7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 30 Dec 2021

Contoh Format Penulisan Jurnal Ilmiah Agar Dapat Terpublikasi di SCOPUS

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Dalam sebuah sistematika penulisan karya tulis ilmiah atau penulisan jurnal, penulis harus benar-benar mengetahui target jurnal yang akan ditulis. Target jurnal ilmiah adalah yang meliputi lingkup jurnal, jurnal target, fitur aksesibilitas, hingga jenis artikel yang dibutuhkan. Selain itu, penulis juga harus tahu format penulisan jurnal ilmiah yang baik dan benar agar dapat terpublikasi.

Menyiapkan paper dan menyusun manuscript. Ketika menulis sebuah jurnal web misalnya, memang tak sama saat menulis buku pada umumnya. Penulisan sebuah paper, jurnal atau contoh karya ilmiah harus disiapkan dengan baik. Terutama dalam penulisan abstrak dan penyusuan manuscript. 

“Ketika menulis jurnal, abstrak biasanya ditulis di akhir. Abstrak sendiri berfungsi sebagai miniatur paper. Oleh karena itu, penulisan abstrak harus diselesaikan dengan baik agar jurnal tersebut layak digunakan,” ungkap Prof. Dr. Arif Muntasa, S.Si., M.T. Guru Besar Universitas Trunojoyo Madura, serta Reviewr Hibah Nasional DRPM Dikti Kemdikbudristek pada Webinar SEVIMA pada (28/12) sore. 

Baca juga : 3 Tips Jitu Menulis Jurnal ala Profesor Universitas Trunojoyo Madura

Susunan Manuscript Jurnal Ilmiah

Menurut Prof. Arif, untuk mendapatkan jurnal yang baik, ada beberapa bagian penting dari jurnal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Judul artikel

Judul artikel, untuk menulis judul harus menarik atensi dan bersifat provokatif, menggambarkan isi atau temuan, tidak berupa singkatan dan nama peraturan, dan tanpa nama objek atau lokasi penelitian. 

2. Abstrak

Merupakan bagian paling penting di dalam sebuah jurnal. Abstrak bisa dikatakan sebagai intisari dari penelitian tersebut. Para reviewer akan membaca bagian tersebut pertama kali. 

3. Keyword

Selain abstrak, terdapat keyword yang harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Keyword ini sangat penting untuk mengetahui arah perbincangan jurnal yang akan dibuat. 

4. Pendahuluan

Merupakan bagian awal di dalam sebuah jurnal. Di bagian ini akan terlihat jelas, bagaimana pembahasan jurnal tersebut. 

5. Metode penelitian

Bagian penting selanjutnya adalah metode penelitian. Pada metode penelitian ini, Anda harus memastikan bahwa metode yang Anda gunakan di dalam penelitian tersebut sudah sesuai. 

Baca juga : Cara Mudah Membuat Jurnal Ilmiah yang Benar dan Baik

6. Hasil dan pembahasan

Dalam menuliskan jurnal, hasil dan pembahasan sangatlah penting untuk mengetahui arah penelitian tersebut. Selain itu, hasil dan pembahasan ini juga sangat penting untuk mengetahui hasil penemuan di penelitian tersebut. 

7. Diskusi

Pembahasan pada bagian diskusi ini sangatlah penting untuk membuat jurnal tersebut lebih mudah dipahami. Untuk itu, diperlukan uraian yang jelas di bagian tersebut. 

8. Simpulan

Dalam sebuah jurnal tentunya juga diikuti dengan simpulan. Penulisan simpulan ini harus benar-benar diperhatikan agar jurnal tersebut mudah diserap oleh pembaca. 

9. Ucapan terima kasih

Selain simpulan, ucapan terima kasih juga dituliskan di sini. Ucapan terima kasih biasanya berisikan beberapa pihak yang sudah ikut membantu dalam proses pembuatan jurnal. 

10. Referensi

tak kalah penting dari yang lain. Bagian referensi juga sangat penting untuk membuat jurnal yang ditulis lebih trusted. Jadi Anda bisa menyertakan beberapa referensi yang sudah digunakan untuk menulis jurnal tersebut.  

Arif mengatakan hal lain yang perlu diperhatikan untuk memudahkan dalam menulis dan melakukan publikasi ilmiah. Yakni, dapat menggunakan tools untuk membantu menulis paper. “Saya menyarankan empat tools untuk membantu menulis jurnal yaitu: Mendeley, Grammarly, Turnitin, Word (Comparing).” Pungkasnya

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×