setelah mengadakan perkuliahan, dosen dapat melakukan evaluasi perkuliahan melalui fitur SES  di setiap sesinya. Bagaimana caranya? Evaluasi dapat dilakukan dengan mengevaluasi keaktifan mahasiswa dalam memberikan timbal balik pada setiap sesi perkuliahan.

Harapannya, dengan adanya evaluasi ini dosen dapat mencermati apakah penyampaian materi mudah dipahami atau perlu ditingkatkan. Sehingga pada pertemuan selanjutnya, metode pengajaran dapat lebih baik dan mahasiswa dapat lebih aktif memberikan umpan balik.

5. Membantu Dosen dalam Meninjau Ulang Sesi Perkuliahan

Meninjau kembali sesi perkuliahan yang telah berlangsung sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jika ternyata ditemukan mahasiswa yang tidak aktif atau tidak hadir maka dapat dipersiapkan langkah-langkah perbaikan yang harus diambil. Dengan begitu, sesi berikutnya pembelajaran dapat lebih efektif dan sesuai dengan standar perkuliahan interaktif.

Baca juga: UPMI Bali Rasakan Manfaat SEVIMA EdLink Selama Masa Pandemi

Itulah manfaat fitur SES yang akan dirasakan jika menggunakan SEVIMA Platform. Jadi, tunggu apalagi? Sekarang juga, mari kita ciptakan perkuliahan interaktif sesuai arahan SNDIKTI guna peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Info lebih lanjut kunjungi website Sevima.com.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×